10 Daftar Cabang Olahraga Atletik

Posbaru – Atletik merupakan cabang olahraga yang banyak digemari di dunia, cabang olahraga atletik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah cabang olahraga yang dilakukan di luar serta memerlukan ketangkasan, kekuatan, dan kecepatan.

Pada mulanya atletik adalah ajang olimpiade yang pertama dilakukan pada tahun 776 SM. Selain itu, atletik adalah salah satu nomor olahraga perorangan yang terdiri dari lari, lompat, lempar atau tolak yang dilakukan pada lintasan, adapun cabang olahraga atletik yakni sebagai berikut.

1. Jalan Cepat

10 Daftar Cabang Olahraga Atletik
Olahraga jalan cepat

Jalan Cepat merupakan gerak melangkah ke depan yang dilakukan terus menerus tanpa ada hubungan terputus dengan tanah yang mana setiap melakukan langkah harus menyentuh tanah sebelum kaki yang satunya melangkah ke depan, untuk itu dalam olahraga ini kaki harus dalam posisi lurus dan lutut tidak bengkok.

2. Tolak Peluru

olahraga tolak peluru
olahraga tolak peluru

Cabang olahraga atletik yang satu ini mengharuskan atlet melakukan tolakan peluru yang mana peluru (bola) yang digunakan mempunyai berat berbeda-beda sesuai dengan nomor olahraga yang dipertandingkan.

Dalam hal ini atlet, harus mendorong atau menolak peluru sejauh mungkin dengan satu tangan untuk bisa memenangkan pertandingan.

3. Lempar Lembing

Olahraga Lempar Lembing
Olahraga Lempar Lembing

Pemenang dalam olahraga ini diharuskan melempar lembing sejauh mungkin, yang mana benda yang dilemparkan berupa tombak panjang dengan ujung yang runcing.

4. Lari Jarak Pendek

10 Daftar Cabang Olahraga Atletik
10 Daftar Cabang Olahraga Atletik

Lari ini dilakukan dengan kecepatan penuh dan dilakukan pada lintasan yang memiliki jarak tidak jauh dengan nomor lari 100,200, dan 400 m.

Start pada lari jarak pendek menggunakan start jongkok namun berbeda tergantung jarak tempuh yang dicapai.

5. Lari Jarak Jauh

Olahraga lari jarak jauh
Olahraga lari jarak jauh

Lari Jarak Jauh dilakukan pada lintasan yang luas dan jauh berjarak 3000-10.000 m atau di atasnya, lari jarak jauh sering juga dikenal dengan nama “Marathon”.

Baca Juga : Lari Jarak Jauh Pengertian, Peraturan, Nomor, dan Ketentuan

6. Lempar Cakram

olahraga lempar cakram
olahraga lempar cakram

Cabang olahraga atletik ini mengharuskan atlet, melemparkan cakram sejauh mungkin dan sebelum melakukan lemparan, atlet biasanya akan melakukan putaran sebanyak dua kali, benda yang dilemparkan yaitu berupa cakram berbahan kayu dan lempengan besi berbentuk bulat.

7. Lompat Jauh

olahraga lompat jauh
olahraga lompat jauh

Lompat Jauh adalah cabang olahraga atletik yang tujuannya melompat sejauh mungkin, yang mana sebelum melompat, atlet akan lari kemudian melompat dan mendarat di atas bak pasir. Selain itu dalam lompat jauh terdapat beberapa gaya.

Baca Juga : Lompat Jauh Pengertian, Sejarah, Teknik, Gaya, dan Peraturan

8. Lompat Galah

olahraga lompat galah
olahraga lompat galah

Lompat galah bertujuan untuk melompat setinggi mungkin dengan melewati mistar dengan menggunakan galah, dimana atlet tidak boleh menjatuhkan mistar tersebut sebanyak 3 kali atau akan terkena diskualifikasi.

9. Lompat Tinggi

olahraga lompat tinggi
olahraga lompat tinggi

Sama dengan lompat galah yang mengharuskan atlet melompat setinggi mungkin melewati mistar, namun bedanya pada lompat tinggi atlet tidak menggunakan galah untuk mencapai lompatan tertinggi.

10. Panahan

olahraga panahan
olahraga panahan

Olahraga yang populer ini merupakan cabang olahraga atletik yang mengutamakan ketepatan atlet mengarahkan anak panah ke titik tengah target dengan menggunakan teknik yang tepat, yang mana hal tersebut adalah penentu dan aspek penting dalam menentukan pemenang.

Itulah 10 macam cabang olahraga atletik, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Dan sebenarnya masih banyak lagi cabang olahraga atletik yang akan kita bahas di lain waktu.