Berikut adalah Ciri Khusus Kelelawar dan Penjelasannya

Posbaru – Kelelawar merupakan mamalia nokturnal atau aktif pada malam hari, kelelawar disebut juga ordo chiroptra yang menggunakan kaki depannya menjadi sayap. Ada beberapa ciri khusus kelelawar baik di lihat dari fisik maupun kemampuannya.

Berikut adalah ciri khusus kelelawar dan penjelasannya:

1. Bisa Tidur Bergantung

Kelelawar dapat tidur bergantung dengan posisi kepala di bawah (terbalik). Ketika tidur, hewan ini akan menggunakan kakinya untuk mencengkram dinding goa atau ranting pohon sehingga posisi tubuhnya terbalik.

2. Mempunyai Cakar Pada Sayap

Kelelawar mempunyai cakar yang kuat di ujung sayapnya. Cakar tersebut digunakan untuk membantunya mencengkram mangsa atau dinding goa maupun ranting untuk tidur.

3. Sonar dan Ultrasonik

Ciri khusus kelelawar yang selanjutnya adalah, dapat berkomunikasi dan melihat menggunakan sonar atau gelombang ultrasonik.

Hewan ini akan menangkap dan mengeluarkan gelombang tersebut melalui mulutnya.

4. Kemampuan Ekolokasi

Kemampuan ini memungkinkan kelelawar untuk memperkirakan jarak suatu benda (objek) dan bentuknya dari tubuh.

Bunyi pantulan yang tercipta akan didengarkan oleh kelelawar kemudian sensor ekolokasi menentukan jarak dan bentuk berdasarkan pantulan bunyi tersebut.

Baca Juga: Cara Berkembang Biak Kelelawar

5. Dapat Terbang

Kelelawar mempunyai sepasang sayap dengan selaput putih di celah antar tulangnya yang membantu kelenturan sayap, sehingga dapat terbang.

6. Tinggal di Tempat Lembab dan Gelap

Kebanyakan kelelawar tinggal di tempat gelap dan lembab seperti goa, rumah kosong dan lain sebagainya. Tempat tersebut dipilih karena mempunyai suhu yang stabil.

7. Penciuman Tajam

Ciri khusus kelelawar yang terakhir adalah, indra penciumannya yang tajam. Bahkan kelelawar dapat mencium bau dengan jarak yang sangat jauh.

Kemampuan ini digunakan untuk membantu sumber makanan kelelawar, terlebih hewan ini umumnya mencari makanan yang jauh dari sarangnya.

Demikianlah beberapa ciri khusus kelelawar yang perlu kalian ketahui. Selain daftar tadi, masih banyak ciri-ciri khusus lain dari kelelawar seperti hibernasi, hewan frutivora, dan lainnya. Yang akan kita bahas di lain waktu.