40 Daftar Anime Terpopuler di Tahun 2021, Terbaru!

Posbaru – Terdapat banyak sekali anime yang rilis di tahun ini dari berbagai genre dari mulai action hingga fantasy. Walaupun begitu, hanya ada beberapa anime terpopuler di tahun 2021 yang memiliki banyak penonton.

Anime ini rilis mulai dari spring, summer, fall, hingga winter 2021. Adapun daftar anime terpopuler 2021 adalah sebagai berikut.

Spring 2021

Anime Spring (Kuartal Pertama) adalah jadwal rilis penayangan anime dimana “Spring” menandakan Musim Semi Jepang. Yang terjadi rentang bulan Maret hingga april setiap tahunnya.

1. Tokyo Revengers

Anime ini merupakan adaptasi serial manga Jepang, di tulis dan di ilustrasikan oleh Ken Wakui dan Pada 11 April 2021 lalu, anime ini tayang perdana di beberapa platform streaming.

Tokyo Revengers menceritakan tentang seorang pekerja bernama Hanagaki Takemichi yang selalu merasa dirinya adalah pecundang.

Perasaan bersalah itu muncul karena orang yang dicintainya bernama Tachibana Hinata harus mati akibat perseteruan gangster “Tokyo Manji”. Suatu hari Hanagaki tiba-tiba di dorong seseorang ke perlintasan ketika sebuah kereta melaju kencang.

Bukannya kematian yang Ia hadapi malah sebaliknya. Hanagaki kembali ke masa lalu tepatnya ketika Ia masih di bangku SMP.

Kejadian tersebut membuatnya berfikir untuk mengubah takdir dan menyelamatkan kekasihnya.

2. Fumetsu no Anata e

Anime ini dikenal juga dengan nama “To Your Eternity”, merupakan adaptasi serial manga Jepang yang di tulis dan di ilustrasikan oleh Yoshitoki ima.

Untuk serial tv nya tayang perdana pada 12 April 2021 lalu.

Fumetsu no Anata e berkisah tentang anak laki-laki kesepian yang tengah berada di Wilayah Arktik yang mana suatu hari Ia tidak sengaja bertemu dengan seekor serigala liar. Pertemuan tersebut membuat mereka menjadi sahabat yang saling membutuhkan satu sama lain untuk bertahan hidup di kawasan tersebut yang terkenal sangat keras.

3. Ijiranaide, Nagatoro-san

Merupakan salah satu rekomendasi anime komedi terlucu, adaptasi serial manga web Jepang yang di tulis dan di ilustrasikan oleh Nanashi.

Ijiranaide, Nagatoro-san menceritakan tentang Naoto Hacioji, seorang siswa tahun kedua yang pendiam dan selalu menyendiri namun selalu menggambar manga di waktu luangnya.

Suatu ketika, siswi tahun pertama bernama Hayase Nagatoro menemukan manga miliknya kemudian dengan tiba-tiba memanggil Naoto.

Sejak saat itulah, Naoto selalu di jahili oleh Nagatoro hanya untuk melihat reaksinya saja. Lalu apakah perlakuannya tersebut hanya sebatas jahil belaka?.

4. Hige wo Soru. Soshite Joshikousei wo Hirou

Sebuah anime komedi romantis yang dikenal juga dengan nama “Higehiro: After Being Rejected, I Shaved and Took in a High School Runaway”.

Anime ini merupakan adaptasi serial novel ringan Jepang yang di tulis oleh Shimesaba dan di ilustrasikan Booota.

Hige wo Soru menceritakan tentang seorang pekerja kantoran bernama Yoshida, Ia baru saja di tolak oleh atasnnya. Padahal selama 5 tahun ini, Ia telah memendam cinta yang begitu besar padanya.

Ketika dalam perjalanan pulang, dalam keadaan mabuk Ia bertemu dengan seorang gadis SMA bernama Ogiwara Sayu.

Gadis tersebut ternyata sedang kabur dari rumah, Sayu pun meminta Yoshida agar bisa tinggal di rumahnya.

