15 Fakta Unik dan Menarik Kecoa yang Harus Kalian Ketahui

Posbaru – Kecoa merupakan salah satu ordo serangga hemitabola dari kelas Insecta, Kecoa juga terdapat di berbagai belahan dunia kecuali di wilayah kutub, dilansir dari idntimes.com, menurut Dr. Jim Fredicks seorang ahli serangga dan spesialis kesehatan lingkungan di Virginia, Amerika Serikat.

Kecoa adalah hewan yang mudah beradaptasi di berbagai macam lingkungan serta kondisi, selain itu kecoa juga membawa banyak risiko pada kesehatan.

Serangga ini juga sangat identik dengan kemampuannya menyebarkan penyakit dengan cara mencemari makanan manusia melewati kuman yang dibawa dari tempat-tempat kotor, namun terlepas dari semua itu, nyatanya banyak fakta unik tentang serangga satu ini, Berikut fakta unik Kecoa.

1. Mampu Bertahan dari Bom Nuklir

Fakta Unik Kecoa yang pertama adalah serangga ini lebih mempunyai peluang besar untuk bertahan dari bom nuklir, hal ini karena ukuran tubuhnya yang kecil yang mempunyai eksoskeleton yakni kerangka luar yang dapat mendukung dan melindunginya.

Dimana eksoskeleton dapat membantu kecoa melindunginya dari radiasi dengan cara menyerap radioaktif, selain itu kecoa juga dikenal dapat bertahan hidup di wilayah dengan nutrisi yang terbatas.

Bahkan serangga ini adalah salah satu dari hewan purba yang mampu bertahan dengan berbagai kepunahan yang terjadi dengan cara berevolusi hingga membuatnya semakin tangguh di berbagai lingkungan.

2. Dapat Hidup Tanpa Kepala Selama Seminggu

Kecoa dapat bertahan hidup satu minggu tanpa kepala karena serangga ini tidak memerlukan kepalanya untuk bernapas, sebab mereka bernapas menggunakan tabung kecil yang berada di samping tubuhnya.

Dan yang membuatnya mati dalam seminggu adalah mulut, sebab karena tidak adanya mulut maka Kecoa tidak akan bisa meminum air.

3.Berasal dari 280 Juta Tahun Lalu

Menurut beberapa sumber, Kecoa diyakini berasal dari era Carboniferous atau sekitar 280 juta tahun yang lalu yang mana Kecoa lebih cenderung memakan makanan organik, namun ketika tidak ada lagi makanan organik maka mereka akan memakan apapun untuk bertahan hidup.

4. Dapat Memicu Asma

Dilansir dari Rentokil.co.id, beberapa penelitian menunjukan bahwa Kecoa dikaitkan dengan asma serta gejala alergi. Hal tersebut juga tidak lepas dari tempat tinggal kecoa dan makanannya yang berasal dari tempat kotor.

Seperti yang disebutkan tadi, Kecoa dapat membawa dan menyebarkan bakteri serta penyakit yang mempengaruhi manusia dan menurut beberapa sumber Air liur, Kulit, dan Kotoran Kecoa merupakan sumber allergen kuat yang menyebabkan serangan rhinitis atau asma bagi beberapa orang.

5. Dapat Menahan Napas 40 Menit

Selain dapat Manahan napas selama 40 menit, Kecoa juga dapat bertahan hidup selama 30 menit di dalam air.

Kemampuan menahan napas ini sering dilakukan oleh Kecoa untuk membantunya mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh.

6. Bisa Hidup Tanpa Makanan Selama Satu Bulan

Kecoa bisa tidak makan selama satu bulan karena memang mereka adalah hewan berdarah dingin, namun meski begitu jika tanpa air mereka hanya dapat bertahan hidup selama satu minggu.

7. Kanibal

Kecoa akan memakan apapun yang mereka temukan dari mulai makanan manusia bahkan hingga lem, kertas, kulit, bahan makanan busuk, dan lain sebagainya.

Mereka juga akan memakan Kecoa lainnya untuk bertahan hidup, cara ini dilakukan ketika sumber makanan sulit ditemukan.

Ada dua faktor yang mempengaruhinya menjadi kanibal, yakni makanan dan populasi. Dimana ketika populasi Kecoa semakin besar sedangkan sumber makanan sedikit maka Kecoa akan menjadi kanibal sekaligus mengurangi jumlah populasinya pada suatu tempat.

