5 Cara Menghemat Air yang Mudah Untuk Dilakukan

Posbaru – Air bersih kian hari, kian tahun keberadaannya semakin sedikit, oleh sebab itu sebagai manusia kita harus menjaga stok air bersih dengan baik dan benar salah satunya adalah dengan cara menghemat air.

Perlu diketahui bahwa menurut beberapa sumber, jumlah air bersih di bumi hanya kurang dari 1%, hal ini terjadi karena pertumbuhan jumlah penduduk dan industri yang ada di dunia.

Adapun cara menghemat air yang baik dan benar adalah sebagai berikut.

1. Lakukan Penyiraman yang baik dan benar

Tidak menggunakan air secara berlebihan saat melakukan aktivitas penyiraman seperti mencuci kendaraan, menyiram tanaman, penyiraman tinja, dan lain sebagainya. Gunakan air bersih secukupnya dan sebaik-baiknya ketika melakukan kegiatan penyiraman.

Contohnya lakukan penyiraman tanaman di pagi hari, sebab penyiraman yang dilakukan pada siang hari sangat tidak efektif karena air akan menguap sebelum diserap oleh tanaman. Selain menggunakan air bersih, kalian juga bisa menggunakan air bekas pencucian beras atau air tampungan hujan untuk menyiram tanaman.

2. Perbaiki Kebocoran Pipa Air

Jika ada saluran air bersih yang bocor di rumah kalian maka segera perbaiki, sebab hal ini sering kali disepelekan oleh beberapa orang namun akibat yang ditimbulkannya sangat besar dan apabila diperbaiki dengan segera maka penghematan dan penggunaan air yang baik dapat terwujud.

3. Gunakan Pancuran Mandi

Menurut beberapa sumber, mandi menggunakan gayung terbukti lebih boros sebab biasanya menghabiskan sekitar 15 liter air per sekali mandi, sedangkan jika menggunakan pancuran mandi (pancuran air) dapat menghemat air sekitar 60%.

4. Gunakan Air Kembali

Memang tidak semua air yang telah digunakan dapat dipakai kembali namun ada beberapa aktivitas seperti mencuci buah, sayuran, beras, dan lainnya yang airnya masih bisa dipakai untuk hal lain salah satu contohnya adalah menyiram tanaman.

Jadi jika sekiranya air masih bisa digunakan untuk hal lain, janganlah dibuang secara Cuma-Cuma.

Baca Juga : Tempat Wisata di Luar Pulau Jawa yang Wajib Dikunjungi

5. Menampung Air Hujan

Tampung air hujan dengan benar dan pastikan tertutup sebab jika tidak malah akan menjadi sarang berkembang biak nyamuk. Nah kelebihan dari menampung air hujan adalah kita dapat menggunakannya untuk menyiram tanaman atau mencuci kendaraan.

Itulah beberapa cara menghemat air yang dapat dengan mudah dilakukan oleh kita di rumah, menghemat air sangat amat bermanfaat bagi kehidupan manusia, sebab jika tidak ada air bersih maka manusia tidak dapat bertahan lagi di bumi ini.