Dalam keadaan setengah sadar, Yoshida pun menyetujuinya. Sejak saat itulah Ia tinggal bersama dengannya menjalani hari seperti sepasang kekasih.

5. 86

Rekomendasi anime sepanjang tahun 2021 yang berikutnya adalah adaptasi serial novel ringan fiksi ilmiah Jepang. Yang di tulis Asato dan di ilustrasikan oleh Shirabi.

86 bercerita tentang, Republik San Magnolia telah dikepung oleh Kekaisaran Giadian yang memiliki banyak drone tanpa awak (Legium). Setelah melakukan penelitian bertahun-tahun, akhirnya Republik San Magnolia memiliki drone mereka sendiri untuk meminimalisir prajurit yang terluka.

Namun ternyata mereka telah berbohong kepada masyarakat, karena sekali tidak ada perang tanpa pertumpahan darah. Bahkan yang dikerahkan adalah sekelompok orang buangan yang memang sengaja dijadikan alat perang.

6. Vivy: Fluorite Eye’s Song

Serial televisi anime ini diproduksi oleh Wit Studio yang di buat Tappei Nagatsuki dan Eiji Umehara, berdasarkan manga oleh Morito Yamataka.

Anime ini bercerita tentang AI (Artificial intelligence/Kecerdasan Buatan) cantik bernama Vivy. Ia merupakan AI pertama yang mempunyai kesadaran sendiri.

Vivy hanya mempunyai satu misi, yakni membuat semua orang bahagia dengan bernyanyi. Oleh Karena itulah setiap harinya diisi dengan kegiatan bernyanyi, sembari mencari makna dari “Bernyanyi Sepenuh Hati” yang sempat dikatakan oleh penciptanya.

Hingga suatu hari, sebuah program dari masa depan tiba-tiba masuk ke dalam pikirannya. Program tersebut memperlihatkan dunia di masa depan yang mana para AI lepas kendali dan berperang melawan manusia.

Lalu bagaimana sikap Vivy atas program dari masa depan tersebut?.

7. Sentouin, Hakenshimasu!

Anime ini merupakan adaptasi seri novel ringan Jepang di tulis Natsume Akatsuki dan di ilustrasikan oleh Kakao Lanthanum.

Sentouin, Hakenshimasu! atau Combatants Will Be Dispatched menceritakan tentang  kelompok rahasia yang memiliki misi untuk menguasai dunia.

Mereka diantaranya terdiri dari ilmuan eksentrik yang selalu memakai pakaian minim sebagai pimpinan, serta agen nomor 6 pejuang paling kuat dan setia.

Agen nomor 6 diberi tugas untuk melakukan pengamatan terhadap alien tidak dikenal bersama dengan partner androidnya.

Namun mereka malah menemukan mahkluk lain yang tak terduga, apakah itu?.

8. Tensura Nikki: Tensei shitara Slime Datta Ken

Rekomendasi anime terpopuler di tahun 2021 yang berikutnya ini merupakan anime isekai harem dengan mc overpower. yang juga adaptasi dari seri novel ringan Jepang di tulis Fuse dan di ilustrasikan oleh Mitz Vah.

Berawal ketika, Satoru Mikami seroang pria berusia 37 tahun menjadi korban penyerang acak di jalanan.

Ia pun hidup kembali menjadi slime di dunia baru, meski hanya slime Satoru bisa berteman dengan naga terkuat bernama Veldora dan mempunyai kekuatan tak tertandingi oleh rata-rata orang dunia tersebut.

Bahkan dirinya dapat berubah bentuk menjadi sosok yang dimakannya. Dalam dunia baru tersebut Ia mengubah namanya menjadi Rimuru Tempest.

9. Odd Taxi

Serial televisi ini diproduksi oleh OLM dan P.I.C.S yang tayang perdana pada 6 April 2021 lalu di Jepang.

Odd Taxi menceritakan tentang menceritakan tentang Odokawa, supir taksi pemarah yang selalu menjelajahi Tokyo serta bertemu dengan penumpang unik.

