15 Rekomendasi Anime Movie Romantis Terpopuler, Terharu!

Posbaru – Terdapat beberapa Rekomendasi Anime Movie Romantis yang pantas untuk kalian tonton, terlebih kebanyakan ceritanya dapat membuat perasaan kita campur aduk. Selain itu, beberapa anime movie romantis yang akan kami rekomendasikan ada juga tentang kisah cinta beda usia. Lalu apa saja anime tersebut? Berikut daftarnya!.

1. Kimi no Na wa

Kimi no na Wa atau dikenal juga dengan nama “Your Name” merupakan film anime romantis yang rilis pada tahun 2015 lalu. Anime Movie Romantis (Anime Romance) ini bercerita tentang dua remaja yang tak sengaja saling bertukar tubuh.

Hal itu membuat mereka harus terikat satu sama lain sekaligus harus bekerja sama untuk menyembunyikan kejadian aneh tersebut. Selain itu, mereka juga saling mencatat keseharian dan menyampaikan hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan satu sama lain.

2. Byousoku 5 Centimeter

Rekomendasi anime movie romantis yang kedua ini rilis pada tahun 2007 lalu karya Makoto Shinkai.

Byousoku 5 Centimeter menceritakan tentang kisah Akari dan Takaki, dua orang yang telah bersahabat sejak SD.

Keduanya terlibat kisah romansa yang harus terpisah karena jarak dan waktu.

Perlu diketahui saja, bahwa film ini ceritanya sangat realistis dan tidak dibuat hanya demi akhir yang diinginkan penonton.

3. Kotonoha no Niwa

Merupakan Film drama anime Jepang yang rilis tahun 2013 lalu, ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai.

Kotonoha no Niwa menceritakan tentang Takao, siswa SMA yang bercita-cita menjadi desainer sepatu dan seorang perempuan dewasa bernama Yukino.

Keduanya tidak sengaja bertemu di sebuah taman, yang mana sejak saat itu hubungan mereka semakin dekat. Meski Yukino lebih tua dari Takao, tetapi sifatnya tidak seperti usianya.

4. Toki wo Kakeru Shoujo

Anime Movie Romantis ini menceritakan tentang siswi SMA tahun akhir bernama Makoto Konno yang sedang kesulitan memutuskan apa yang akan dilakukannya setelah lulus.

Dalam kebimbangannya tersebut, tiba-tiba Ia mendapat kemampuan untuk pergi ke massa lalu dan mulai melakukan hal yang disukainya. Tetapi semua hal yang dilakukannya ternyata mempunyai konsekuensi yang tidak menyenangkan.

Tayang perdana pada tahun 2006 lalu yang disutradarai Mamoru Hosoda dan ditulis oleh Satoko Okudera.

5. Hotarubi no Mori e

Sebuah film animasi Jepang yang tayang perdana pada tahun 2011 lalu, disutradarai dan ditulis oleh Takahiro Omori dengan Yuki Midorikawa.

Hotarubi no Mori e menceritakan tentang seorang gadis bernama Hotaru Takegawa yang tersesat di sebuah hutan yang dihuni roh gunung.

Ia ditemukan oleh roh bertopeng berwujud manusia bernama Gin yang mengantar Hotaru keluar dari hutan tersebut.

Sejak saat itu hubungan keduanya semakin dekat, walaupun begitu mereka tidak bisa bersentuhan karena jika Hotaru menyentuh Gin maka Ia akan hilang.

6. Kimi no Suizou wo Tabetai

Rekomendasi anime movie berikutnya ini dikenal juga dengan nama “I Want to Eat Your Pancreas” yang bercerita tentang kehidupan seorang remaja laki-laki penjaga perpustakan anti sosial.

Ia bahkan tidak memiliki teman, namun semua itu berubah semenjak bertemu wanita bernama Yamauchi yang ternyata adalah teman sekelasnya. Yamauchi sendiri mempunyai sifat jauh terbalik dengan laki-laki tersebut.

Film anime ini tayang perdana pada 1 September 2018 lalu berdasarkan nover berjudul sama karya Yoru Sumino.

7. Seishun Buta Yarou wa Yumemiru Shoujo no Yume wo Minai

Tayang perdana pada Juni 2019 lalu, Anime movie ini merupakan adaptasi dari novel ringan Jepang yang ditulis Hajime Kamoshida dan diilustrasikan oleh Keiji Mizoguchi.

Film anime ini menceritakan tentang kehidupan Sakuta Azusagawa yang baik baik saja bersama pacarnya Sakurajima Mai.

Tetapi hubungan mereka harus terganggu dengan munculnya wanita bernama Makinohara Shouku, yang merupakan cinta pertama Mai.

Baca Juga: Daftar Anime Terlucu yang Harus Ditonton!

8. Tamako Love Story

Rekomendasi anime movie romantis berikutnya ini disutradarai Naoko Yamada dan ditulis oleh Reiko Yoshida yang rilis pada 2014 lalu.

Tamako Love Story menceritakan tentang gadis bernama Tamako Kitashirakawa yang hanya bertujuan untuk bekerja di restoran milik keluarganya saja.

Di sisi lain, seorang pria bernama Mochizou Ooji berniat masuk ke Universitas di Tokyo, tetapi konsekuensinya adalah harus rela meninggalkan Tamako, gadis yang dicintainya.

