15 Bahasa Pemrograman Beserta Contohnya

Posbaru – Bahasa Pemrograman atau yang lebih dikenal dengan Bahasa Komputer adalah untaian kata yang berupa perintah (instruksi) dan terdiri dari baris banyak yang digunakan untuk memerintah Komputer.

Para programmer dapat menentukan dengan persis data mana yang akan diolah oleh komputer dengan menggunakan bahasa pemograman.

Ada beberapa bahasa pemograman yang sering digunakan di dunia, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Java

Java merupakan bahasa pemograman yang dapat berjalan di berbagai platform, bahasa pemograman ini dikembangkan oleh The Green, namanya sendiri dipilih oleh sang pendiri Java bernama James Gosling dari nama pulau Jawa di Indonesia.

Bahasa pemograman ini banyak digunakan di perangkat seperti komputer, laptop, dan handphone atau smartphone.

Bahkan aplikasi pada android kebanyakan menggunakan bahasa pemograman Java yang dikembangkan.

Contoh :

// Outputs "Hello, world!" and then exits
public class HelloWorld {
   public static void main(String args[]) {
       System.out.println("Hello, world!");
   }
}

2. JavaScript

Bahasa pemograman ini juga dapat bekerja di sebagian besar browser seperti Google Chrome, Mozila Firefox, Opera dan lain sebagainya. JavaScript dibuat oleh Brendan Eich.

Alasan bahasa pemograman ini sangat populer di dunia disebabkan karena mempunyai kelebihan contohnya dapat bekerja di sistem operasi yang berbeda dan juga bahasa pemograman ini termasuk kedalam Pemograman Orientasi Objek yang memudahkan programmer menyusun sebuah program menggunakan bahasa ini.

Contoh :

<script>
document.getElementById("demo").innerHTML = "Hello JavaScript!";
</script>

3. C

Bahasa pemograman tertua ini dikembangkan pada tahun 70-an dan dibuat oleh Dennis Ritchie, C sangat populer di Indonesia, bahkan banyak perguruan tinggi yang menggunakan bahasa pemograman ini sebagai materi pembelajaran jurusan IT.

Hal tersebut disebabkan, bahasa pemograman ini merupakan dasar bahasa pemograman yang dipelajari sebelum mempelajari bahasa pemograman yang lain.

Contoh :

#include <stdlib.h>
#include <stdio.h>

int main()
{
    int r;
    float phi, luas;
    phi=3.14;
    printf("Masukan jari-jari lingkaran (cm) :",r);
    scanf("%i",&r);
    luas=phi*r*r;
    printf("Jadi luas lingkaran tersebut adalah :%f \n",luas);
    system ("pause");
    return 0;
}

4. Phyton

Bahasa pemograman buatan Guido van Rossum ini dapat dikatakan sebagai bahasa pemograman yang paling mudah untuk dipelajari.

Hal tersebut dikarenakan Phyton mempunyai struktur sintak yang rapih dan mudah untuk dipahami, dan bahasa pemograman ini juga sangat cocok untuk kalian yang baru ingin belajar bahasa pemograman.

Contoh :

print "Hello World!"
print "Hello Again"
print "I like typing this."
print "This is fun."
print 'Yay! Printing.'
print "I'd much rather you 'not'."
print 'I "said" do not touch this.

5. PHP

PHP adalah bahasa pemograman yang gratis dan digunakan dari sisi server sebab bahasa pemograman ini dirancang untuk membuat website yang dinamis.

Bahasa pemograman buatan Rasmus Lerdrorf ini bahkan digunakan banyak website ternama seperti Facebook, WordPress, dan lain sebagainya.

Contoh :

<?php
    echo "output";
?>

6. C#

Bahasa pemograman yang dikembangan oleh Microsoft ini merupakan inisiatif kerangka Net Framework yang berorientasi objek.

C# yang dibaca C Sharp ini telah dipengaruhi banyak fitur serta aspek yang ada pada bahasa pemograman lain yakni Delphi, Java, Visual Basic dan lain sebagainya dengan berbagai macam penyederhanaan.

Contoh :

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
	cout <<"hello world"<<endl;
	return 0;
}

7. Visual Basic

Bahasa Pemograman Visual Basic dikembangkan oleh Microsoft dengan IDE Visual dalam membuat sebuah software dan dibuat untuk membuat software dengan basis sistem operasi Windows.

