Bangga ! 5 Olahraga Tradisional Indonesia yang Mendunia

Posbaru – Indonesia dikenal sebagai Negara yang memiliki banyak ragam tradisi dan kebudayaan, selain memiliki banyak ragam budaya Indonesia juga ternyata memiliki banyak ragam olahraga tradisional Indonesia dari masing-masing daerah.

Bahkan beberapa olahraga tradisional dari Indonesia sudah resmi menjadi cabang olahraga nasional maupun dunia. Berikut beberapa olahraga tradisional Indonesia yang unik dan beberapa sudah menjadi cabang olahraga resmi.

1. Enggrang

Enggrang
Foto Oleh : Pemerintah Surabaya

Olahraga satu ini berasal dari pulau Jawa, menurut beberapa sumber dulunya Enggrang dipakai untuk melewati genangan air atau banjir seiring perkembangan zaman Enggrang menjadi olahraga yang sering dilombakan pada HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Cara Memainkannya cukup mudah pertama siapkan sepasang bambu panjang dengan pijakan, lalu naik keatas pijakan bamboo tersebut, dan melangkah kemana saja dengan bambu yang dipijak.

2. Sepak Takraw

Bangga ! 5 Olahraga Tradisional Indonesia yang Mendunia
Foto Oleh : Pixabay

Meski olahraga ini di klaim oleh beberapa Negara, namun ternyata Sepak Takraw ini berasal dari Sulawesi Selatan yang ditemukan pada masa kesultanan melayu abad ke-15. Nah olahraga ini sudah resmi masuk cabang olahraga nasional dan internasional.

Sepak Takraw memiliki cara bermain yang unik, karena olahraga ini menggunakan metode seperti volin namun bola nya biasa terbuat dari rotan dan cara memainkannya bukan dipukul menggunakan tangan melainkan di sepak menggunakan kaki.

3. Pencak Silat

Bangga ! 5 Olahraga Tradisional Indonesia yang Mendunia
Foto Oleh : https://pixabay.com/id/users/agustriyanto-5829352/

Satu lagi olahraga asal Indonesia yang sudah resmi menjadi cabang olahraga Indonesia. Pencak Silat diperkirakan muncul di Indonesia pada abad ke-7 Masehi pada masa Hindu-Budha. Olahraga ini adalah bela diri yang dipakai pendekar-pendekar Indonesia pada abad ke-7.

4. Karapan Sapi

Karapan Sapi
Karapan Sapi

Karapan Sapi merupakan olahraga yang berasal dari Madura, Jawa Timur. Olahraga ini adalah ajang adu kekuatan dan kecepatan sapi. Dalam olahraga ini biasanya satu tim terdiri dari dua ekor sapi yang menarik satu kereta kayu.

Di atas kereta kayu itu biasanya akan dinaiki oleh penunggangnya yang akan balap menempuh 100 m dengan penunggang sapi lainnya. Biasanya olahraga ini dilakukan di tanah berlumpur seperti sawah.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Tentang Olahraga Pencak Silat

5. Lompat Batu

Bangga ! 5 Olahraga Tradisional Indonesia yang Mendunia
Foto Oleh : Kominfo

Lompat Batu Merupakan Olahraga tradisional yang berasal dari Pulau Nias. Konon menurut beberapa sumber awalnya olahraga ini dilakukan sebagai persiapan sebelum perang yang dilakukan oleh pemuda.

Pemuda yang berhasil melewati tumpukan batu dianggap sudah dewasa dan matang sehingga dapat menikah, nah oleh sebab itu hal ini akan memberikan kebanggaan bagi pemuda yang berhasil dan biasanya mereka akan mengadakan pesta dengan menyembelih ternak.