Anime ini mulai menarik ketika odokawa dapat mengetahui misteri terkait hilangnya siswa SMA.

10. Shaman King (2021)

Serial ini berdasarkan seri manga berjudul sama yang di tulis dan di ilustrasikan oleh Hiroyuki Takei. Anime ini pertama kali tayang pada 1 April 2021 lalu di TV Tokyo.

Shaman King menceritakan tentang siswa SMA bernama Manta yang bertemu dengan Yoh Asakura, seorang dukun muda dengan kemampuan berbicara kepada roh. Ia juga bisa membiarkan roh tersebut menggunakan tubuh serta kekuatannya.

Ketika itu, Asakura sendiri sedang berusaha menjadi Shaman King melalui pertadingan antar dukun (Shaman Fight). Namun di sisi lain Ia juga harus bisa mengatasi sebuah kejahatan besar.

Summer 2021

Anime Summer (Kuartal Kedua) ditayangkan pada musim panas (Summer) yang terjadi di Jepang pada rentang bulan Juni hingga Agustus setiap tahunnya.

1. Vanitas no Karte

Rekomendasi anime terpopuler di tahun 2021 ini di adaptasi dari manga buatan Jun Mochizuki.

Vanitas no Karte menceritakan tentang vampir yang dikenal sebagai vanitas dan dibenci oleh rasnya sendiri karena lahir di bawah bulan purnama biru.

Kesendirian dan rasa takut membuatnya menciptakan sebuah buku “Vanitas”.

Seorang pria muda dari paris abad ke-19, mulai bepergian ke seluruh dunia untuk mencari buku tersebut.

Suatu hari, Ia diserang oleh para vampir yang membuatnya bertemu dengan seorang dokter spesialis vampir.

Dokter tersebut memberinya nama dan sebuah teks dari legenda vanitas serta menggunakan grimoire untuk menyembuhkan pasiennya.

Tapi, dibalik sifatnya yang baik ternyata ada suatu hal menyeramkan. Apakah itu?.

2. Kanojo mo Kanojo

Anime ini menceritakan tentang seorang lelaki bernama Naoya yang baru saja berpacaran dengan teman masa kecilnya bernama Saki.

Setelah berpacara hubungan keduanya semakin akrab dan baik-baik saja. Suatu hari Naoya di tembak oleh seorang gadis baik hati dan imut bernama Nagisa.

Naoya pun tidak mau melepaskan gadis tersebut, tapi tidak mau juga melepaskan pacarnya yang sekarang.

Lalu bagaimana caranya menghadapi situasi ini?.

3. Bokutachi no Remake

Sebuah serial anime berdasarkan novel ringan Jepang yang di tulis oleh Nachi Kio dan di ilustrasikan oleh Eretto.

Bokutachi no Remake atau dikenal juga dengan “Remake Our Life” menceritakan kisah seorang lelaki yang bekerja sebagai programmer.

Suatu hari perusahaan mengalami kebangkrutan karena semua game yang diciptakan tidak laku di pasaran.

Akibat hal itu, Ia menjadi pengangguran dan jomblo yang memiliki masa depan suram.

Namun, sebuah keajaiban terjadi karena saat terbangun dari tidurnya. Ia tiba-tiba kembali ke masa lalu tepatnya saat sebelum masuk perguruan tinggi. Sejak saat itulah, Ia mencoba untuk membuat hidupnya lebih baik di masa depan.

4. Seirei Gensouki

Anime ini bercerita tentang Haruto Amakawa, pemuda yang meninggal dan terlahir kembali menjadi seorang anak kecil bernama Rio.

Di kehidupan barunya, Ia menjadi anak yatim dan tinggal di daerah kumuh.

Rio yang masih kecil, mempunyai misi untuk membalaskan dendam kematian ibunya yang dibunuh lelaki tak dikenal.

Karena ingatannya di kehidupan sebelumnya terus pulih, Ia pun memanfaatkannya agar dapat hidup lebih baik lagi. Bahkan Ia juga sempat menyelamatkan seorang anak kerajaan, yang membuatnya di beri beasiswa di sekolah elite.

