18 Rekomendasi Anime Slice of Life Terbaik yang Santai!

Posbaru – Selain genre fantasi penggemar anime juga menyukai genre slice of life yang biasanya berkisah tentang kehidupan sehari-hari seseorang. Oleh sebab itu dalam artikel ini kami akan memberikan daftar rekomendasi anime slice of life terbaik.

Namun sebelum lanjut ke daftarnya, kalian harus tahu apa itu sebenarnya genre slice of life.

Jadi anime SoL (Slice of life) atau dalam bahasa Indonesia berarti “potongan kehidupan “ merupakan genre yang menggambarkan pengalaman duniawi.

Meski dalam anime biasanya menampilkan kehidupan sehari-hari, namun pada teater lebih mengacu terhadap naturalisme dan dalam sastra lain lagi.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa slice of life merupakan genre yang menggambarkan konflik yang biasa terjadi dalam kehidupan nyata.

Nah, dalam sebuah anime genre ini bisa dibilang ringan serta dapat dinikmati oleh semua kalangan termasuk orang yang baru pertama kali menonton anime.

Lalu apa saja rekomendasi anime slice of life terbaik?. Berikut daftarnya!.

1. Barakamon

Rekomendasi pertama ini diadaptasi dari manga yang ditulis serta diilustrasikan oleh Satsuki Yoshino dan rilis pada tahun 2009. Sementara untuk animenya tayang perdana pada tahun 2014 lalu.

Barakamon menceritakan tentang kaligrafer muda bernama Seishu Handa yang diasingkan ke pulau terpencil, sebagai hukuman karena memukul salah satu kaligrafer terkenal.

Sesampainya di pulau tersebut, Ia harus beradaptasi dengan orang-orang desa tersebut. Yang kebanyakan diantaranya terbilang orang aneh seperti orang yang suka bepergian dengan traktor, orang yang tak diinginkan dan masih banyak lainnya.

Lalu apakah Ia bisa beradaptasi?.

2. Oregairu (Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru)

Dikenal juga dengan nama “My Youth Romantic Comedy Is Wrong, As I Expected” dan “My Teen Romantic Comedy SNAFU”.

Anime ini diadaptasi dari seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Wataru Watari dan diilustrasikan Ponkan8. Dan untuk animenya rilis pada tahun 2013 lalu.

Oregairu bercerita tentang siswa SMA bernama Hikigaya Hachiman yang mempunyai pandangan berbeda terhadap kehidupan remaja sekitarnya.

Ia beranggapan bahwa pertemanan adalah lelucon dan pendusta, hingga suatu hari Ia mendapat hukuman dari gurunya yang menyebabkan dirinya harus masuk ke sebuah klub relawan.

Klub tersebut beranggotakan 1 orang yakni siswi pintar bernama Yukinoshita Yukino yang mempunyai sifat jauh berbeda dari Hachiman.

Meski begitu, ada satu kesamaan antara dua orang tersebut yakni tidak mempunyai teman. Lalu apakah mereka dapat bekerja sama dalam klub tersebut?.

3. Yesterday wo utatte

Rekomendasi anime slice of life yang ketiga ini dikenal juga dengan nama Sing “Yesterday” for Me. Anime ini merupakan adaptasi dari manga Jepang oleh Kei Toume, sementara untuk animenya disutradarai oleh Yoshiyuki Fujiwara yang tayang perdana pada 2020 lalu.

Kisahnya tentang Rikuo Uozumi yang telah menyerah pada masa depannya. Ia kini bekerja tanpa tujuan jelas di sebuah toko serba ada setelah lulus dari perguruan tinggi.

Suatu hari, kehidupannya yang monoton terganggu ketika Haru Nonaka mencoba untuk berteman dengannya. Bahkan Haru yang riang tersebut sering mampir ke tempat Rikuo.

Di sisi lain Rikuo mengetahui bahwa teman kuliah yang Ia sukai sejak lama, Shinako Morinome, telah pindah kembali ke kota.

