5 Gunung Tertinggi Benua Asia, Keindahan yang Menggoda!

Posbaru – Benua Asia dikelilingi oleh lanskap alam termasuk deretan gunung yang indah. Bahkan salah satu gunung tertinggi di dunia “Everest” berada di Asia yang juga menjadi daya tarik bagi para pendaki. Selain gunung tersebut, masih banyak lagi gunung tertinggi di benua asia yang dapat kalian nikmati pesonanya.

Adapun 5 gunung tertinggi di benua asia adalah:

1. Gunung Everest

Seperti disebutkan tadi, Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung tertinggi di benua Asia ini terletak di perbatasan Nepal dan Tibet. Meski mempunyai keindahan alam yang menakjubkan, sayangnya masih banyak sampah bekas para pendaki terdahulu yang sulit untuk dibersihkan.

Hal ini karena, kondisi suhu dan medan di gunung Everest yang sulit untuk dilewati. Walaupun begitu, usaha pembersihan masih dilakukan oleh berbagai kalangan.

2. Gunung K2

Gunung tertinggi di benua asia yang ke dua adalah “K2”, gunung ini terletak di perbatasan Pakistan dan China.

Keindahan gunung ini juga menjadi daya tarik utama bagi para pendaki, walaupun untuk mencapai puncaknya harus melewati medan yang tak ramah.

Bahkan saking sulitnya medan yang dilalui, gunung dengan ketinggian sekitar 6.614 mdpl ini dijuluki “Savage Mountain”.

3. Gunung Kangchenjunga

Mempunyai ketinggian sekitar 8.586 mdpl, gunung ini terletak diantara Nepal dan India. Hampir sama dengan gunung-gunung sebelumnya, Kangchenjunga memiliki karakteristik bersalju dengan suhu ekstrem.

Nama Kangchenjunga berarti “Lima Harta Karus Salju” karena mempunyai 5 puncak yang empat diantaranya memiliki ketinggian lebih dari 8.000 meter.

Baca Juga: 5 Gunung di Jawa Barat yang Paling Banyak Diminati Pendaki!

4. Gunung Puensum

Terletak di perbatasan Tibet dan Bhutan yang dikenal juga dengan nama “Gangkhar Puensum”.

Meski masuk daftar keempat gunung tertinggi di benua Asia dengan ketinggian sekitar 7.570 mdpl, gunung ini belum pernah berhasil didaki oleh siapa pun.

Bahkan para pendaki yang mencoba menaklukan gunung ini pada tahun 1985 gagal mencapai puncak.

Jika ingin mencoba pun kalian tidak akan bisa, karena sejak tahun 2003 semua gunung di Bhutan dilarang untuk didaki demi menghormati kepercayaan setempat.

Sehingga sampai hari ini, puncak gunung tersebut masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

5. Gunung Ismail Samani

Gunung ini dikenal juga dengan nama Puncak Ismail Samani yang berada di Tajikistan. Nama gunung diambil dari leluhur mereka Wangsa Samani, Ismail Samani.

Berdasarkan sejarah, gunung dengan ketinggian 7.495 mdpl ini pernah menjadi gunung tertinggi di Kekaisaran Rusia dan Uni Soviet.

Maka jangan heran, beberapa daerah gunung dinamakan berdasarkan tokoh dari negara tadi.

Itulah 5 gunung tertinggi di Asia, meski sangat indah dan layak dikunjungi namun medan serta biaya yang diperlukan sangatlah tinggi.