10 Tips Isolasi Mandiri COVID19 yang Harus Diperhatikan!

Posbaru – Seseorang yang terindikasi atau suspek atau terkonfirmasi COVID-19 tanpa gejala dengan sepengetahuan petugas kesehatan, dapat melakukan isolasi mandiri di rumah. namun ada beberapa tips isolasi mandiri yang harus diperhatikan.

Tips isolasi mandiri COVID-19 ini merupakan saran dari laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). berikut tipsnya.

1. Harus Tinggal di Kamar yang Terpisah

Seorang yang akan menjalani isolasi mandiri harus dan wajib tinggal di kamar terpisah dimana orang lain yang se rumah atau se ruangan harus menggunakan masker medis, dan wajib menjaga jarak 1 meter dari orang yang terkonfirmasi positif.

Maksud “tinggal” di sini bukan hanya tidur namun juga seorang yang menjalani isolasi mandiri harus melakukan aktivitas sehari-harinya di dalam ruangan yang terpisah.

2. Menggunakan Masker

Seorang yang menjalani isolasi mandiri harus sering menggunakan masker medis apalagi jika terpaksa harus keluar untuk buang air dan sebagainya.

Sementara keluarga dan pengasuh yang akan memasuki kamar isolasi harus menjaga jarak dan menggunakan maskernya serta tidak boleh menyentuh masker, wajah, membuang masker dengan bijak (robek dan buang di tempat tertutup atau bakar), dan mencuci tangan.

3. Ventilasi yang Baik

Ruangan yang akan digunakan untuk isolasi mandiri, harus mempunyai ventilasi yang baik namun tetap aman bagi orang-orang di sekitar. Misalnya hanya membuka jendela ketika kondisi luar rumah sepi dari orang lain yang melintas.

4. Membatasi Jumlah Orang yang Menemani di Rumah

Jika memungkinkan batasi hanya 1, Jumlah pengasuh atau yang mengurus kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan vitamin serta baiknya pengasuh harus dalam kondisi sehat serta tidak memiliki riwayat penyakit.

5. Pengunjung Tidak Boleh Masuk Rumah

Jangan mengundang tamu ke rumah dan jika ada tamu yang tidak diundang maka sebaiknya diam di luar rumah saja dan selalu patuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran.

6. Tidak Berbagi Perlengkapan Pribadi

Seorang yang menjalani isolasi mandiri harus memiliki perlengkapan hidupnya sendiri seperti sabun, gayung, sendok, piring, handuk, gelas, seprai, bantal, casan, dan lain sebagainya.

Dan ketika piring harus di cuci, jika mungkin gunakanlah sarung tangan karet dan wajib bermasker kemudian cuci piring dengan sabun dan air mengalir hingga benar-benar bersih dan kering.

7. Bersihkan Barang

Bersihkan permukaan barang yang disentuh seperti gagang pintu dan lain sebagainya menggunakan disinfektan minimal setiap hari.

8. Mencuci Tangan Secara Teratur

Setiap orang yang berada di rumah tempat ruang isolasi berada baik yang positif maupun tidak, harus rajin atau sering mencuci tangan terutama.

1. Sebelum makan.
2. Sebelum Menyiapkan Makanan.
3. Setelah Menyiapkan Makanan.
4. Setelah Batuk dan Bersin.
5. Setelah Menggunakan Toilet.

9. Buang Limbah Dengan Bijak

Berbagai sampah atau limbah yang dihasilkan seseorang yang menjalani isolasi mandiri seperti masker, kantong bekas makanan ringan, dan lainnya. Harus dibuang dalam kantong tertutup untuk mencegah penyebaran virus.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Imunitas Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit

10. Siapkan Vitamin dan Obat

Seorang yang menjalani isolasi mandiri harus disiapkan berbagai obat-obatan rekomendasi dokter dan vitamin C, untuk membantu pemulihannya.

Itulah tips isolasi mandiri COVID-19 yang harus kalian lakukan dengan hati-hati dan bijak, sebab virus ini dapat menular dengan cepat. Semoga bermanfaat!.