6 Tokoh Nasional Dianugerahkan Gelar Pahlawan

Jakarta, Posbaru – Memperingati Hari Pahlawan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar pahlawan nasional pada enam tokoh, Upacara penganugerahan tersebut dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, pada hari Senin (10/11/20).

Pemberian gelar pahlawan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 117/TK/Tahun 2020 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional yang telah ditandatangani oleh Jokowi pada tanggal 6 November 2020.

Dalam Keputusan Presiden tersebut, disebutkan bahwa menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional adalah penghargaan dan penghormatan tinggi atas jasa yang luar biasa, dimana semasa hidupnya pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjara serta mengisi kemerdekaan dan mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Enam tokoh nasional yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional tersebut yakni Sultan Baabulah (Provinsi Maluku Utara), Machmud Singgirei Rumagesan (Provinsi Papua Barat), Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo (Provinsi DKI Jakarta), Arnold Mononutu (Provinsi Sulawesi Utara), MR. Sutan Mohammad Amin Nasution (Sumatra Utara) dan Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi (Provinsi Jambi).