Ia kemudian memutuskan untuk mendekatinya, namun tanpa sepengetahuan Rikuo, Shinako membawa kenangan menyakitkan dari masa lalu yang menahannya untuk menerima perasaan.

Sementara itu, saat Haru terus mendekati Rikuo, Ia mengetahui bahwa dia, seperti dia, hidup sendiri dan ingin keluar dari zona nyamannya ke masa depan yang tidak pasti.

4. Toradora!

Adalah anime yang diadaptasi dari novel ringan Jepang Karya Yuyuko Takemiya yang diilustrasikan oleh Yasu, dan rilis pada 2006. Sementara untuk animenya rilis pada tahun 2008 lalu.

Toradora! menceritakan tentang Ryuuji Takasu yang mengetahui bahwa Ia bukan hanya sekelas dengan sahabatnya Yuusaku Kitamura. Namun juga sekelas dengan Minori Kushieda yang sejak lama Ia sukai.

Di sisi lain, Taiga Aisaka kecil dаn sahabat Minori mеngаmbіl apa-apa dаrі ѕіара saja dаn jatuh cinta dеngаn Kitamura.

5. Hyouka

Anime ini menceritakan tentang Houtarou Oreki, seorang pelajar SMA yang konservatif terhadap bidang energi.

Suatu hari, Ia masuk sebuah klub klasik yang menyeretnya ke dalam penyelidikan sebuah misteri berusia 45 tahun.

Ditemani оlеh anggota klubnya, Satoshi Fukube yang berpengetahuan, Mayaka Ibara yang tegas nаmun jinak, dаn Eru Chitanda yang ѕеlаlu іngіn tahu, Oreki hаruѕ memerangi tenggat waktu serta kurangnya informasi.

Hyouka merupakan anime adaptasi novel misteri Jepang yang ditulis oleh Honobu Yonezawa dan rilis pada tahun 2001. Sementara untuk animenya rilis pada spring 2012 lalu.

6. K-On!

Daftar anime slice of life yang ke enam ini merupakan adaptasi seri manga empat panel Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kakifly. Sementara animenya tayang perdana pada spring tahun 2009 lalu.

Anime K-On! Bercerita tentang Hirasawa Yui, gadis riang SMA yang mendaftar setelah melihat poster “Light Music Club”. Padahal Ia sama sekali tidak bisa bermain alat musik.

Ketika Ia pergi ke ruang club untuk menjelaskannya, Yui disambut oleh angota lain yakni Ritsu, Mio dan Tsumugi.

Walaupun mereka kecewa terhadap Yui yang tidak bisa bermain alat musik. Tapi mereka tetap mencoba untuk meyakinkannya tinggal agar klub tersebut tidak dibubarkan.

 Sejak saat itu, Yui mulai belajar memainkan gitar dengan bantuan anggota klub lainnya.

7. Horimiya

Merupakan serial TV lain dari Hori-san to Miyamura-kun yang menceritakan seorang gadis yang mungkin terlihat biasa ketika di sekolah. Namun ketika di rumah Ia seperti ibu rumah tangga karena mengurus segala pekerjaan rumah dari mulai mangasuh adiknya, memasak, hingga bersih-bersih.

Karena hal itulah Hori tidak mempunyai waktu untuk bermain dengan gadis sebayanya.

Hingga suatu hari, Ia bertemu dengan seorang bertato yang mengantarkan adiknya pulang. Orang tersebut ternyata teman kelasnya yang bernama Miyamura.

Meski begitu Hori merasa terkejut dengan penampilannya, karena saat di sekolah Miyamura dikenal sebagai orang yang pendiam dan kutu buku.

Sedangkan Miyamura yang sekarang dilihatnya adalah orang yang ramah dengan banyak tato dan tindik.

Sejak saat itulah mereka saling mengungkapkan rahasianya masing-masing hingga hubungan keduanya semakin dekat.

8. Kimi ni Todoke

Rekomendasi anime slice of life terbaik berikutnya ini diadaptasi dari manga Jepang karya Karuho Shiina yang terbit pada tahun 2005. Sementara untuk animenya tayang perdana pada tahun 2009 lalu.

