9 Olahraga Membentuk Tubuh Ideal

9 Olahraga Membentuk Tubuh Ideal

Kab.Bandung, Posbaru – Semua orang tentunya ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, karena memiliki bentuk tubuh idel pasti bisa menarik perhatian orang lain dan tentunya baik untuk tubuh.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, seperti diet atau berolahraga. Namun perlu diingat jika hanya melakukan diet saja tanpa dibarengi dengan kegiatan olahraga maka akan sia-sia untuk dilakukan, karena bentuk tubuh yang ideal akan sulit untuk dicapai.

Untuk itu agar mendapatkan hasil yang maksimal lakukanlah olahraga, jika kalian tidak mau olahraga yang rumit maka ada beberapa gerakan olahraga sederhana yang bisa kalian coba agar mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

1.Hip Bridge

Cara melakukan gerakan ini, pertama berbaringlah dengan posisi pungung menempel pada lantai atau matras, lalu tekuk lutut sambil kaki dibuka selebar pinggul, kemudian jaga lengan untuk tetap berada di sisi tubuh, setelah itu angkat pinggul ke atas perlahan, tahan dan turunkan secara perlahan.

Lakukan gerakan mengangkat pinggul dan menurunkan pinggul secara berulang selama 15-20 menit.gerakan ini bertujuan untuk memperkuat lutut dan bokong kalian.

2. Ab exercises

Pertama posisikan badan kalian seperti tidur dengan tangan menjulur ke atas, kemudian dengan perlahan tekuk kedua kaki kalian dan angkat keatas hingga paha menempel pada telapak tangan. Lakukan pengangkatan kaki secara berulang sekuat kalian bisa.

3.Push Up

Mungkin kalian sudah tahu cara melakukan gerakan ini. Push-up merupakan salah satu gerakan yang mudah untuk dilakukan dimana saja dan dapat membantu membentuk tubuh ideal kalian.

Biasanya gerakanini dilakukan untuk melatih triceps, bahu, punggung, dan dada.

4.Bird Dog

Pertama posisikan badan berlutut lalu letakan kedua tangan di lantai/matras, kemudian rentangkan tangan lurus dan rentangkan kaki ke belakang secara berlawanan, contohnya, rentangkan kaki kanan dan tangan kiri atau sebaliknya.

 Lalu tahan posisi itu selama beberapa detik, kemudian ulang kembali selama beberapa kali. Gerakan ini dapat memperkuat otot perut, punggung bagian bawah dan paha.

5.Kencangkan Pinggang

Langkah pertama posisikan kaki kalian seperti kuda-kuda, lalu bersandar tegak pada dinding selanjutnya pegang benda yang lumayan berat untuk pengencang otot tangan, kemudian tengok kekanan dan kekiri dengan tubuh, jangan dengan leher seperti jika kita menengok pada umunya.

6.Plank

Gerakan yang satu ini sudah sering kita bahas, karena memang cukup efektif untuk kebugaran tubuh dan membentuk tubuh yang ideal, cara melakukannya juga cukup mudah, yakni hanya menahan badan kalian dalam posisi seperti push-up namun yang menopang bukan hanya telapak tangan tapi dari telapak tangan hingga siku yang menopang badan kalian. Lalu tahan beberapa detik atau tahan sekuat kalian.

7.Squat

Dalam gerakan ini yang terpenting adalah keseimbangan tubuh, cara melakukannya, pertama julurkantangan ke depan dengan posisi badan berdiri tegak, kemudian posisikan tubuh kalian seakan hendak duduk di kursi.

8.Sit-Up

Mungkin banyak darikalian tahu cara melakukan gerakan yang satu ini, gerakan ini ternyata memiliki banyak manfaat seperti membentuk tubuh, mengencangkan otot, menjadikan tubuh lebih seimbang, mengencangkan otot perut, menurunkan resiko sakit punggung, dan masih banyak lainnya.

9.Pemansan

Gerakan ini memang harus dilakukan sebelum melakukan olahraga lainnya, namun selain dari itu nyatanya gerakan ini bisa membuat postur tubuh kalian menjadi ideal karena selain dapat membuat otot menjadi rileks ternyata secara tidak langsung gerakan ini melatih otot kalian agar lentur dan bekerja dengan baik.

Beberapa gerakan olahraga tadi memang dapat membantu membuat postur tubuh kalian menjadi ideal, namun kalian juga harus menyertainya dengan pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan, menjaga pola tidur dan lain sebagainya. Karena jika hanya melakukan olahraganya saja atau melakukan pola hidup sehatnya saja, kalian tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda Mungkin Suka