5 Rumah Adat Kalimantan Timur dengan Gambarnya

Selain Suku Dayak yang merupakan mayoritas penduduk Kalimantan Timur, ternyata ada beberapa suku lain yang tinggal di sana yakni Kutai, Melayu, Bugis, Bajau dan Mandar. Namun Suku Dayak memiliki pengaruh besar terhadap kebudayaan di sana salah satunya adalah Rumah Adat Kalimantan Timur.

Bahkan kebanyakan Rumah Adat di sana pun memiliki corak khas Suku Dayak yang begitu indah, adapun Rumah Adat Kalimantan Timur adalah sebagai berikut:

1. Rumah Adat Paser

5 Rumah Adat Kalimantan Timur dengan Gambarnya
Rumah Adat Paser

Rumah ini dibangun oleh suku paser dan biasanya didirikan di tepi sungai. Bangunan rumah ini terbuat dari kayu serta bisa dihuni oleh 2 hingga 3 keluarga.

Sama seperti kebanyakan rumah adat di Indonesia, rumah ini pun berbentuk panggung dengan atap miring ke sisi kiri, kanan, depan, dan belakang.

Tinggi rumah ini sekitar 2 m dari permukaan tanah, uniknya atap rumah terbuat dari daun nipah atau kulit pohon sungkai. Sedangkan lantainya terbuat dari bambu atau pohon niung dan tidak ada paku karena pengikat masih menggunakan Rotan.

Baca Juga: 5 Rumah Adat Kalimantan Barat, Gambar dan Penjelasannya!

2. Rumah Adat Lamin

5 Rumah Adat Kalimantan Timur dengan Gambarnya
Rumah Adat Lamin

Adalah rumah adat simbol dari provinsi Kalimantan Timur, Rumah ini merupakan tempat tinggal Suku Dayak.

Rumah berbentuk panggung ini memiliki tinggi 3 m dari permukaan tanah yang dibuat dari bahan kayu ulin atau kayu besi. Rumah ini biasanya dibangun di atas rawa atau tepi sungai.

Rumah ini pun sangat besar dengan panjang 200 m dan lebar 25 m yang terbagi menjadi beberapa bagian (ruangan).

Yang lebih menakjubkannya adalah, satu ruang di rumah ini bisa dihuni oleh 5 keluarga.

3. Rumah Adat Bulungan

Rumah Adat Bulungan

Kalian bisa dengan mudah menemukan rumah ini di Kota Tanjung Selor. Keunikan dari rumah adat Kalimantan Timur ini adalah desainnya yang mendapat pengaruh arsitektur kolonial.

Sebab dahulu Rumah Adat Bulungan adalah tempat pertemuan penting masa Kesultanan Bulungan.

4. Rumah Adat Suku Wehea

5 Rumah Adat Kalimantan Timur dengan Gambarnya
Rumah Adat Suku Wehea

Dikenal juga dengan nama Rumah Adat Eweang yang dibuat oleh Suku Dayak Wehea (Wahau). Bentuk rumah ini adalah panggung tinggi yang saling terhubung dengan rumah lain dengan sebuah jembatan (Teljung).

5. Rumah Adat Betang

Rumah Adat Betang

Rumah yang besar dan tinggi ini memang dapat kalian temukan di pulau Kalimantan. Saking besarnya Rumah Betang dapat ditinggali oleh 3-50 keluarga atau 150 orang sekaligus.

Itulah beberapa rumah adat Kalimantan Timur yang setidaknya saya ketahui, mungkin saja selain daftar tadi masih ada rumah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *