5 Arahan Jokowi Tentang Transformasi Digital

Jakarta, Posbaru – Transformasi digital di masa pandemi maupun setelah pandemi akan mengubah struktur cara kerja, beraktivitas, berkonsumsi, belajar, dan bertransaksi menjadi daring (online).

Hal tersebut disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada saat rapat Terbatas mengenai Perencanaan Transformasi Digital, Senin, 3 Agustus 2020 di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta.

Menurutnya perubahan tersebut harus segera diantisipasi, disiapkan, dan direncanakan dengan matang. Untuk itu Jokowi memberikan 5 arahan untuk mengantisipasi hal tersebut, yakni :

  1. Perluasan Akses & Peningkatan Infrastruktur Digital, diantaranya adalah penyediaan layanan internet pada 12.500 desa/Kelurahan dan di titik-titik layanan publik.
  2. Roadmap Transformasi Digital, mempersiapkan roadmap transformasi digital di Sektor Strategis, baik dalam pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri, dan penyiaran.
  3. Mempercepat Intergrasi Pusat Data Nasional
  4. Menyiapkan Kebutuhan SDM Talenta Digital, Jokowi mengatakan bahwa hal ini sangat penting, sebab Negara membutuhkan talenta digital sekitar 9 juta orang untuk 15 tahun kedepan.
  5. Jokowi meminta skema-skema pendanaan serta pembiayaan transformasi digital untuk segera dipersiapkan dengan cepat.
Bagikan ?

Anda Mungkin Suka