Berkisah tentang Kuronuma Sawako yang disalahpahami oleh teman sekelasnya, karena Ia pemalu dan sering keliru serta mirip dengan gadis hantu dari film “The Ring”.

Oleh karena itu, teman-teman Sawako menjulukinya dengan Sadako. Meski begitu, Ia ingin hidup normal bahkan dirinya juga menyukai Kazehaya Shouta. Salah satu orang populer di kelas.

9. Ore Monogatari

Dikenal juga dengan nama My Love Story, anime ini diadaptasi dari manga komedi romantis Jepang yang ditulis Kazune Kawahara dan diilustrasikan oleh Aruko.

Untuk animenya sendiri, Ore Monogatari tayang perdana pada tahun 2015 lalu.

Seperti judulnya, anime ini bercerita tentang Gouda Takeo, mahasiswa sekolah tinggi dengan tinggi 2 meter berat 120 kg.

Setiap harinya diisi dengan tenang dan jauh dari wanita, sebab setiap gadis yang disukainya akan jatuh cinta pada sahabatnya yang tampan dan populer.

Suatu hari, takdir mempertemukannya dengan Rinko Yamato, gadis mungil pemalu yang jatuh cinta padanya karena telah diselamatkan dari aksi cabul di kereta.

Lalu bagaimana kelanjutan kisah cintanya?.

Baca Juga: Rekomendasi Anime Rating Tinggi Tahun Ini!

10. Usagi Drop

Anime satu ini dikenal juga dengan nama Bunny Drop, kisahnya bercerita tentang Daikichi yang terkejut setelah mengetahui bahwa kakeknya mempunyai anak haram yang masih kecil.

Hal tersebut Ia ketahui ketika mengunjungi pemakaman kakeknya. Selain itu, keluarganya pun tidak mengetahui akan hal tersebut.

Terlebih ibu dari anak itu meninggalkannya begitu saja, Daikichi yang kasihan akhirnya memutuskan untuk mengurus anak kakeknya tersebut.

Padahal Ia sendiri masih lajang dan tidak pandai mengurus dirinya sendiri. Keputusan itu dibuatnya karena keluarganya tidak ada yang mau mengurus anak almarhum kakeknya tersebut.

Usagi Drop diadaptasi dari serial manga Jepang oleh Yumi Unita yang rilis pada tahun 2005 lalu. Sementara untuk animenya tayang perdana pada 2011.

11. Working!!

Merupakan anime adaptasi manga komik strip empat panel Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Karino Takatsu. Untuk serial tv nya sendiri tayang perdana pada tahun 2015 lalu.

Kisah anime ini mengikuti aktivitas para karyawan yang tidak biasa di sebuah unit rantai restoran keluarga Wagnaria.

Karyawan tersebut terdiri dari Akanashi, kepala lantai katana Yachiyo Todoroki, kepala koki yang mengintimidasi Jun Satou, koki sous yang ѕаngаt ѕеrіuѕ dаn sadis Hiroomi Souma, serta Manajer malas Kyouko Shirafuji, dаn pelayan Mahiru Inami takut pada laki-laki.

12. Yuru Camp

Daftar anime slice of life terbaik berikutnya ini diadaptasi dari serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Afro.

Manga tersebut pertama kali diserialkan pada tahun 2015, sementara untuk serial televisinya tayang perdana pada tahun 2018 lalu.

Yuru Camp menceritakan tentang gadis pecinta alam yakni Rin yang suka berkemah di pinggiran danau, dan Nadeshiko yang suka menjelajah dengan sepedanya.

Suatu hari keduanya bertemu dan sejak saat itu, Rind dan Nadeshiko melakukan perjalanan, berkemah, dan mengelilingi negeri bersama.

13. Danna ga Nani wo Itteiru ka Wakaranai Ken

Dikenal juga dengan nama “I Can’t Understand What My Husband Is Saying”, anime ini diadaptasi dari serial manga empat panel Jepang oleh Coolkyousinnjya. Untuk serial televisinya sendiri tayang perdana pada fall 2014 lalu.

