6 Motif Batik Nusantara dan Daerah Asalnya

Posbaru – Batik merupakan kain bergambar dengan pembuatannya dengan cara menuliskan atau menerakan malam pada kain dengan pengolahan yang mempunyai ciri khas di masing-masing Daerah.

Pada 2 Oktober tahun 2009 Batik Indonesia sudah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu warisan pada kemanusiaan untuk budaya lisan maupun non-bendawi. Batik memiliki beragam jenis motif dengan ciri khas dari tiap-tiap daerah di Indonesia.

Berikut beberapa Motif Batik Indonesia:

1. Motif Priangan

6 Motif Batik Nusantara dan Daerah Asalnya
Motif Priangan

Motif ini berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Motif ini mempunyai ciri khas yakni tumbuhan digambar dan disusun secara rapidan simetris sehingga motif Priangan terkesan lebih elegan, dari segi warnanya motif ini biasanya menggunakan warna-warna terang yang tidak terlalu mencolok.

2. Motif Mega Mendung

6 Motif Batik Nusantara dan Daerah Asalnya
Motif Megamendung

Motif yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat ini terkesan mewah sebab memiliki corak yang sederhana yaitu motif mendung di langit yang cerah, motif ini juga cocok digunakan untuk orang tua dan anak muda baik pria maupun wanita.

3. Motif Tujuh Rupa

Motif Tujuh Rupa
Motif Tujuh Rupa

Motif ini berasal dari Pekalongan dan Menurut beberapa sumber batik pekalongan memiliki bentuk motif yang bergambar hewan atau pun tumbuhan yang diambil dari kebudayaan lokal serta etnis cina, hal tersebut disebabkan pada zaman dulu Pekalongan adalah daerah transit pedagang dari berbagai negara sehingga menimbulkan akulturasi budaya yang menjadikan batik pekalongan memiliki khas dengan alam.

4. Motif Sogan

Motif Sogan
Motif Sogan

Motif ini berasal dari Solo, motif ini biasanya didominasi warna coklat muda serta mempunyai khas motif bunga dengan aksen titik atau lengkungan garis, dan menurut sumber yang kami dapat, dahulunya batik ini hanya digunakan oleh raja-raja Jawa khususnya keraton kesultanan Solo.

5. Motif Gentongan

Motif Gentongan
Motif Gentongan

Motif ini berasal dari Madura, dimana motifnya diambil dari gentong atau gerabah yang dipakai untuk mencelup kain batik pada cairan pewarna, motif abstrak sederhana, tanaman atau pun kombinasi keduanya digunakan dalam batik motif ini dan biasanya motif ini menggunakan warna terang seperti, merah, ungu, atau kuning.

6. Motif Simbut

Motif Simbut
Motif Simbut

Motif yang berasal dari Banten ini, bentuknya menyerupai daun talas, dimana motif ini berasal dari suku badui pedalaman Sunda yang tak terjamah oleh peradaban modern hingga saat ini.