15 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik yang Harus Ditonton !

Posbaru – Film Psikopat selalu membuat penonton nya ber-adrenalin tinggi bahkan beberapa orang tidak kuat dengan adegan sadis di dalamnya. meski begitu ada beberapa rekomendasi film psikopat terbaik yang wajib ditonton.

Psikopat sendiri, adalah suatu penyakit kejiwaan yang sering kali digambarkan dalam film sebagai sosok antisosial, sadis, dan berdarah dingin.

Penyakit kejiwaan yang menurut beberapa sumber sering kali merugikan lingkungan di sekitarnya ini telah diderita 1% dari total populasi dunia.

Meski begitu, banyak film baik dalam maupun luar negeri yang mengangkat karakter psikopat, untuk itu Posbaru akan memberikan beberapa rekomendasi film psikopat dengan rating terbaik, berikut daftarnya.

1. Donnie Darko

GenreSci-fi, Fantasy
Rilis19 Januari 2001
SutradaraRichard Kelly
Rating8.0/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 53 Menit
PemeranJake Gyllenhaal, Jena Malone, Mary McDonnell dan lainnya

Sinopsis

Rekomendasi Film Psikopat pertama ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Donnie Darko yang mempunyai keadaan psikologis rapuh, dimana pada suatu ketika Ia bersifat berandalan dan terkadang bersifat bijaksana.

Bahkan ketika Ia bersifat bijaksana, kata-kata yang dikeluarkannya sangatlah bermakna dalam, karena keadaan psikologis nya Ia dikirim ke seorang psikiater.

Donnie juga sering berprilaku aneh seperti berjalan ketika tidur, mendengar suara aneh, dan melihat kelinci raksasa.

Bahkan kelinci raksasa tersebut memberitahukan kepadanya akan terjadi kiamat pada 28 hari 6 jam 42 menit 12 detik lagi, meski awalnya tidak percaya, namun Donnie akhirnya percaya setelah beberapa kejadian yang Ia lalui setiap harinya. Lalu apakah benar perkataan kelinci tersebut ?.

2. Se7en (Seven)

GenreCrime, Mystery, Drama
Rilis22 September 1995
SutradaraDavid Fincher
Rating8,6/10 (IMDb)
Durasi2 Jam 7 Menit
PemeranMorgan Freeman, Brad Pitt, Kevin Spacey, dan lain sebagainya.

Sinopsis

Rekomendasi Film Psikopat kedua ini bercerita tentang dua detektif yang memburu pembunuh berantai dengan motif “Seven Deadly Sins” yang merupakan tujuh dosa manusia yakni kerakusan, keserakahan, kemalasan, kemurkaan, kesombongan, nafsu, dan iri.

Penyelidikan pertama mereka lakukan pada seorang pria bertubuh gendut yang mati terikat di kursi dengan perut yang meledak akibat dipaksa memakan banyak makanan, yang mana kasus ini merefleksikan “kerakusan”.

Sadar akan hal tersebut mereka terus mencari informasi pembunuh berantai ini dengan berbagai upaya, meski hingga tiga kasus pembunuhan terjadi mereka belum memecahkan siapa pelaku pembunuhan berantai tersebut.

Hingga mereka memutuskan untuk mempelajari “Seven Deadly Sins” sekaligus mencari informasi tentang orang yang sering meminjam buku yang berkaitan dengan “Seven Deadly Sins” di perpustakaan.

Hingga pada akhirnya titik terang mereka temukan, dimana seseorang bernama Jhon Doe selalu mencari buku yang berkaitan dengan “Seven Deadly Sins” di salah satu perpustakaan.

3. Shutter Island

GenreThriller, Mystery
Rilis3 Maret 2010
SutradaraMartin Scorsese
Rating8,2/10 (IMDb)
Durasi2 Jam 18 Menit
PemeranLeonardo DiCaprio, Emily Mortimer, Mark Ruffalo dan lain sebagainya.

Sinopsis

Rekomendasi Film Psikopat ketiga ini Berlatar tahun 50-an, bercerita tentang seorang U.S Marshall bernama Edward Teddy Daniels dan partner nya Chuck Aule yang ditugaskan menyelidiki hilangnya seorang pasien sakit jiwa bernama Rachel Solando di Ashecliff Hospital yang berlokasi di Shutter Island.

Seorang kepala psikiater mengatakan, pasien tersebut hilang secara mendadak dari kamar tidurnya yang terkunci, menurutnya pasien tersebut dirawat di sana akibat menenggelamkan tiga anaknya.

Meski pun begitu, Edward merasakan ada hal yang aneh di rumah sakit tersebut, dimana hal tersebut membuatnya semakin penasaran dan ingin mengungkap kebenaran dari rumah sakit tersebut.

