3 Cara Membuat Magnet dan Penjelasannya

Posbaru – Magnet adalah sebuah objek yang mempunyai suatu medan magnet, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) magnet merupakan bahan yang dapat menarik logam besi.

Magnet sendiri terbagi dua jenis berdasarkan cara pembuatannya yaitu magnet alam yang terbuat secara alami melalui proses alam dan magnet buata yang sengaja dibuat oleh manusia.

Faktanya, kita juga bisa membuat magnet sendiri dirumah dengan langkah yang mudah dengan 3 cara yakni.

1.Induksi

Cara membuat magnet yang pertama adalah dengan cara induksi, yang mana cara ini memanfaatkan pengaruh gaya magnet pada sebuah benda magnet elementer atau konduktor.

Untuk membuatnya siapkan terlebih dahulu magnet permanen dan sebuah benda logam yang akan diubah menjadi magnet seperti paku.

Kemudian letakan magnet permanen dan paku berdekatan dengan posisi vertikal lalu diamkan beberapa saat hinga daya magnet tersalurkan dan jika sudah maka paku dapat menarik logam-logam lain.

Meskipun begitu, jika paku dijauhkan dari magnet maka paku akan kehilangan sifat kemagnetannya, kecuali paku atau konduktor yang digunakan berbahan baja.

2.Elektromagnetik

Meski cara yang satu ini terbilang rumit, namun daya ketahanan magnetnya lebih kuat dibandingkan dengan teknik-teknik lain.

Caranya, siapkan baterai dan kawat berbahan besi untuk mengalirkan listrik ke konduktor seperti paku, lalu lilitkan kawat pada paku dan pastikan bahwa kawat dapat dihubungkan dengan kutub positif dan negatif baterai.

Kemudian beri selotip pada kawat besi yang dihubungkan ke kutub positif dan negatif, selanjutnya jika sudah terhubung maka aliran listrik searah akan mengalir melalui kawat besi dan menyebabkan paku yang terlilit kawat mempunyai daya magnet yang dapat menarik benda logam.

3.Menggosok

Siapkan magnet permanen dan benda yang akan dijadikan magnet contohnya paku, kemudian gosokan magnet dan paku secara searaha dengan beraturan, dimana gerakan tersebut dapat membuat paku menjadi magnet.

Itulah tiga cara membuat magnet yang dapat kalian lakukan dirumah, dan jika kalian ingin mencobanya tetap harus mengutamakan keselamatan terutama membuat magnet dengan cara elektromagnetik.