13 Rekomendasi Tempat Wisata Alam Bandung Raya, Segar!

Posbaru – Terdapat banyak tempat wisata alam Bandung Raya yang bisa kalian kunjungi, selain itu kebanyakan tempat ini masih segar sehingga dapat melepas penat. Meski begitu, hanya ada beberapa yang akan kami rekomendasikan di tahun ini.

Rekomendasi tempat wisata alam Bandung Raya ini berdasarkan tingkat popularitasnya, lalu apa saja itu?. berikut daftarnya.

1. Tebing Karaton

Rekomendasi tempat wisata alam Bandung Raya yang pertama ini termasuk ke dalam “Kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. atau lebih tepatnya terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial.

Tempat ini sangat populer di kalangan anak muda, karena menawarkan pemandangan hutan hijau segar dan banyak sekali spot foto yang keren.

Selain itu, terkadang tebing ini diselimuti oleh kabut tipis yang makin menambah pesona keindahannya.

2. Gunung Putri

Bisanya gunung ini digunakan para pendaki pemula untuk melatih fisik mereka, sebab untuk mencapai puncaknya sangat singkat yakni hanya 30 menit saja.

Meski begitu, keindahan alam dan kota dapat dilihat dari puncak gunung terlebih semilir angin segar yang dapat kalian rasakan.

Untuk fasilitasnya sendiri, sudah lengkap dari mulai warung di pintu masuk hingga toilet yang bisa digunakan diatas gunung.

Di puncak gunung pun terdapat sebuah bangunan peninggalan zaman belanda yang dikenal dengan benteng Jayagiri. Sayangnya kondisi bangunan kurang bagus.

Gunung putri terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Makan Bandung Enak dan Murah!

3. Bukit Moko

Merupakan salah satu tempat yang cocok untuk melihat pemandangan Kota Bandung dari ketinggian, baik pagi, siang, atau malam.

Udara di Bukit Moko pun udaranya lebih dingin dibandingkan dengan daerah kota, sehingga hawa segar dapat kalian rasakan.

Bukit ini terletak di Kampung Buntis Bongkor, Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

4. Kawah Putih

Rekomendasi berikutnya ini terletak di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawah putih menawarkan pemandangan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha dimana terdapat pasir putih yang merupakan percampuran unsur belerang.

Wisata ini sangat populer dan menjadi spot foto untuk pernikahan dan lain sebagainya.

5. Ranca Upas

Sekali lagi dari daerah Ciwidey tepatnya di jalan Ciwidey-Patengan km.11, Rancabali, Kabupaten Bandung.

Di sini terdapat sebuah area perkemahan yang memiliki tumbuhan ekaliptus, daerah ini juga memiliki udara dingin dan sejuk.

Selain itu, terdapat tempat penangkaran rusa yang dibiarkan hidup bebas dan pengunjung juga dapat melihatnya melalui batas kayu yang ada.

6. Situ Patenggang

Masih di sekitaran ciwidey, tepatnya di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Situ Patenggang menyuguhkan pemandangan alam yang indah yang diantaranya adalah danau dan hutan. Serta terdapat perahu yang dapat kalian sewa untuk mengelilingi danau.

Selain itu ada juga rumah makan berbentuk perahu di danau dan menjadi spot foto populer bagi anak muda.

7. Tangkuban Parahu

Rekomendasi tempat wisata alam Bandung Raya yang berikutnya ini terletak di Kelurahan Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Gunung ini mempunyai ketinggian 2.084 meter dan merupakan salah satu gunung api tidak aktif di Jawa Barat.

Selain itu, Tangkuban Parahu juga mempunyai berbagai kawah yang dapat dinikmati keindahannya. Terlebih gunung ini dikelilingi hutan pinus serta perkebunan teh dengan udara yang segar.

8. Gunung Puntang

Menurut saya, gunung puntang merupakan salah satu tempat wisata alam bandung raya yang lengkap. Sebab di sini kalian bisa mendaki ke puncak gunung, melihat sungai, melihat bangunan zaman penjajahan.

Bagi kalian yang tidak mau mendaki ke puncak namun ingin camping dan menikmati keindahan alam pun bisa dilakukan di sini.

Gunung Puntang terletak di Desa Mekarjaya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

9. Kebun Teh Sukawana

Kebun ini mempunyai pemandangan alam yang indah dan cocok untuk spot foto kekinian. Udara yang sejuk juga membuatnya semakin nyaman digunakan sebagai tempat berlibur.

Selain itu, terkadang kalian juga akan melihat para pekerja yang melakukan pemetikan teh secara tradisional.

Lokasi tempat ini berada di Karyawangi, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

10. Sanghyang Heuleut

Merupakan sebuah danau kecil dengan air yang berwarna biru dan jernih, sehingga seringkali dijadikan tempat untuk mengambil foto.

Danau ini mengalir di atas arus sungai citarum purba yang susunan bebatuannya dapat dilihat secara langsung. Selain itu, warga setempat percaya bahwa danau tersebut digunakan para bidadari untuk mandi.

Sanghyang Heuleut terletak di Kp, Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

11. Puncak Bintang

Objek wisata satu ini cukup populer di kalangan anak muda, sebab dari puncak ini kita dapat melihat indahnya hutan pinus dari ketinggian. Apalagi jika malam hari, keindahan itu semakin terasa dan terkesan romantis apabila kalian datang dengan pasangan.

Di sini juga terdapat banyak spot foto yang kekinian dan tentunya sangat cocok untuk dipamerkan di media sosial kalian.

Puncak bintang terletak di Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

12. Situ Cisanti

Merupakan hulu sungai citarum yang airnya sangat bersih dengan pemandangan alam yang indah. Selain itu, banyak spot foto kekinian yang tentunya cocok untuk dipamerkan di media sosial.

Bahkan tak jarang, para pengunjung membawa perlengkapan berkemah untuk bermalam di sini.

Situ Cisanti terletak di Tarumajaya, Kertasari, Kabupaten Bandung.

13. Gunung Manglayang

Adalah gunung yang terletak di antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang dengan ketinggian sekitar 1818 mdpl.

Di sini kalian bisa mendaki ke puncak dengan lumayan sebentar, meski begitu tetap harus hati-hati dalam perjalanan.

Bagi yang tidak mau cape-cape mendaki, kalian juga bisa berkemah di dekat pintu masuk dengan keindahan alam yang tak kalah dengan puncak gunungnya.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata alam Bandung Raya yang harus kalian kunjungi di tahun 2021 ini. Semoga bermanfaat!.