19% Warga Bogor, PercayaTeori Konspirasi COVID-19

Bogor, Posbaru – Bima Arya, Wali Kota Bogor menyampaikan temuan menarik terkait dengan pandemi COVID-19 di Kota Bogor, Ia mengatakan bahwa ada 19% wagra Bogor yang percaya dengan teori konspirasi.

Mekipun begitu jumlah warga yang tidak percaya teori konspirasi COVID-19 lebih banyak, namun ada 50% warga yang belum menentukan sikap.

“Mayoritas warga enggak paham apa itu Covid-19, mereka merasa jauh dari Covid-19. Lalu dari survei, 19 persen percaya teori konspirasi, 29 persen enggak percaya teori konspirasi. Ada lagi 50 persen bingung, bisa jadi ya [percaya] bisa tidak,” ujarnya saat diskusi daring yang digelar Smart FM, Sabtu (12/9/2020).

Ia juga mengatakan Survei tersebut memiliki tingkat akurasi yang dapat dipertanggungjawabkan, penelitian tersebut dilakukan pada 21.000 responden yang bekerja sama dengan komunitas LaporCOVID-19 serta akademisi dari Nanyang Technological University.

Menurutnya, halis survey tersebut akan dijadkan rujukan pemkot dalam menentukan arah kebijakan, dan dari hasil survey tersebut, Ia menyadar bahwa edukasi yang dilakukan pihaknya terhadap warga masih kurang.

“Ada warga yang masih mengeluh kepada kami bahwa mereka tidak didatangi untuk diberi pemahaman soal Covid-19. Artinya ini edukasi memang masih kurang dan akan kami perbaiki,” katanya.

Anda Mungkin Suka