5 Ide Konten Langka Untuk YouTube

Posbaru – Banyaknya konten video di YouTube, membuat orang yang ingin membuat saluran YouTube, bingung ingin membuat konten tentang apa di YouTube. Karena konten langka di YouTube sulit untuk dicari.

Jenis konten atau kategori konten memang perlu di rencanakan sebelum membuat saluran YouTube, karena konten yang bagus dan kategori yang konsisten pastinya akan menarik penonton untuk berlangganan saluran YouTube kalian.

Untuk itu, kali ini Posbaru akan memberikan beberapa pilihan jenis konten langka di Indonesia yang bisa kalian buat, dan tentunya bisa bersaing dengan saluran YouTube lainnya, asalkan kalian konsisten dan fokus dalam membuatnya.

Konten atau kategori YouTube yang kami rekomendasikan jarang ditemukan di Indonesia, oleh sebab itu kompetisi untuk mendapatkan pelanggan YouTube dengan channel lain sangat kecil, sehingga kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan (subscriber) dan tayangan (view) akan lebih mudah.

1. Pembelajaran

Pembelajaran atau edukasi memang sebuah kategori konten yang tidak mudah untuk dibuat, karena diperlukan waktu dan persiapan yang matang agar materi dalam konten dapat tersampaikan dengan baik.

Namun konten kategori edukasi sangat jarang di Indonesia dan yang paling terkenal adalah saluran YouTube Sisi Terang, kalian bisa menyainginya dengan cara penyampaian dan isi yang berbeda.

Jika kalian coba dan dilakukan dengan serius serta konsisten, pastinya akan memiliki banyak pelanggan dan penonton, karena konten berkategori edukasi ini memberikan banyak sekali manfaat bagi penontonnya.

Baca Juga: Daftar Situs Edit Video Online Gratis

2. DIY/Hacks

Kategori konten DIY di Indonesia sendiri memiliki peminat yang sangat banyak. Konten yang menawarkan kreativitas atau keterampilan kalian yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari ini bisa memiliki penonton dan pelanggan yang banyak, jika kalian membuat isi konten dalam video secara jelas dan baru, maksudnya baru disini adalah tidak ada di saluran YouTube lain.

Selain DIY kalian juga bisa membuat saluran YouTube Hacks, Maksud Hacks disini menyajikan konten proses pembuatan suatu alat seperti palu thor, pedang, topeng iron man dan masih banyak lainnya. Jika kalian bingung lihatlah contoh saluran hacks luar negeri bernama Hacksmith di YouTube.

Untuk kategori DIY masih lumayan sedikit ditemukan di Indonesia, tetapi untuk kategori saluran YouTube Hacks sangat jarang ditemukan di Indonesia, sebab kebanyakan berada di luar negeri.

3. Challenge

Memang kategori konten satu ini sangat banyak di YouTube Indonesia, namun perlu kalian ketahui bahwa walaupun banyak tapi tidak banyak yang konsisten membuat saluran YouTube khusus berkategori ini, maksudnya di sini adalah jarang saluran YouTube yang membuat konten ini secara terus menerus karena biasanya akan di selingi oleh konten lain.

Untuk itu jika kalian ingin berhasil dan menarik banyak penonton dan pelanggan, maka buatlah konten ini dengan baik, unik dan konsisten agar keunikan dari kanal YouTube kalian dapat cepat terkenal.

Kalian juga bisa melihat contoh saluran YouTube luar negeri bernama Try Not To yang bisa dijadikan referensi dasar.

4. Tutorial

Toturial merupakan konten yang paling banyak dicari, namun perlu kalian perhatikan dalam memilih kategori konten ini, karena banyak juga di Indonesia yang membuat konten berkategori tutorial.

Untuk itu pilihlah jenis video tutorial yang jarang ada di Indonesia, karena itu bisa jadi peluang bagi kalian agar cepat dikenal orang dan menarik pelanggan kanal YouTube kalian.

5. Traveling

Jika kalian suka bepergian (penggemar traveling) maka kategori konten satu ini sangat cocok, karena kalian bisa menjadikan konten dari hobi kalian itu.

Namun jangan semata-mata juga dalam membuat videonya, karena penonton tidak akan menonton video kalian jika tidak ada sesuatu yang menarik di dalamnya.

Untuk itu ketika kalian membuat video Traveling pastikan ada informasi yang dapat diambil oleh penonton seperti, persiapan kalian, biaya, transportasi, keunikan tempat yang kalian kunjungi, dan lain sebagainya.

Kalian juga bisa melihat contoh saluran YouTube traveling luar negeri bernama Karl Rock yang dapat dijadikan referensi dasar. Sebab saluran YouTube Karl Rock isinya bukan hanya cerita perjalanan traveling saja, namun ada hal lain yang menarik seperti mempelajari adat daerah yang dikunjungi, jenis penipuan turis di daerah yang kalian kunjungi dan masih banyak lagi lainnya.

6. Survival

Hampir sama seperti traveling, namun kategori survival isinya lebih menceritakan bagaimana kalian bisa bertahan hidup di suatu wilayah liar.

Maksud wilayah liar di sini adalah hutan, pulau terpencil, dan lain sebagainya. untuk referensi dasar kalian bisa melihat salah satu saluran YouTube luar negeri bernama Field Days, Nick Fry, dan Betram – Craft and Wilderness.

Demikianlah artikel 5 ide konten langka di YouTube kelima ide tadi dapat kalian jadikan referensi jika ingin membuat saluran YouTube, dan jangan lupa untuk mengembangkan isi kontennya.