Meski menjadi murid terpintar, Ia selalu di rudung karena satu-satunya anak miskin.

Lalu apakah Ia berhasil melewati itu semua dan membalaskan dendam pada pembunuh Ibunya?.

5. Tsuki ga Michibiku Isekai Douchuu

Anime ini merupakan adaptasi novel ringan Jepang, di tulis Kei Azumi dan di ilustrasikan oleh Mitsuaki Matsumoto.

Tsuki ga Michibiku Isekai Douchuu menceritakan tentang, anak SMA bernama Misumi Makoto yang dipanggil ke dunia lain untuk menjadi pahlawan.

Namun setibanya di sana, sang Dewi dunia itu malah menghina dan membuangnya ke ujung dunia.

Meski begitu, karena perbedaan yang besar antara bumi dan dunia baru itu membuat Makoto mempunyai kekuatan besar dan ilmu sihir layaknya dewa.

Sejak itulah Ia membuat dunia baru menggunakan sihir bernama “Ruang Iblis”. Dunia yang di buatnya berisi para monster yang di benci sang dewi.

Akibatnya suatu hari, Ia di jebak sang dewi untuk dibunuh oleh dua orang wanita manusia.

Apakah Ia berhasil selamat?.

6. Genjitsu Shugi Yuusha no Oukoku Saikenki

Di kenal juga dengan nama  “How a Realist Hero Rebuilt the Kingdom” atau Re:Construction – The Elfrieden Kingdom Tales of Realistic Brave”.

Bercerita tentang Kazuya Souma yang dipanggil ke dunia lain untuk menjadi pahlawan.

Namun, pahlawan yang dimaksud tidak seperti pada umumnya. Karena raja akan menjualnya ke kerajaan tetangga agar perekonomian negara itu dapat teratasi.

Mendengar hal itu, Kazuya pun menolaknya dan memilih untuk tinggal di kerajaan tersebut sembari menyelesaikan semua permasalahan kenegaraan.

Raja yang kagum pada kepintarannya, tiba-tiba mengangkat Kazuya menjadi raja sekaligus menjodohkannya dengan putri kerajaan itu.

Meski terlihat mulus, namun langkah yang diambilnya banyak menimbulkan kecaman dari berbagai pihak terutama para bangsawan korup.

7. Sonny Boy

Merupakan serial televisi anime Jepang yang di animasikan oleh Madhouse, di tulis dan d isutradarai Shingo Natsume.

Sonny Boy menceritakan tentang siswa kelas 3 SMP Nagara yang kembali masuk sekolah setelah libur musim panas berakhir.

Namun, ketika pertama masuk tiba-tiba sekolah masuk ke dalam situasi yang aneh karena bisa melayang ke dimensi berbeda.

Lalu bagaimana para siswa menghadapi keanehan tersebut?.

8. Jahy-sama wa Kujikenai!

Rekomendasi anime terpopuler di tahun 2021 yang berikutnya ini merupakan salah satu anime comedy terlucu yang tayang perdana pada Agustus lalu.

Jahy-sama wa Kujikenai! atau “The Great Jahy Will Not Be Defeated!” menceritakan tentang Raja Iblis Jahy yang terdampar ke dunia manusia dengan wujud anak kecil.

Hal itu terjadi karena, seorang penyihir menyerang permata berkekuatan besar yang menyebabkan hancurnya alam iblis.

Kejadian tersebut membuatnya harus terbiasa dengan kehidupan baru, sembari berusaha mengumpulkan kembali permata agar dapat mengembalikan semuanya.

9. My Next Life as a Villainess: All Routes Lead to Doom!

Adalah serial anime adaptasi seri novel ringan Jepang yang di tulis Satoru Yamaguchi dan di ilustrasikan oleh Nami Hidaka. Anime ini dikenal juga dengan nama “Otome Gēmu no Hametsu Furagu Shika Nai Akuyaku Reijō ni Tensei Shite Shimatta”.

