Baznas Jabar Diminta Untuk Berinovasi

Kota Bandung, Posbaru – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat (Jabar) diminta untuk berinovasi, salah satunya berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti, e-commercedan minimarket untuk memudahkan masyarakat berzakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Kang Emil), Ia mencontohkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar yang menggandeng sejumlah pihak dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor dan terbukti hasil pembayaran pajak kendaraan bermotor meningkat meski berada di tengah pandemi ini.

Mesikpun Baznas Jabar telah membuka pembayaran zakat melalui situs resminya, menurut Kang Emil Baznas Jabar tetap harus membuka pintu-pintu pembayaran zakat lainnya.

Ia juga meminta, didiskusikan terkait dengan lahirnya inovasi-inovasi pembayaran zakat yang mudah, serta jangan dipaksakan hanya ada satu pintu bagi masyarakat yang ingin berzakat.

Menurutnya, hal tersebut sangatlah penting di tengah pandemic COVID-19, karena banyak masyarakat di Jabar yang terdampak COVID-19 dan membutuhkan bantuan.

Selain itu, Ia juga mengatakan jika ada penurunan penerimaan zakat mungkin ada hubungannya dengan naiknya jumlah masayarakat yang terdampak ekonominya akibat pandemi ini.