Walaupun demikian, kejadian-kejadian yang ada di dalam film membuat penontonnya merasa pusing apalagi jika kalian melihat ending film yang membuat saya berpikir keras.

4. Gone Girl

GenreDrama, Mystery, Thriller
Rilis10 Oktober 2014
SutradaraDavid Fincher
Rating8,1/10 (IMDb)
Durasi2 Jam 29 Menit          
PemeranBen Affleck, Rosamund Pike, Neil Patrick Harris dan lain sebagainya

Sinopsis

Rekomendasi Film Psikopat keempat ini diangkat dari novel karangan Gillian Flynn ini, bercerita tentang masalah yang dihadapi Nick dan Amy yang mana selama ini mereka selalu menjadi contoh pasangan yang memiliki kehidupan rumah tangga sempurna.

Tapi dibalik semua itu, tersimpan berbagai rahasia besar yang mereka tutupi, hingga pada suatu ketika Amy menghilang di hari ulang tahun pernikahannya.

Polisi yang melakukan investigasi terkait hal tersebut mendapati beberapa kejanggalan, dari rusaknya beberapa barang, noda darah, dan beberapa percikan darah di langit-langit rumah.

Akibat hal tersebut, Nick suaminya menjadi tersangka utama dalam kasus ini, walaupun Ia terus menyangkal hal tersebut, namun faktanya dalam buku harian Amy terdapat fakta yang berbeda.

Cerita belum sampai di situ, sebab apakah benar Nick bersalah ? atau Apa yang disembunyikan Amy ? dan Dimanakah Amy ?.

5. No Country for Old Men

GenreCrime, Drama, Thriller
Rilis21 November 2007
SutradaraEthan Coen, Joel Coen
Rating8,1/10 (IMDb)
Durasi2 Jam 2 Menit
PemeranTommy Lee Jones, Javier Bardem, Josh Brolin, dan lainnya

Sinopsis

Film berlatar tahun 80-an ini bercerita tentang seorang pria bernama Llewelyn Moss yang menyaksikan transaksi narkoba berujung fatal.

Dimana transaksi yang melibatkan dua kelompok tersebut berujung pada baku tembak dan meninggalkan sejumlah narkoba di dalam mobil serta uang USD 2 juta dalam sebuah koper.

Kesempatan tersebut Moss gunakan untuk mengambil uang tersebut lalu pergi kerumah nya, menyadari bahwa perbuatannya tersebut dapat membahayakan Moss akhirnya mengirim istrinya untuk tinggal bersama Ibunya.

Sementara Moss pergi ke motel Del Rio untuk menyembunyikan koper tersebut di dalam saluran udara kamarnya.

Meski pun begitu, melalui alat pelacak yang ada di dalam koper tersebut, para bandar narkoba akhirnya mengetahui keberadaan uang itu dan memburu Moss terus menerus.

Apakah Moss berhasil tertangkap Bandar Narkoba tersebut ?.

6. Misery

GenreAction, Crime, Drama
Rilis30 November 1990
SutradaraRob Reiner
Rating7,8/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 47 Menit
PemeranJames Caan, Kathy Bates, Richard Farnsworth dan lainnya

Sinopsis

Film ini bercerita tentang seorang penulis roman yang terkenal bernama Paul Sheldon, Ia mengalami kecelakaan di jalanan yang tengah dilanda badai salju.

Kecelakaan tersebut terjadi setelah Ia selesai menulis seri terakhir dari novel berjudul Misery, namun beruntung pada saat kecelakaan seseorang menolongnya dan merawatnya di rumahnya.

Orang tersebut adalah wanita bernama Annie Wilkes yang ternyata fans Paul, Paul yang merasa tertolong oleh nya berterimakasih atas pertolongan Annie.

Bahkan Paul membolehkan Annie untuk membaca novel terbaru nya yang belum diserahkan kepada penerbit.

Namun akibat hal tersebut, Annie yang merupakan fans fanatik novel tersebut menjadi marah, sebab Paul memutuskan untuk mengakhiri kisah dengan mematikan sosok Misery dalam novel tersebut.

Bahkan Annie menyuruh Paul untuk mengganti ceritanya, lalu apakah Paul bersedia mengganti ceritanya ? apalagi ternyata Annie bukanlah sosok orang biasa namun memiliki sifat-sifat yang membuat penonton film ini tidak sanggup melihat hal tersebut.