Bercerita tentang Cataerina Claes, seorang putri muda bangsawan yang kembali mendapat ingatan di kehidupan yang sebelumnya.

Sejak itulah ia menyadari bahwa dirinya telah dilahirkan kembali ke dunia game “otome Fortune Lover” sebagai karakter penjahat.

Oleh sebab itulah, Ia berusaha untuk tidak terlibat dan berakhir mengerikan seperti game yang dimainkannya dahulu.

10. Shinigami Bocchan to Kuro Maid

Merupakan anime adaptasi dari seri manga Jepang, karya Koharu Inoue.

Shinigami Bocchan to Kuro Maid menceritakan tentang anak bangsawan yang dikutuk penyihir.

Kutukan tersebut membuat semua yang disentuh olehnya akan musnah.

Akibatnya Ia diasingkan oleh keluarganya ke rumah di tengah hutan bersama pembantu bernama Alice yang setia melayaninya bahkan tak jarang menggodanya.

Fall 2021

Anime Fall (Kuartal Ketiga) adalah penayangan anime pada musim gugur (fall), yang terjadi di Jepang pada rentang bulan September hingga November setiap tahunnya.

1. Blue Period

Rekomendasi anime terpopuler 2021 ini merupkan adaptasi seri manga Jepang, di tulis dan di ilustrasikan oleh Tsubasa Yamaguchi.

Blue Period menceritakan tentang Yatora Yahuchi, siswa SMA tahun kedua yang bosan dengan hidup normalnya.

Untuk mencoba mengungkapkan perasannya tersebut melalui lukisan. Sejak saat itulah Yatora tertarik pada seni dan memutuskan untuk mencari nafkah.

Meski begitu, banyak yang rintangan yang harus dihadapinya, termasuk orang tua yang ragu atas pilihan tersebut.

2. Komi-san wa, Comyushou desu

Anime ini diadaptasi dari seri manga Jepang, di tulis dan di ilustrasikan oleh Tomohita Oda.

Komi-san wa, Comyushou Desu atau Komi Can’t Communicate menceritakan tentang Shouko Komi yang mendapat banyak perhatian dan pujian di hari pertama masuk sekolah. Karena kecantikannya tersebut, Ia bahkan dianggap dewi oleh teman-temannya sendiri.

Padahal dibalik semua itu, Komi mempunyai masalah karena sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain. Masalah tersebut hanya diketahui oleh temannya Hitohito Tadano.

Tadano yang mengetahui itu memutuskan untuk membantu Komi menyelesaikannya.

3. Takt Op. Destiny

Rekomendasi anime terpopuler 2021 ini bercerita tentang dunia yang berubah ketika sebuah meteorit hitam menghasilkan monster aneh jatuh ke bumi.

Hingga monster tersebut akhirnya menguasai tanah serta penduduk bumi, bahkan membuat peraturan aneh seperti melarang musik.

Walaupun begitu, terdapat beberapa gadis yang menentang mereka dan bermain musik dipimpin oleh seorang konduktor. Mereka menggunakan musik untuk bisa mengalahkan para monster.

4. Platinum End

Adalah sebuah anime adaptasi seri manga Jepang yang ditulis oleh Tsugumi Ohba dan diilustrasikan oleh Takeshi Obata.

Platinum End menceritakan tentang Mirai Kakehashi, seorang remaja yang mencoba bunuh diri usai lulus dari SMP.

Alasannya adalah kondisi keluarganya yang tidak nyaman, walaupun begitu setiap mencoba bunuh diri. Ia selalu diselamatkan oleh malaikat bernama Nasse, bahkan malaikat tersebut memberinya kekuatan.

Selain itu, malaikat memberi tahu padanya bahwa Mirai dapat menjadi tuhan apabila bisa mengalahkan 12 kandidat lain dalam 999 hari.

5. Mieruko-chan

Merupakan sebuah adaptasi serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tomoki Izumi.

Mieruko-chan menceritakan gadis SMA bernama Miko Yotsuya yang berusaha bersikap biasa saja dan menganggap hantu yang selama ini dapat dilihatnya itu tidak ada.

