5 Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia dan Hewan di Bumi

Posbaru – Semua makhluk hidup memiliki perannya masing-masing, salah satu contohnya adalah tumbuhan yang mempunyai peran penting bagi kehidupan di bumi ini, sebab jika tidak ada tumbuhan maka bumi dan makhluk hidup di dalamnya bisa saja punah. Lalu apasih manfaat tumbuhan bagi manusia dan hewan?.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas manfaat tumbuhan bagi manusia dan hewan yang perlu kalian ketahui agar lebih mencintai lingkungan sekitar, berikut manfaatnya.

1. Udara

Manfaat tumbuhan bagi manusia dan hewan yang pertama adalah sebagai sumber oksigen atau udara, sebab tumbuhan dapat menghasilkan oksigen yang dihirup oleh sebagian besar makhluk hidup di bumi seperti manusia dan hewan untuk bernapas.

Tumbuhan juga memiliki manfaat sebagai pembersih udara atau polusi sebab oksigen yang dihasilkan tumbuhan berasal dari gas karbondioksida yang diserap olehnya.

Bukan hanya itu saja, bahkan pohon yang mempunyai banyak ranting dan dahan dapat menyaring kotoran atau debu di udara.

Jadi kesimpulannya, tumbuhan dapat menyerap karbondioksida menjadi oksigen sekaligus menyaring kotoran atau debu di udara yang tentunya baik bagi keberlangsungan hidup makhluk di bumi.

2. Sumber Makanan

Tumbuhan merupakan sumber makanan terbesar di bumi, dan bukan hanya dikonsumsi oleh manusia saja, tumbuhan juga dikonsumi oleh hewan.

Jika tumbuhan tidak ada di bumi maka sumber makanan untuk manusia pun tidak ada, walaupun manusia bisa memakan hewan namun tetap saja hewan pun akan punah jika tidak ada tumbuhan.

Karena kebanyakan hewan yang dikonsumsi oleh manusia adalah pemakan tumbuhan seperti sapi, ayam, babi, dan lainnya.

3. Obat-Obatan

Tumbuhan juga memiliki manfaat sebagai obat-obatan untuk sejumlah penyakit, adapun beberapa tumbuhan yang digunakan sebagai obat adalah jahe, kunyit, siri, temulawak, kumis kucing, dan masih banyak lainnya.

4. Siklus Air

Tanaman akan mengambil air lewat akarnya kemudian dilepaskan menjadi uap air melalui por-pori di bawah daunnya, dimana proses ini membantu mengalirkan air dari tanah kembali ke atmosfer.

Selain itu, tumbuhan juga membantu menstabilkan badan air seperti sungai dan danau, yang mana akar tumbuhan berfungsi meningkatkan stabilitas tanah serta mencegah terjadinya longsor hingga abrasi.

Baca Juga: Faktor Penyebab Perubahan Iklim dan Cara Mengatasinya

5. Sandang dan Papan

Manfaat tumbuhan yang terakhir ini mungkin dapat terlihat jelas oleh kita di kehidupan sehari-hari. Karena tumbuhan bisa digunakan sebagai bahan baku bangunan oleh manusia seperti kayu jati dan lain semacamnya.

Tumbuhan juga menjadi tempat tinggal bagi hewan seperti burung hingga berang-berang yang membuat rumahnya dari ranting pohon.

Selain itu, tumbuhan bisa dimanfaatkan menjadi baju oleh manusia seperti kapas yang dikenal bisa menyerap keringat serta bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan produksi seperti karet, getah pinus, kelapa sawit dan masih banyak lainnya.

Jadi intinya, tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi manusia dan hewan di bumi, maka sebagai makhluk hidup yang berakal seharusnya manusia sadar akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar agar tumbuhan dan hewan dapat melaksanakan perannya masing-masing sehingga keberlangsungan hidup pun bisa lebih nyaman dan aman.