5 Olahraga Efektif Bagi Penderita Asma

Posbaru – Melakukan olahraga secara teratur dapat bermanfaat bagi penyakit asma, meskipun begitu tidak semua jenis olahraga masuk dalam kategori ini.

Berikut beberapa jenis olahraga yang baik dan aman bagi penderita asma :

1.Berjalan

Dilansir dari Kompas.com, dalam sebuah studi dtemukan bahwa orang dewasa yang berjalan tiga kali dalam seminggu selama 12 minggu, dapat meningkatkan kontrol dan kebugaran tubuhnya tanpa menimbulkan terjadinya serangan asma.

Menurut beberapa sumber, baiknya melakukan pemanasan selama 5 menit sebelum berjalan dan berjalan selama 30 menit yang diakhiri dengan pendinginan selama 5menit.

2.Yoga

Olahraga satu ini sangat aman bagi penderita asma, sebab Yoga mengajarkan untuk mengoptimalkan napas.

Bahkan menurut beberapa sumber, orang yang berlatih Yoga selama dua setengah jam dalam satu minggu selama 10 minggu dapat mengurangi obat asma yang dikonsumsi. yang artinya penderita asma tersebut sudah mahir mengoptimalkan nafasnya.

3.Tenis

Tenis dan olahraga yang menggunakan raket lainnya dapat memungkinkan mengeluarkan energi dengan teratur serta dapat mengatur kontrol kecepatan permainan.

Namun perlu diingat bahwa jangan sampai dehidrasi sebab hal tersebut dapat menyebabkan asma.

4.Golf

Selain bermanfaat bagi otak, bermain golf tenyata dapat mengurangi gejala asma, hal tersebut terjadi karena aktivitas mengayunkan tangan dan berjalan ke tee selanjutnya.

5.Senam Aerobic

Olahraga ini dapat membantu penderita asma sebab olahraga membantu melatih otot dan melancarkan pernapasan.

Alangkah baiknya saat melakukan olahraga ini dilakukan juga pemanasan dan pendinginan, serta lakukan secara bertahap dan jangan terlalu memaksakan diri.

Anda Mungkin Suka