Apa Itu Hardware? Berikut Penjelasan dan Contohnya

Posbaru, Pengertian Hardware – Secara umum, hardware atau perangkat keras adalah jenis komponen pada komputer yang fisiknya dapat terlihat jelas dengan mata serta dapat dirasakan secara langsung.

Jadi hardware (perangkat keras) adalah peralatan fisik komputer yang berfungsi melakukan input, proses, dan output. Dimana untuk mendukung kerjanya, perangkat keras memerlukan sebuah software atau perangkat lunak tertentu.

Contoh hardware yang paling umum ditemukan diantaranya adalah RAM, CPU, keyboard, printer, mouse, dan lain sebagainya.

Fungsi Hardware

Perangkat keras memiliki fungsi utama yang meliputi banyak hal seperti menerima input proses, memberi output dan lain sebagainya. Adapun penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Menerima Output: berfungsi menerima input dari user yang nantinya akan diproses perangkat keras menjadi informasi baru kemudian informasi tersebut akan ditransfer output.
2. Memberi Output: setelah terproses, perangkat keras akan memberikan output pada user dimana output tersebut dapat dilihat oleh user yang ditampilkan pada perangkat keras khusus.
3. Mengolah Data (informasi): dalam hal ini, hardware yang dimaksud berfungsi mengolah atau memproses data (informasi) serta menjalankan proses pada sistem komputer, contohnya adalah CPU, RAM, VGA, dan lainnya.
4. Menyimpan Data (informasi): seluruh output yang dihasilkan komputer bisa disimpan di perangkat penyimpanan dalam komputer atau luar komputer.

Jenis Hardware dan Contohnya

Perangkat keras bisa dibedakan berdasarkan fungsinya adapun fungsi dan kegunaannya adalah sebagai berikut.

A. Input, berfungsi memasukan data ke sebuah komputer, contohnya adalah mouse, keyboard, dan scanner.
B. Output, jenis yang berfungsi menampilkan atau mencetak hasil input data yang dilakukan oleh user yang sudah melewati hardware process, contohnya adalah monitor, printer, proyektor, dan lain sebagainya.
C. Perangkat Proses, berfungsi mengolah data dan menjalankan proses pada sistem komputer, contohnya adalah CPU, RAM, VGA, dan lain semacamnya.
D. Perangkat Penyimpanan, berfungsi untuk menyimpan data komputer, contohnya hard disk, optical disk, flash disk, dan lainnya.
E. Perangkat Tambahan (Periferal), berguna membantu komputer menjalankan perintah dari user, salah satu contohnya adalah modem dimana modem memiliki fungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.