5 Rumah Adat Kalimantan Barat, Gambar dan Penjelasannya!

Seperti tak ada habisnya, kebudayaan di Indonesia sangatlah banyak salah satunya ada di Kalimantan Barat.  Mulai dari tari-tarian hingga rumah adat Kalimantan Barat, nah uniknya tiap daerah di Indonesia memiliki rumah adat dengan ciri khas serta makna filosofis tersendiri.

Seperti halnya rumah adat Kalimantan Barat yang beragam, meski ada beberapa yang sama dengan daerah lain tapi makna filosofisnya berbeda. Adapun daftar rumah adat yang ada di Kalimantan Barat adalah sebagai berikut:

1. Rumah Adat Betang Radakng

5 Rumah Adat Kalimantan Barat, Gambar dan Penjelasannya!
Rumah Adat Betang Radakng

Biasanya digunakan untuk acara kebudayaan oleh sebab itu jangan heran apabila area halaman rumah ini sangat luas.

Rumah adat dengan panjang 140 meter dengan tinggi 7 meter di atas permukaan tanah ini mampu menampung hingga 600 orang di ruangan utamanya. Kalian akan mudah menemukan rumah ini jika berkunjung ke Pontianak.

2. Rumah Adat Betang

5 Rumah Adat Kalimantan Barat, Gambar dan Penjelasannya!
Rumah Adat Betang

Umumnya rumah ini memiliki panjang sekitar 150 meter dengan lebar 30 meter, tetapi ada juga yang lebih besar. Mengapa begitu? Karena rumah adat ini dihuni oleh keluarga besar Suku Dayak, sehingga ukurannya harus besar.

Uniknya bentuk rumah adat ini beragam sebab disesuaikan dengan jumlah keluarga yang menghuninya.

Sama seperti rumah sebelumnya, rumah ini pun berbentuk panggung dengan tinggi 3-5 meter dari permukaan tanah.

Keunikan lain dari rumah ini adalah jika ada penghuni baru (rumah tangga baru/keluarga baru) maka akan dibuat sekat (ruangan tersendiri). Mengingat luas rumah ini begitu besar, sehingga tak masalah jika dibagi-bagi seperti itu.

Baca Juga: 5 Rumah Adat Jawa Barat atau Sunda Beserta Penjelasannya

3. Rumah Adat Panjang

Rumah Adat Panjang

Adalah simbol atau ikon yang mewakili Kalimantan Barat, rumah ini memiliki lebih dari 50 ruangan dengan panjang rumah 180 m dan lebar 6 m.

Aneh dan sayang sekali karena rumah yang berbahan kayu ini hampir punah, salah satu penyebabnya adalah pada tahun 1960 pemerintah menghancurkannya karena dianggap menganut paham “Komunis”. Aneh kan? Jika tak percaya silahkan saja cari di internet karena begitu banyak artikel tentang hal tersebut.

Rumah adat asal Kalimantan Barat ini terbagi menjadi beberapa bagian yakni:

  • Pante, teras beratap yang biasanya digunakan untuk menjemur padi atau pakaian maupun upacara adat.
  • Ruang Tamu (Samik), adalah bagian untuk menerima tamu dan biasanya terdapat meja berbentuk lingkaran besar untuk menyuguhkan makanan.
  • Ruang Keluarga, memiliki lebar 7 m dan panjang 6 m terletak di tengah rumah.
  • Kamar tidur, biasanya di desain berjejer, uniknya kamar pun diurutkan berdasarkan penghuni paling tua hingga muda. Jumlahnya pun disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang menghuni rumah.
  • Belakang Rumah, terdiri dari dapur dan gudang penyimpanan bahan makanan, biasanya bagian belakang rumah mengarah ke aliran sungai.

4. Rumah Adat Baluk

Merupakan rumah adat Suku Dayak Bidayuh di Kalimantan barat, rumah ini berfungsi sebagai tempat ritual. Biasanya acara tersebut diselenggarakan tahunan ketika panen padi dan menghadapi musim penanaman tahun berikutnya.

Rumah ini memiliki tinggi 12 m dengan diameter sekitar 10 m, pondasi yang digunakan berbahan kayu dengan 20 tiang utama.

5. Rumah Adat Melayu

Rumah Adat Melayu

Selain Suku Dayak, Kalimantan Barat pun dihuni oleh suku melayu sehingga jangan heran apabila di sana terdapat Rumah Adat Melayu.

Rumah adat berbentuk panggung ini memiliki fungsi yang beragam karena dapat dijadikan kios berjualan, penginapan, hunian, hingga balai kerja. Itulah beberapa rumah adat Kalimantan Barat yang saya ketahui, mungkin selain daftar tadi masih ada banyak lagi rumah adat di wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *