6 Cara Menghemat Energi Listrik di Kehidupan Sehari-Hari

Posbaru – Di zaman yang sudah serba digital ini pastinya energi listrik sudah menjadi kebutuhan pokok (utama) bagi manusia, namun ternyata penggunaan listrik yang berlebih bisa membuat pengeluaran bulanan naik dan juga berdampak buruk bagi lingkungan, nah untuk mengatasinya gada beberapa cara menghemat energi listrik yang dapat kita lakukan di kehidupan sehari-hari.

Perlu diketahui bahwa dampak lingkungan akibat dari penggunaan listrik secara berlebihan yakni karena energi listrik sebagian besar dihasilkan dari fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, dimana hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada peningkatan “Gas Rumah Kaca”.

Berikut Cara Menghemat Energi Listrik :

1. Menghemat Pemakaian Lampu

Langkah ini sangat mudah, kita hanya harus menggunakan lampu seperlunya saja dan memanfaatkan sinar matahari untuk dijadikan penerangan pada waktu siang, nah selain itu penggunaan lampu hemat energi seperi lampu LED (Light Emitting Diode) juga merupakan salah satu upaya menghemat energi listrik.

2. Mematikan Penuh Peralatan Listrik (Cabut Saklar/Kabel)

Mematikan secara penuh peralatan yang berhubungan dengan energi listrik seperti TV, Rice Cooker, Komputer, dan lainnya akan membantu kita dalam menghemat listrik. Menurut beberapa sumber, contohnya, jika kita mematikan tv hanya melalui remot dan tidak mencabut kabelnya maka sebenarnya TV berada pada mode standby dan listrik tetap mengalir. Oleh karena itulah kita harus mematikan secara penuh tv dan peralatan lain yang menggunakan listrik di rumah kita setelah digunakan.

3. Manfaatkan Ventilasi Cahaya

Seperti disebutkan dalam poin pertama, bahwa sinar matahari dapat kita gunakan sebagai penerangan ketika siang hari, oleh sebab itu rumah, kantor dan lainnya, seharusnya mempunyai ventilasi cahaya yang baik, sehingga lampu hanya digunakan pada malam hari saja dan itu pun tidak dinyalakan semua. Jadi menghemat energi listrik dengan memanfaatkan ventilasi cahaya sangat direkomendasikan.

4. Gunakan Perangkat Elektronik Hemat Daya

Cara ini sangat mudah sekali dilakukan namun jarang dilakukan, salah satu contohnya adalah menggunakan laptop yang irit daya namun sesuai dengan spesifikasi yang kalian butuhkan sebab jika menggunakan komputer (pc) daya yang digunakan sangat besar dibanding laptop, karena pc membutuhkan layar lagi sedangkan laptop tidak dan lagi jika kita menggunakan laptop akan menghemat ruangan dan praktis untuk digunakan.

5. Menghemat Air

Cara ini dilakukan jika kalian menggunakan pompa air di rumah, selain dapat menghemat air bersih kalian juga bisa sekaligus menghemat pemakaian energi listrik  yang tentunya membuat biaya tagihan bulanan jauh lebih rendah, kita juga menyarankan agar kalian menampung air hasil pompa sehingga tidak terlalu sering dinyalakan, dan jangan lupa mematikannya secara penuh setelah digunakan.

Baca Juga : 5 Cara Menghemat Energi Listrik

6. Merawat Peralatan Elektronik

Perlawatan elektronik yang dirawat dengan baik akan bisa bekerja lebih efektif yang mana hal ini akan berpengaruh pada penggunaan Energi Listrik yang lebih hemat. Contohnya jika kalian memasang AC dirumah dan sedang tersumbat maka suhu menjadi tidak stabil dimana hal ini ternyata dapat membuat kinerja AC lebih berat dan lebih boros energi listrik.

Itulah beberapa cara menghemat energi listrik yang dapat kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain menurunkan tagihan bulanan, menghemat listrik juga sangat bermanfaat bagi lingkungan.