8. Berkembang Biak Dengan Cepat

Kecoa Betina dapat menghasilkan telur dalam bentuk kapsul (ootheca) dan tidak memerlukan pasangan (jantan) untuk bertelur.

Biasanya Kecoa Betina dapat bertelur hingga 200-400 telur selama masa hidupnya dan akan meletakan 20-30 telur dalam satu hari.

Periode kehamilan Kecoa Betina juga cukup singkat yaitu 30-60 hari, selain itu rata-rata siklus hidup kecoa berbulan-bulan hingga 2 tahun tergantung dari jenis dan kondisi lingkungannya. Seperti Berikut.

  • Kecoa Jerman, Pada Suhu Ruangan dapat berkembang biak dari telur jadi Kecoa dewasa selama 40-125 hari.
  • Kecoa Amerika, Pada Suhu Ruangan, dapat berkembang biak dari telur jadi Kecoa dewasa selama 400-600 hari.
  • Kecoa Australia, Pada Suhu Ruangan, dapat berkembang biak dari telur jadi Kecoa dewasa selama 150 hari.

9. Mati Jika Badannya Terbalik

Kecoa akan mati jika posisi tubuhnya terbalik dengan telentang, hal tersebut terjadi sebab mereka akan kesulitan membalikan tubuhnya sehingga membuatnya mengalami kekejangan otot yang dapat membunuhnya secara perlahan.

10. Punya Radar Rasa Takut

Kecoa mempunyai radar yang mampu mendeteksi rasa takut dari sesuatu di sekitarnya, sebab di dalam tubuh Kecoa terdapat sistem saraf dan motorik yang mempunyai kecepatan reaksi, maka jika ada seseorang yang takut terhadap Kecoa, serangga ini akan terus mendekati orang tersebut.

11. Penemuan Kecoa Lompat

Dilansir dari Brilio.net, pada tahun 2009 lalu para peneliti menemukan spesies Kecoa baru di pegunungan Afrika. Yang mana Kecoa jenis ini dapat melompat seperti belalang.

Kecoa jenis ini mempunyai ukuran tubuh sekitar setengah inci dan dapat melompat jauh dari A ke B dengan lumayan cepat.

Baca Juga: Indonesia Bukan Dijajag 300 Tahun, Inilah Faktanya!

12. Dapat Dimakan

Beberapa Negara seperti China dan Thailand menjadikan Kecoa sebagai makanan, dimana Kecoa akan ditusuk seperti sate dan dimasak dengan cara digoreng, dan ada beberapa suku terpencil yang memakan kecoa secara mentah.

Meski demikian sebagian Dokter berpendapat untuk tidak memakan Kecoa, mengingat dari segi kebersihan Kecoa merupakan hewan yang sering berada di tempat kotor.

13. Dapat Berlari Cepat

Kecoa dapat berlari dengan cepat, hal tersebut biasanya dilakukan untuk mempertahankan diri dari predator alami mereka.

Kecepatan lari Kecoa mencapai 1,5 meter per detik dan mereka juga dapat berlari di medan yang tidak rata.

14. Lentur (Flexibel)

Kecoa mempunyai kemampuan untuk melewati celah-celah kecil seperti tikus, Hal tersebut karena mereka memiliki kerangka tubuh yang lentur (Flexibel) dan juga mereka akan meratakan kerangka luar tubuhnya sambil melebarkan kakinya ke samping untuk melewati celah-celah kecil.

15. Dapat Merasakan Makanan Tanpa Memakannya

Karena Kecoa tidak mempunyai lidah mereka dapat merasakan makanan tanpa perlu memakannya dengan menggunakan indera perasa rambut (rambut rasa) yang berada di sekujur kaki, sayap, dan sekitar mulutnya.

Rambut rasa ini hampir memiliki fungsi yang sama seperti lidah manusia, dimana rambut rasa dapat merasakan rasa manis, pahit, dan zat kimia pada makanan.

Nah itu dia beberapa fakta unik tentang Kecoa, semoga setelah mengetahui beberapa fakta tadi Kalian akan lebih berhati-hati terhadap kecoa agar terhindar dari bakteri yang dibawanya. Dan selalu jaga makanan kalian dengan tertutup agar tidak dihinggapi kecoa.