Bahan Baku Vaksin COVID-19 Tahap 4 Tiba di Indonesia

Bahan Baku Vaksin COVID-19 Tahap 4 Tiba di Indonesia

Jakarta, Posbaru – Bahan baku vaksin COVID-19 sebanyak 10 juta dosis ditambah 1 juta overfill telah tiba di Indonesia pada hari Selasa (02/02/21) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tenggerang, Banten pada pukul 10.15 WIB.

Sekretaris Jenderal Kementrian Kesehatan, Oscar Primadi mengatakan, “Hari ini 10 juta bahan baku vaksin ditambah 1 juta overfill dari Sinovac yang sebagai salah satu wujud langkah konkret pemerintah hadir dalam rangka memastikan dalam rangka mengendalikan bagi kesehatan masyarakat”.

Dengan kedatangan ini total vaksin yang ada di Indonesia adalah 28 juta dosis baik dalam bentuk jadi maupun bahan baku yang diproses lebih lanjut oleh Bio Farma. Vaksin ini digunakan untuk program vaksinasi secara gratis oleh pemerintah kepada masyarakat.

Menurut Oscar, vaksinasi merupakan bagian dari upaya keras pemerintah menanggulangi pandemi COVID-19.

“Ketersediaan vaksin yang aman dan kemudian juga sesuai dengan skema Pemerintah kita lakukan berkat koordinasi yang cukup baik dengan semua pihak, termasuk dengan pihak Sinovac,” katanya.

Ia mengatakan bahwa vaksin tersebut telah mendapat izin penggunaan Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta telah mendapat fatwa suci dan halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Tentang Pencak Silat

Oscar menjelaskan, sejak Januari lalu telah dilakukan vaksinasi pada tenaga kesehatan yang merupakan prioritas pertama dalam pelaksanaan vaksinasi, dan hingga saat ini dari 1,5 juta tenaga kesehatan 500 ribu diantaranya telah mendapatkan vaksin.

“Kemudian sesuai tahapannya, kita akan melakukan penyuntikan kepada public workers/pemberi pelayanan publik dan masyarakat umum setelah itu,” ucapnya.

Anda Mungkin Suka