7. The Shining

GenreDrama, Horror
Rilis13 Juni 1980
SutradaraStanley Kubrick
Rating8,4/10 (IMDb)
Durasi2 Jam 26 Menit
PemeranJack Nicholson, Shelley Duvall, Danny Lloyd dan lainnya

Sinopsis

Film ini bercerita tentang seorang penulis bernama Jack Torrance yang mendapat pekerjaan sebagai penjaga hotel Overlook.

Akhirnya Ia bersama dengan istrinya Wendy dan anaknya Danny tinggal di hotel tersebut selama musim dingin.

Namun hal pahit harus mereka alami, sebab nyatanya hotel tersebut menyimpan masa lalu yang kelam dan memengaruhi Jack yang tiba-tiba berubah seperti orang gila dan ingin membunuh keluarganya sendiri.

8. Memento

GenreThriller, Mystery
Rilis5 September 2000
SutradaraChristopher Nolan
Rating8,4/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 53 Menit
PemeranGuy Pearce, Carrie-Anne Moss, Joe Pantoliano dan lainnya

Sinopsis

Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Leonard Shelby yang mengalami kerusakan otak akibat cedera yang dialaminya, dimana hal tersebut membuat memori otaknya tidak dapat digunakan lagi untuk mengingat.

Cedera yang dialaminya, tersebut diakibatkan benturan keras saat Ia memergoki seorang pria sedang memperkosa dan membunuh istrinya.

Untuk mengetahui pelaku tersebut, Leonard berusaha mengingat kejadian yang Ia alami, dengan merangkai kejadian menggunakan kamera, tato di tubuhnya, dan sebuah catatan kecil.

9. Hannibal

GenreAction, Adventure, Comedy
Rilis11 April 2001 (Indonesia)
SutradaraRidley Scott
Rating6,8/10 (IMDb)
Durasi2 Jam 11 Menit
PemeranAnthony Hopkins, Julianne Moore, Gary Oldman, dan lainnya

Sinopsis

Film ini bercerita tentang seorang bernama Dr. Hannibal Lecter yang sudah 10 tahun melarikan diri dari Rumah Sakit Jiwa, Clarice Sterling yang mempunyai hubungan dengan Dr. Hannibal sudah menjadi agen FBI.

Meski begitu pada suatu ketika muncul seorang bernama Mason Verger yang juga korban keganasan Dr. Hannibal yang mempunyai ingin balas dendam kepada Dr. Hannibal dan berusaha untuk menangkapnya hidup-hidup.

Dilain sisi, Clarice ditugaskan atasannya untuk mencari informasi tentang keberadaan Dr. Hannibal sebab pengalamannya dengan Dr. Hannibal dapat mempermudah dirinya menangkap Dr. Hannibal.

Walaupun begitu, nyatanya Ia sulit menemukan keberadaan Dr. Hannibal dan dilain sisi Dr. Hannibal dapat dengan leluasa melakukan aksi sadis nya.

Lalu apakah Clarice berhasil menangkap Dr. Hannibal ? atau Mason Verger berhasil membalaskan dendamnya ?

10. Jigsaw

GenreHorror, Thriller
Rilis8 November 2017
SutradaraMichael Spierig, Peter Spierig
Rating5,8/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 32 Menit
PemeranMatt Passmore, Tobin Bell, Callum Keith Rennie dan lainnya

Sinopsis

Jigsaw adalah sebutan seorang pembunuh sadis Bernama John Kramer yang selalu meneror korbannya dengan permainan berujung maut.

Film ini berlatar setelah 10 tahun kematian John Kramer sang pembunuh sadis namun nyataya Ia belum sepenuhnya meninggal, hal tersebut dikarenakan bukti dari sebuah investigasi polisi tentang kemunculan mayat-mayat dengan kondisi mengenaskan tertuju kepada John Kramer.

Akhirnya para polisi-pun dibuat kebingungan dengan kebangkitan Jhon Kramer dan berusaha memecahkan petunjuk yang diberikannya.

Sementara disisi lain diceritakan lima korban sedang disekap disebuah lumbung yang terletak di area terpencil, dimana mereka dipaksa untuk mengakui semua dosanya jika ingin hidup.

Lalu apakah polisi berhasil mengungkap keberadaaan John Kramer ?.

11. Parasite

GenreComedy, Drama, Thriller
Rilis24 Juni 2019 (Indonesia)
SutradaraBoong Joon Ho
Rating8,6/10 (IMDb)
Durasi2 Jam 12 Menit
PemeranSong Kang-Ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong dan lainnya

Sinopsis

Film ini bercerita tentang Gi Taek yang tinggal bersama Istrinya Choong Sook, anak laki-lakinya Ki Woo dan anak perempuannya Ki Jung di sebuah apartemen semi basement kumuh yang berada di daerah berpenghasilan rendah Seoul.

