10 Cara Diet Alami dan Sehat Untuk Turunkan Berat Badan

Posbaru – Mempunyai berat badan yang ideal merupakan hal yang diinginkan banyak orang, berbagai cara dilakukan salah satunya adalah “diet”, namun perlu diketahui bahwa jika diet dilakukan dengan cara yang salah seperti “tidak makan sama sekali” maka dapat berisiko terkena gangguan kesehatan.

Oleh sebab itu, Posbaru akan memberikan 10 cara diet sehat dan alami yang tidak menganggu kesehatan kalian, berikut caranya.

1. Tentukan Target dan Optimis

Sebelum memulai proses diet yang sehat, baiknya kalian tentukan terlebih dahulu target yang ingin dicapai dan sebisa mungkin realistis untuk dicapai, misalnya target satu minggu turun 1 kg atau target bulan, tahun, dan bisa juga menargetkan “tidak akan memakan makanan berminyak”.

Selain itu, kalian juga harus optimis dan mempunyai pikiran positif ketika melakukan proses diet, agar proses diet dapat dilakukan dengan fokus dan target yang sudah dibuat bisa tercapai.

2. Atur Pola Makan

Selama kalian melakukan proses diet, baiknya kurangi porsi makan sebanyak 10-20% dan makanlah dengan cara perlahan dan dinikmati, sebab hal tersebut menurut beberapa sumber efektif untuk menekan nafsu makan sehingga kalian tidak akan makan secara berlebihan.

3. Makan Makanan Bergizi

Memakan makanan bergizi yang tinggi protein, serat, dan lemak sehat dapat membantu proses diet kalian serta kalian harus menghindari makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

4. Tidur Cukup

Tidur dan beristirahat yang cukup sangat diperlukan ketika melakukan diet, karena jika kita kurang tidur/istirahat bisa membuat produksi hormon meningkat dan menyebabkan kalian lebih mudah lapar.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Meminum air putih (mineral) dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, apalagi jika kalian minum air putih sebelum makan maka dapat membuat kalian lebih cepat kenyang, dan lagi air putih tidak mengandung kalori.

6. Rajin Berolahraga

Selain mengatur pola makan dan lainnya, kalian juga harus rajin melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang dapat membakar kalori, kalian dapat melakukan olahraga minimal 30 menit dalam satu hari.

7. Sarapan

Jika kalian termasuk orang yang jarang sarapan maka ada baiknya kalian ubah pola tersebut, sebab sarapan di pagi hari dapat membuat kalian makan lebih sedikit di siang hari dan jam makan selanjutnya.

Jika kalian tidak sarapan pagi maka pada jam-jam selanjutnya justru kalian akan makan lebih banyak kalori. Selain itu, menu sarapan yang sehat seperti roti gandum, buah, dan susu rendah lemak adalah pilihan terbaik ketika melakukan diet.

8. Hindari Makan Lebih dari Jam 6 Sore

Karena kebanyakan orang di malam hari tidak mempunyai aktivitas lagi maka ada baiknya jika menghindari makan, namun jika tidak kuat maka kalian dapat mengganti makan malam dengan mengkonsumsi buah-buahan dan jika memang harus makan maka sesudah makan jangan langsung tidur minimal duduk dulu atau lakukan aktivitas lain selama 1 jam.

9. Meminum Teh Hijau Tanpa Gula

Teh hijau memang dikenal sebagai minuman yang berkhasiat menurunkan berat badan, menurut beberapa sumber meminum teh hijau tanpa gula secara teratur sebelum makan dapat efektif menurunkan berat badan.

Hal ini terjadi karena teh hijau dapat membuat kalian merasa lebih kenyang sehingga porsi makan dapat berkurang serta teh hijau sangat baik dalam melancarkan metabolisme tubuh.

Baca Juga : 10 Manfaat Renang Bagi Tubuh

10. Hindari Cemilan Tidak Sehat

Memakan cemilan adalah hal yang boleh dilakukan ketika diet, namun baiknya pilihlah cemilan yang tidak mengandung gula yang tinggi, lemak, dan kalori yang dapat menggagalkan proses diet.

Itulah 10 cara diet alami dan sehat yang dapat dilakukan, jika kalian ingin memulai maka lakukanlah salah satu cara d iatas agar permulaan diet dapat dijalankan dengan mudah namun kalian juga bisa melakukan semua cara di atas dengan bersamaan, jika kalian sanggup.