Anime ini berpusat menceritakan kehidupan sehari-hari sepasang suami istri Kaoru, wanita pekerja keras dan suaminya Hajime, seorang blogger dan otaku.

Dalam anime ini kita disuguhkan banyak kiasan otaku, lelucon lucu, konflik antar karakter, serta dialog yang jenaka.

14. Super Cub

Anime ini tayang perdana pada spring 2021 lalu yang diadaptasi dari serial novel ringan Jepang ditulis Tone Koken dan diilustrasikan oleh Hiro.

Super Cub bercerita tentang Koguma, seorang gadis yatim piatu, tidak mempunyai hobi serta teman.

Suatu hari, karena jarak rumah dan sekolahnya yang cukup jauh, Ia memutuskan untuk membeli Honda Super Cub.

Tak disangka motor tersebut, membawa perubahan besar baginya. Bukan hanya pergi ke sekolah dengan mudah, namun Ia juga mendapat teman baru yang sama-sama mempunyai Super Cub.

Sejak saat itulah Ia dan teman-temannya selalu bersama bahkan pergi jauh dengan motor mereka.

15. Gakuen Babysitters

Rekomendasi anime slice of life berikutnya ini bercerita tentang Ryuuichi dan adiknya Kotarou yang harus kehilangan orang tua mereka karena kecelakaan pesawat.

Mereka pun kemudian diadopsi oleh ketua yayasan yang tidak pernah mereka temui sebelumnya. Anak dan menantu ketua yayasan itu sendiri merupakan korban dari pesawat yang ditumpangi oleh orang tua Ryuuichi.

Sehingga mereka sama-sama tidak mempunyai keluarga lagi. Sejak saat itulah, kehidupan baru Ryuuichi dimulai.

Anime ini dikenal juga dengan nama “School Babysitter”, merupakan adaptasi serial manga Jepang karya Hari Tokeino. Untuk serial televisinya sendiri tayang pada winter 2018 lalu.

16. Ijiranaide, Nagatoro-san

Merupakan sebuah anime komedi romantis adaptasi dari serial manga web Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Nanashi. Sementara serial animenya tayang perdana pada April 2021 lalu.

Ijiranaide, Nagatoro-san menceritakan tentang Naoto Hacioji, seorang siswa tahun kedua yang pendiam dan selalu menyendiri namun selalu menggambar manga di waktu luangnya.

Suatu ketika, siswi tahun pertama bernama Hayase Nagatoro menemukan manga miliknya kemudian dengan tiba-tiba memanggil Naoto.

Sejak saat itulah, Naoto selalu di jahili oleh Nagatoro hanya untuk melihat reaksinya saja. Lalu apakah perlakuannya tersebut hanya sebatas jahil belaka?.

17. Sakamoto Desu ga?

Adalah anime adaptasi serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Nami Sano. Untuk animenya sendiri tayang perdana pada spring 2016 lalu.

Anime berbalut komedi ini bercerita tentang Sakamoto, seorang siswa yang keren, ramah, agung bisa dibilang sempurna dalam berbagai hal.

Pesonanya tersebut bahkan membuat beberapa siswa lain pingsan da nada juga yang cemburu padanya.

Orang-orang yang cemburu tersebut termasuk gurunya mencoba untuk menjatuhkan pesona Sakamoto. Namun cara yang mereka lakukan malah membuat pesonanya semakin menjadi.

18. Karakai Jouzu no Takagi-san

Rekomendasi anime slice of life terbaik yang terakhir ini menceritakan tentang Nishikata, murid SMP yang selalu dijahili oleh Takagi seorang gadis yang duduk di sebelahnya.

Kejahilan yang dibuat gadis itu membuat Nishikata merasa harga dirinya hancur, oleh karena itulah Ia bersumpah untuk membalas perbuatan Takagi.

Meski begitu, aksi balas dendam yang dilakukannya justru membuat dirinya semakin hancur.

Itulah 18 rekomendasi anime slice of life terbaik yang harus kalian tonton, daftar tadi berdasarkan rating dan tingkat popularitasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *