10 Daftar Sungai Terpanjang di Dunia, Indonesia ada ?

Posbaru – Bumi menyimpan banyak hal menabjubkan salah satunya adalah sungai yang mana terdapat beberapa sungai terpanjang yang berada di berbagai belahan Dunia.

Berikut Daftar Sungai Terpanjang di Dunia :

1.Sungai Nil

Sungai Nil
Sungai Nil

Sungai yang memiliki panjang 6.696 km saking panjangnya terletak di 11 negara yakni Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Kongo, Kenya, Ethiopia, Eretrea, Sudan Selatan, Sudan, dan Mesir.

Sungai yang saluran pembuangannya seluas lebih dari 3 juta km ini mengalir melalui Gurun Sahara dan bermuara di Laut Mediterania.

2.Sungai Amazon

10 Daftar Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Amazon

Sungai Amazon terletak di Benua Amerika Selatan dengan panjang 6.516 km melewati negara Brazil, Bolivia, Peru, Ekuador, dan Kolombia serta bermuara di Samudra Atlantik.

Sungai Amazon dihuni berbagai spesies dan terkenal dihuni oleh spesies berbahaya seperti ikan piranha dan anaconda.

3.Sungai Yangtze

Sungai Yangtze
Sungai Yangtze

Sungai ini berada di negara China dan bermuara di Laut Timur China dengan panjang sungai 6.380 km

Sungai terpanjang ke-3 di dunia dan terpanjang ke-1 di asia ini aliran sungainya berasal dari pegunungan Tanggula dan pada bagian hulu sungai berasal dari Bukit Jari.

4.Sungai Mississippi

Sungai Mississippi
Sungai Mississippi

Sungai ini berada di Amerika Serikat dan 31 negara bagian serta Kanada yang memiliki panjang 5.970 km dan hulunya di Danau Itasca dan bermuara di Teluk Meksiko.

5.Sungai Yenisei

Sungai Yenisei
Sungai Yenisei

Sungai yang melewati dua negara yakni Rusia dan Mongolia ini memiliki panjang 5.539 km dan bermuara di Samudera Arktik dengan saluran pembuangan seluas 2,5 juta km persegi.

6.Sungai Huang He atau Sungai Kuning

Sungai Kuning
Sungai Kuning

Sungai yang berada di China ini memiliki aliran sungai berwarna kuning, dengan panjang 5.464 km yang bermuara di Teluk Tsi Li, Laut Kuning.

Warna kuning pada sungai ini berasal dari endapan lumpur, sebab setiap tahunnya ada 2,04 miliar ton tanah yang diendapkan.

7.Sungai Ob-Irtysh

Sungai Ob-Irtysh
Sungai Ob-Irtysh

Sungai dengan panjang 5.410 km ini berada di Rusia dan uniknya, dasar sungai ini terbagi menjadi dua yakni Ob dan Irtysh namun digabung menjadi sungai Ob-Irtysh.

Sungai ini mempunyai saluran pembuangan seluas 3 juta km persegi dan merupakan bagian dari sungai Siberian yang bermuara di Laut Arctic.

8.Sungai Kongo

Sungai Kongo
Sungai Kongo

Sungai dengan panjang 4.700 km ini berada di Benua Afrika, selain menjadi sungai ke-8 terpanjang di Dunia ternyata sungai ini ditetapkan juga sebagai sungai terdalam di Dunia sebab kedalaman sungai ini mencapai 230 meter.

Dan selain itu, sungai ini ditetapkan menjadi sungai dengan debit air terbanyak ke-2 di dunia, hal tersebut dikarenakan sungai ini mempunyai debit air rata-rata 41.800 meter kubik per detik.

9.Sungai Amur

Sungai Amur
Sungai Amur

Sungai yang berada di tiga negara yakni China, Mongolia, dan Rusia ini mempunyai panjang 4.444 km.

Sungai ini juga menjadi simbol dan faktor geopolitik China-Rusia, karena sungai ini memisahkan China dan Rusia maka ada sebuah jembatan yang dibangun diatas sungai ini untuk menyatukan keduanya dengan nilai pembangunan sekitar USD 358 juta.

Baca Juga : 15 Fakta Unik dan Menarik Kecoa

10.Sungai Lena

Sungai Lena
Sungai Lena

Sungai dengan panjang 4.400 km ini berada di Siberia dan bermuara di Laut Arktik hingga Gunung Baikal.

Itulah 10 Sungai terpanjang di dunia, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Dan juga lebih membuka wawasan kalian tentang Bumi yang kita tinggali ini.