Contoh :

Sub Contoh1()
    'menampilkan nilai pada sel A5 pada message Box
     MsgBox Range("A5")
    'kalian dapat menggunakan Cell Object untuk mengacu pada A5 seperti berikut:
     MsgBox Cells(5, 1) '5 adalah nomor baris  dan 1 adalah nomor kolom
End Sub

8. C++

Bahasa pemograman yang dikembangkan pada tahun 1970 oleh Bjarne Strousstrup yang mana bahasa ini adalah turunan dari bahasa pemograman C dan termasuk bahasa pemograman yang berorientasi pada objek (Object Oriented Programming).

C++ juga banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Adobe, Firefox, dan lain sebagainya.

Contoh :

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
	cout <<"hello world"<<endl;
	return 0;
}

9. Objective-C

Bahasa pemograman ini juga termasuk kedalam Object Oriented Programming dan banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada perangkat Apple bahkan sistem operasi IOS dikembangkan dengan bahasa pemograman ini.

Bahasa yang dikembangkan pada tahun 1980-an dan didesain oleh Tom Love dan Brad Cox.

Contoh :

-(void) setStr:(NSString *)strInput andDate:(NSDate *)dateInput
andInteger:(int)xInput
{
[self setStr:strInput];
[self setDate:dateInput];
[self setX:xInput];
}

10. Swift

Bahasa pemograman ini didesain untuk berdampingan dengan bahasa pemograman Objective-C dan pertama kali dikenalkan pada tahun 2014 oleh Apple.

Contoh :

struct Point {
var x: Int
var y: Int
 
init(x: Int, y: Int) {
self.x = x
self.y = y
}
}
 
var point1 = Point(x: 0, y: 0)
var point2 = point1
 
point1.x = 10
 
println(point1.x) // Outputs 10
println(point2.x) // Outputs 0

11. ActionScript

Bahasa pemograman ini dibuat berdasarkan ECMAScript yang digunakan untuk mengembangkan situs web serta perangkat lunak dengan menggunakan platform Adobe Flash Player.

ActionScript yang di desain oleh Gary Grossman ini dapat digunakan untuk pengembangan antarmuka pengguna video game 3D dan HUD dengan Scaleform GFx.

Contoh :

musik = new Sound();
musik.attachSound(“morning glories”);
musik.start(0);

12. Ruby

Bahasa pemograman yang dinamis, refletif, elegan, dan berbasis objek ini mempunyai sifat open source, mudah dipahami, dan produktif dan Kode Ruby juga mudah dibaca dan ditulis.

Ruby ini dapat digunakan untuk membuat aplikasi web, GUI dan lain sebagainya sebab Ruby mempunyai fungsi yang cukup bagus. Bahkan bahasa pemograman yang dikembangkan Yukihiro “Matz” Matsumoto ini digunakan oleh Twitter.

Contoh :

$ irb > 3 + 5 => 8 > puts "hello " * 3 hello hello hello => nil

13. Go

Bahasa pemograman yang dikembangkan Google pada tahun 2009 ini merupakan pengembangan dari bahasa pemograman C dengan mengkombinasikan Pascal, Modula, Oberen, dan lain sebagainya.

Beberapa aplikasi yang menggunakan bahasa pemograman ini diantaranya adalah Dropbox, Soundcloud, Google, Cloudfare, dan lain sebagainya.

Contoh :

package main
import (
	"fmt"

)
func main(){

	var (
		sisi int
		luas int
	)
	fmt.Printf("Masukkan sisi : ")
	fmt.Scan(&sisi)
	luas = sisi*sisi
	fmt.Printf("adalah : %d", luas)
}

14. SQL (Structured Query Langguage)

Bahasa pemograman ini digunakan untuk mengakses database relasional dan merupakan bahasa pemograman standar dalam manajamen basis data.

SQL yang dikembangkan oleh Jhonny Oracle ini telah banyak digunakan oleh server di seluruh dunia untuk melakukan manajemen data.

Contoh :

CREATE TABLE [''nama_tabel''] ( nama_field1 tipe_data [constraints][, nama_field2 tipe_data, ...] )

15. HTML & CSS

HTML (Hypertext Markup Language merupakan bahasa standar untuk dokumen yang dirancang ditampilkan di browser website dengan bantuan teknologi CSS (Cascading Style Sheets) dan bahasa pemograman JavaScript.

Contoh :

<html> <head> <title>table</title> <body> </table> </body> </head> </html> <style type = “text/css”> .header { width:900px; height:50px; border: 1px solid #640404; } .headerLeft { width:400px; background-color:#CCCCCC; height:50px; float:left;

Itulah beberapa bahasa pemograman atau bahasa komputer, sebenarnya masih banyak lagi bahasa pemograman selain yang kita bahas tadi yang akan kita bahas dilain waktu. Semoga artikel ini dapat membantu kalian memahami beberapa bahasa pemograman.