7 Hewan Paling Setia di Dunia, Patut Dicontoh Manusia!

Posbaru – Meski hewan tidak mempunyai kemampuan atau akal seperti manusia namun banyak pelajaran hidup yang dapat diambil oleh manusia dari hewan, salah satunya adalah tentang kesetiaan. Sebab banyak sekali hewan di dunia ini yang terkenal paling setia.

Oleh karena itu dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa daftar hewan paling setia di dunia yang kami rangkum dari beberapa sumber. Berikut daftarnya.

1. Buaya

Buaya
Buaya

Tentu kalian akan kaget mendengar hal ini, sebab Buaya identik sekali dengan istilah “Buaya Darat” yang berarti pria hidung belang atau semacamnya. Namun faktanya buaya merupakan salah satu hewan paling setia.

Hal tersebut diungkapkan dalam salah satu penelitian yang dilakukan oleh Savannah River Ecology Laboratory, dimana 70% Buaya selalu memilih pasangan sama di setiap musim kawin padahal kesempatan untuk memilih pasangan baru sangat besar, yang mana artinya buaya hanya akan kawin satu kali dalam hidupnya.

2. Elang Botak

Elang Botak
Elang Botak

Elang Botak atau Bald Eagle terkenal sebagai burung pemangsa di Amerika Utara dan juga merupakan Burung Nasional serta simbol Negara Amerika Serikat. Meski terkenal pemangsa ganas namun Elang Botak masuk ke dalam kategori hewan paling setia di dunia.

Menurut laporan dari National Audubon Society, ketika membuat sarang Burung ini memanfaatkannya sebagai cara untuk mempererat hubungan dengan pasangannya. Yang mana artinya hubungan dengan pasangannya akan semakin erat seiring berjalannya pembuatan sarang.

Selain itu, Elang Botak menjadikan sarangnya sebagai simbol kesetiaan serta kebanyakan dari burung ini memilih setia hingga mati atau impotensi dan selalu merawat anaknya secara bergiliran.

3. Angsa

Angsa
Angsa

Hewan ini terkenal juga sebagai simbol kesetiaan, hal ini mungkin didasarkan akan sifat aslinya yang juga setia. Salah satu contohnya adalah jika pasangannya mati, mereka tidak akan pernah mencari pasangan lagi.

Serta menurut beberapa orang cara Angsa mencari pasangan ketika musim kawin sangatlah romantis karena betina dan jantan akan saling menautkan kepalanya.

4. Merpati

Merpati
Merpati

Sama seperti Angsa, hewan ini juga dikenal sebagai simbol kesetiaan dan memang hewan ini sangat setia pada pasangannya dibandingkan dengan jenis hewan lainnya.

Hal ini terbukti dimana Merpati hanya akan mencari pasangannya sekali selama hidupnya dan akan terus bersama hingga mati. Selain itu, Merpati jantan juga akan bergiliran dengan Betina untuk mengerami telur mereka hingga menetas.

5. Berang-Berang

Berang-Berang
Berang-Berang

Hewan ini akan memilih pasangan sekali seumur hidup dan akan mencari pasangan baru jika pasangan mereka mati. Namun ketika kawin hewan ini akan saling bergantian memelihara anak dan sarangnya. Lalu ketika anak Berang-Berang beranjak dewasa mereka akan membentuk koloni baru. Selain itu, ketika mencari makan anak Berang-Berang tidak akan jauh dari orang tuanya.

6. Burung Parkit

7 Hewan Paling Setia di Dunia, Patut Dicontoh Manusia!
7 Hewan Paling Setia di Dunia, Patut Dicontoh Manusia!

Menurut beberapa sumber, Burung Parkit adalah hewan sosial. Dimana mereka dapat merasakan sedih dan kesepian serta merupakan hewan paling setia terhadap pasangannya.

Burung Parkit juga tidak akan meninggalkan pasangannya bahkan jika pasangannya mati maka Burung ini akan mengalami gangguan kecemasan yang luar biasa.

7. Burung Hantu

Burung Hantu
Burung Hantu

Burung ini akan sangat setia terhadap pasangannya bahkan mereka saling bekerjasama merawat dan menjaga anak Burung Hantu.

Bahkan burung ini juga terkenal sangat protektif terhadap keluarganya, contohnya adalah sang betina akan sangat mati-matian menjaga anaknya walaupun harus menghadapi predator buas sekali pun.

Nah itu dia 7 hewan paling setia di dunia menurut kami, dan memang masih banyak hewan lainnya yang setia seperti anjing, kuda laut, penguin dan lain sebagainya. Namun kami hanya merangkum hewan yang menurut kami paling setia.

Dari hewan-hewan tadi juga kita dapat mengambil beberapa pelajaran hidup penting seperti pentingnya bergotong-royong dalam membangun keluarga dan lainnya.