9. Kokoro ga Sakebitagatterunda

Merupakan film animasi Jepang yang rilis pada tahun 2015 lalu disutradarai Tatsuyuki Nagai dan ditulis oleh Mari Okada.

Kakoro ga Sakebitagatterunda menceritakan tentang Naruse Jun, gadis cerewet penyuka dongeng fantasi yang mengagumi sebuah istana di atas gunung.

Suatu hari, Ia mendatangi istana tersebut dan tak sengaja melihat ayahnya keluar dari sana bersama seorang wanita tak dikenal.

Jun yang polos dan tidak tahu apa-apa menganggap hal tersebut adalah sesuatu yang hebat.

Yang mana kejadian yang Ia lihat tadi diceritakan dengan polosnya kepada sang ibu, tanpa disadari Ia telah menguak perselingkuhan ayahnya.

Karena istana tadi merupakan “Love Hotel”, lalu bagaimana kelanjutan ceritanya?.

10. Mimi wo Sumaseba

Rekomendasi anime movie romantis yang selanjutnya ini tayang perdana pada tahun 1995 lalu, disutradarai Yoshifumi dan ditulis oleh Hayao Miyazaki berdasarkan manga 1989 berjudul sama.

Seorang anak perempuan 14 tahun bernama Shizuku Tsukushima, yang selalu ceria dan berbakat. Pada liburan musim seni, Ia menghabiskan waktunya untuk membaca buku di perpustakaan.

Secara tidak sengaja, Ia menemukan nama peminjam sebuah buku yang misterius karena selalu muncul di setiap buku yang dipinjamnya. Lalu siapakah dia?.

11. Kaze Tachinu

Merupakan film sejarah Anime Jepang tahun 2013 yang disutradarai dan ditulis oleh Hayao Miyazaki.

Kaze Tachinu menceritakan tentang insinyur Jiro Horikoshi yang merancang pesawat tempur untuk kekaisaran Jepang selama perang dunia 2. Meski ini berlatar perang, namun bukan film perang tetapi lebih seperti film “Habibie”nya Jepang.

12. Josee to Tora to Sakana-tachi

Rekomendasi anime movie ke 12 ini merupakan adaptasi cerita pendek dan novel dewasa berjudul sama karya Seiko Tanabe.

Film animasi Jepang ini menceritakan tentang mahasiswa bernama Tsuneo yang tak sengaja bertemu dengan Josee.

Josee merupakan seorang gadis yang tak punya teman satu pun selama hidupnya karena penyakit yang dideritanya, pertemuan mereka membukakan pikiran Josee tentang perasaan cinta.

13. Kumo no Mukou, Yakusoku no Basho

Dikenal juga dengan nama “The Place Promised in Our Early Days” ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai.

Anime Movie ini menceritakan tentang setelah perang dunia 2, Hokkaido terbagi menjadi dua wilayah. Yang mana di salah satu wilayahnya terdapat menara tinggi misterius yang dijaga pasukan persekutuan.

Di lain tempat, Hiroki dan Takuya merupakan dua sahabat yang sangat terobsesi dengan menara tersebut.

Bahkan mereka sampai bekerja di pabrik pesawat agar bisa pergi ke menara tersebut.

Suatu hari teman sekolah mereka yakni Sayuri, ingin melihat Hiroki dan Takuya bekerja sehingga akhirnya sayuri pun mengetahui tentang pesawat tersebut.

Dari sana, mereka berjanji akan membawa sayuri ke menara tadi. Tetapi sayangnya sayuri malah menghilang.

Lalu kemanakah Sayuri?.

14. Hoshi wo Ou Kodomo

Dikenal juga dengan nama “Children Who Chase Lost Voices” atau Journey to Agartha. Merupakan anime yang dibuat oleh Makoto Shinkai pada tahun 2011 lalu.

Anime Movie romantis ini menceritakan tentang Asuna Watase, gadis SD yang dipaksa tumbuh cepat sejak ayahnya meninggal.

Sehari-hari Ia selalu mendengarkan musik misterius yang berasal dari alat pemberian ayahnya ditemani oleh kucing peliharannya Mimi.

Suatu hari, Ia diselamatkan oleh remaja laki-laki bernama Shun ketika diserang oleh suatu makhluk menakutkan.

Shun memberi tahunya bahwa, Ia berasal dari negara lain bernama Agartha dan datang ke tempat ini untuk mencari sesuatu. Ternyata pertemuan mereka menjadi awal perjalanan Asuna ke negara Agartha.

15. Uchiage Hanabi, Shita kara Miru ka? Yoko kara Miru ka?

Rekomendasi anime movie romantis yang terakhir ini tayang perdana pada 2017 lalu dan dikenal juga dengan nama “Fireworks”. Cerita anime movie ini berdasarkan film televise aksi langsung Shunji Iwai berjudul sama.

Uchiage Hanabi, Shita kara Miru ka? Yoko kara Miru ka? Menceritakan tentang Norimichi dan kawan-kawan yang bedebat soal kembang api menjelang pesta kembang api musim panas.

Perdebatan tersebut membuat mereka berjanji untuk melihat kembang api bersama-sama, tetapi sebelum hari tersebut, ada sebuah kejadian terjadi antara Norimichi dan temannya.

Kejadian tersebut membuat mereka terlibat dalam cinta yang rumit.