Pada suatu hari, Ki Woo membawa seorang temannya Min Hyuk untuk minum bersama, Min Hyuk akan pergi belajar ke luar negeri dan menginginkan Ki Woo mengambil alih pekerjaannya sebagai tutor pribadi sementara.

Ki Woo pun menyetujuinya dan akhirnya menjadi tutor bagi anak perempuan dari keluarga kaya Tuan Park dan istrinya Yeon Gyo, dimana sebuah kejadian aneh terjadi ketika keluarga tersebut memulai interaksi dengan cara yang tidak akan pernah dibayangkan.

12. Kala

GenreFantasy, Crime
Rilis19 April 2007
SutradaraJoko Anwar
Rating7,0/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 42 Menit
PemeranDonny Alamsyah, Fachry Albar, Ario Bayu dan lainnya

Sinopsis

Film ini dibumbui kisah magis dan kepercayaan kuno, dimana pada awal film menyuguhkan peristiwa-peristiwa pembunuhan yang harus dihadapi Eros, Polisi, Janus, dan Wartawan.

Yang mana rangkaian pembunuhan yang terjadi terkuak sedikit demi sedikit dan tertuju ke suatu masalah harta karun yang menjadi rebutan banyak pihak, dan juga terungkapnya fakta bahwa peristiwa-peristiwa pembunuhan yang terjadi melibatkan para petinggi negara.

13. American Psycho

GenreCrime, Drama, Comedy
Rilis14 April 2000
SutradaraMary Harron
Rating7,6/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 41 Menit
PemeranChristian Bale, Justin Theroux, Josh Lucas dan lainnya

Sinopsis

Patrick Bateman seorang pria rupawan yang kaya raya, berjabatan tinggi, mudah bergaul, dan berselera musik tinggi ternyata mempunyai sisi gelap yakni tamak, munafik, obsesif, dan selalu ingin sempurna.

Dimana sifat dari sisi gelapnya tersebut, membuat Patrick berubah menjadi psikopat dan dapat membunuh orang tanpa ampun dengan cara yang sadis, namun Ia juga dapat dengan sekejap berubah menjadi karakter sempurna yang tadi kita sebutkan.

14. The Orphan

GenreHorror, Thriller
Rilis22 Juli 2009
SutradaraJaume Collet-Serra
Rating6,9/10 (IMDb)
Durasi2 Jam 3 Menit
PemeranVera Farmiga, Peter Sarsgaard, Isabelle Fuhrman dan lainnya

Sinopsis

Film ini bercerita tentang seorang Ibu yang mengalami keguguran, dimana sejak saat itu Ia mengalami depresi dan menjadi pecandu alkohol.

Agar istrinya tidak seperti itu, Jack suaminya bersepakat dengan istrinya untuk mengadopsi anak perempuan dari panti asuhan, meski sebenarnya mereka mempunyai dua orang anak yakni Daniel dan Max yang bisu dan tuli.

Namun kebahagiaan mereka harus terhenti, sebab anak yang diadopsi mereka ternyata malah membahayakan keluarganya dan mempunyai sifat yang kejam, bahkan salah satu suster dari panti asuhan dibunuh oleh anak tersebut secara diam-diam.

Baca Juga : Rekomendasi Film Thriller Terbaru yang Menegangkan !

15. We Need to Talk About Kevin

GenreDrama, Thriller
Rilis28 September 2011
SutradaraLynne Ramsay
Rating7,5/10 (IMDb)
Durasi1 Jam 52 Menit
PemeranTilda Swinton, John C. Reilly, Ezra Miller dan lainnya

Sinopsis

Film ini bercerita tentang kehidupan seseorang bernama Eva Katchadourian yang berprofesi sebagai penulis, dimana Ia menyukai gaya hidup bebas.

Hingga pada suatu ketika, kisah cintanya dengan Franklin membuahkan kandungan di perut Eva, meski Franklin bahagia, namun nyatanya Eva tidak bahagia dengan anak yang dikandungnya tersebut.

Bahkan hingga anak mereka dewasa, namun anehnya, Kevin anaknya terlihat seperti memusuhi Eva dengan perkataan, tindakan bahkan tatapannya, yang mana hal tersebut membuat Eva bertindak kasar kepada Kevin.

Bahkan bukan hanya ke Eva, Kevin juga selalu melakukan hal yang menyakiti adiknya yakni Celia, hingga suatu ketika Kevin melakukan tindakan yang membuat Eva sengsara seumur hidupnya.

Itulah beberapa rekomendasi film psikopat yang patut kalian tonton, apalagi selama musim liburan ini.