Bahkan para hantu itu dapat berbicara kepadanya, namun Miko tetap berusaha tidak menganggap semua itu.

6. Sekai Saikou no Ansatsusha, Isekai Kizoku ni Tensei suru

Anime ini cocok bagi para pecinta anime isekai terlebih karakter utamanya terlihat cukup overpower. Sekai Sikou diadaptasi dari novel ringan Jepang yang ditulis Rui Tsukiyo dan diilustrasikan oleh Reia.

Bercerita tentang pembunuh bayaran yang berinkarnasi ke dunia lain dengan pengetahuan dan pengalaman yang masih di ingatnya.

Di dunia baru yang terdapat sihir itu, Ia ditugaskan oleh dewi untuk membunuh sang pahlawan dunia.

7. Ousama Ranking

Rekomendasi anime terpopuler 2021 ini dikenal juga dengan nama Ranking of King’s. sebuah adaptasi dari serial manga Jepang karya Sosuke Toka.

Ousama Ranking menceritakan tentang pangeran kerajaan bertubuh kecil, yang tidak bisa bicara dan mendengar dengan baik bernama Bojji. Meski begitu Ia adalah putra sulung yang akan menjadi raja menggantikan ayahnya.

Oleh sebab itulah Ia berusaha keras untuk menjadi raja terbaik dan terhebat di dunia. Lalu bagaimana caranya meraih itu semua?.

8. Saihate no Paladin

Sebuah adaptasi novel ringan Jepang, ditulis Kanata Yanagino dan diilustrasikan oleh Kususaga Rin.

Saihate no Paladin Bercerita tentang kota kematian yang telah lama hancur dan jauh dari peradaban manusia. Di kota tersebut lahir seorang anak bernama Will.

Meski manusia Ia dibesarkan oleh tiga undead yakni Blood (Prajurit), Marry (Wanita Pendera), dan Gus (Penyihir).

Ketiga undead tersebut membesarkan will dengan penuh cinta, bahkan mengajarinya semua hal yang mereka ketahui.

Ketika Will mulai besar, Ia bertanya-tanya siapakah dirinya yang sebenarnya. Hingga pertanyaan tersebut membawanya menjadi seorang paladin untuk mengungkap misteri tersebut.

9. Kaizoku Oujo

Dikenal juga dengan nama “Fena: Pirate Princess” merupakan serial anime Jepang, yang diproduksi oleh “Production I.G”.

Kaizoku menceritakan tentang Fena Houtman, gadis yatim piatu yang dirawat di sebuah rumah bordil.

Di sana Menganggap dirinya hanyalah barang dan tidak mempunyai masa depan sama sekali. Oleh sebab itulah Fena kabur ke sebuah pulau yang berisi rombongan bajak laut.

Di sana Ia mulai mendapatkan kehidupan layak, sehingga Fena memutuskan untuk menjadi bajak laut.

Baca Juga: Rekomendasi Anime Slice of Life Terbaik Sepanjang Massa!

10. Shin no Nakama ja Nai to Yuusha no Party wo Oidasareta node, Henkyou de Slow Life suru Koto ni Shimashita

Baru saja tayang pada 6 Oktober lalu, anime ini merupakan adaptasi seri novel ringan Jepang. Di tulis Zappon dan diilustrasikan oleh Yasumo.

Bercerita tentang Red yang seharusnya bergabung dalam party pahlawan untuk melawan raja iblis.

Sayangnya Ia diusir dari party lalu memutuskan untuk membuka toko obat di perbatasan.

Meski begitu kehidupannya tidak mudah seperti yang Ia bayangkan.

Selain itu, seorang petualang cantik dari masa lalunya tiba-tiba muncul dan meminta untuk tinggal bersama.

Winter 2021

Anime Winter (Kuartal Keempat) ditayangkan selama musim dingin di Jepang. terjadi pada rentang bulan Desember hingga Februari tahun berikutnya.

*data belum ada*