5 Gunung Favorit dikunjungi di Jawa Barat

5 Gunung Paling Favorit dikunjungi di Jawa Barat

Posbaru – Jawa Barat mempunyai banyak Gunung favorit para pendaki baik untuk pemula maupun profesional, gunung-gunung di provinsi ini juga mempunyai keindahan alam yang sangat menakjubkan ditambah lagi udaranya yang segar membuat siapapun terlena.

Nah gunung apasajakah itu ?, berikut ulasannya.

1.Gunung Cikuray

Foto Diambil Oleh @purwaali

Gunung ini terletak di Kab.Garut Jawa Barat, dengan tinggi 2.818 Mdpl membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mencapai puncaknya.

Selain itu, jalurnya terbilang cukup ekstrim membuat gunung ini cocok bagi para pendaki yang ingin meningkatkan kemampuan mendakinya, dan jangan lupa pemandangan yang indah akan kalian dapatkan di gunung ini.

2.Gunung Ciremai

Foto Diambil Oleh @purwaali

Gunung ini berada di tiga Kabupaten tepatnya di Kab.Cirebon, Kab.Kuningan, dan Kab.Majalengka serta termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dengan ketinggian 3.078 Mdpl, selain itu, Gunung ini adalah Gunung tertinggi di Jawa Barat.

Ciremai mempunyai jalur pendakian yang terbilang ekstrim, walaupun demikian Gunung ini sangat banyak dikunjungi sebab mempunyai pemandangan alam yang indah plus sangat bagus bagi kalian yang mencari spot foto Instagramable.

3.Gunung Gede dan Pangrango

Foto Diambil Oleh @purwaali

Gunung Gede yang memiliki ketinggian 2.958 Mdpl ini bersebelahan dengan Gunung Pangrango yang mempunyai ketinggian 3.019 Mdpl.

Kedua Gunung ini berada di 3 Kabupaten yakni Kab.Cianjur, Kab.Bogor, dan Sukabumi, karena jaraknya yang lumayan dekat dari Ibu Kota maka gunung ini juga banyak dikunjungi para wisatawan atau pendaki. Selain itu, di Gunung ini terdapat Hutan Hujan Tropis.

4.Gunung Puntang

Gunung yang berada di Kab.Bandung tepatnya di Pangalengan ini sangat cocok untuk para pendaki pemula, Gunung dengan tinggi 2.224 Mdpl ini banyak diminati oleh wisatawan dan pendaki sebab selain mendaki kita juga bisa melakukan aktivitas lain.

Puntang juga sering digunakan oleh para Pramuka. Keindahan alam di gunung ini sangat bagus dengan biaya masuk sekitar 30 ribu kalian dapat masuk ke gunung ini, selain itu di Gunung ini terdapat situs peninggalan jaman Belanda dan Jepang seperti gua dan reruntuhan bangunan dan juga terdapat sungai yang airnya masih jernih.

5.Gunung Papandayan

Gunung yang terletak di Kab.Garut, Kecamatan Cisurupan ini, mempunyai tinggi 2.665 Mdpl, Papandayan juga menjadi destinasi wisata favorit bagi para pendaki maupun wisatawan.

Di Gunung ini terdapat 4 kawah besar sebelum letusan pada tahun 2002 dan setelah itu ke-4 kawah bersatu menjadi satu kawah besar yang dapat kita lihat dari kejauhan.

Baca Juga : Hutan : Pengertian, Definisi, Jenis, dan Manfaat

Selain itu, Gunung ini juga terkenal dengan hutan matinya yang eksotis, bahkan tempat tersebut telah dijadikan setting untuk membuat video klip.

Itulah 5 gunung yang banyak dikunjungi di Jawa Barat, mungkin salah satunya akan menjadi tujuan pendakian kalian atau juga bisa digunakan sebagai spot foto yang Instagramable.

Anda Mungkin Suka