Berikut Penjelasan Cara Berkembang Biak Bintang Laut

Posbaru – Bintang laut berkembang biak dengan cara seksual maupun aseksual atau dapat melakukan reproduksi tanpa proses kawin maupun melalui proses kawin antara jantan dan betina.

Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang cara perkembangiakan bintang laut, kalian harus terlebih dahulu mengenal apa itu bintang laut, berikut sedikit pembahasannya.

Bintang laut atau Asteroidea (nama ilmiah) adalah kelompok utama Echinodermata yang merupakan salah satu jenis hewan tak bertulang belakang.

Menurut beberapa sumber, terdapat kurang lebih 2000 spesies bintang laut yang hidup di lautan yang mana sebagian besarnya hidup di terumbu karang daerah iklim tropis dan hutan rumput laut samudra dalam.

Baca Juga:
Penjelasan Cara Berkembang Biak Kucing
Penjelasan Cara Berkembang Biak Penyu
Penjelasan Cara Berkembang Biak Katak

Cara Berkembang Biak Bintang Laut (Reproduksi)

Seperti yang disebutkan tadi bahwa bintang laut dapat berkembang biak secara seksual (kawin) maupun aseksual (tidak kawin), adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

Aseksual

Reproduksi aseksual pada bintang laut dilakukan dengan cara fragmentasi yang terjadi ketika bagian-bagian tubuh bintang laut terbagi (membelah diri) maupun terpotong menjadi beberapa bagian.

Yang mana nantinya bagian-bagian tubuh bintang laut tersebut akan berkembang menjadi bintang laut baru yang utuh.

Seksual

Proses reproduksi seksual (kawin) dilakukan bintang laut dengan cara berkumpul menjadi sebuah koloni yang kemudian bintang laut jantan melepaskan sel spermanya ke air begitu juga dengan bintang laut betina yang melepaskan sel telurnya.

Proses berkumpul tersebut dapat memudahkan bintang laut bereproduksi, karena kemungkinan sperma jantan dan sel telur betina bertemu sangatlah tinggi.

Kemudian setelah sperma bertemu dengan sel telur maka akan terjadi pembuahan eksternal yang menghasilkan Zigot.

Dimana Zigot tersebut nantinya akan berkembang menjadi blastula lalu berkembang lagi menjadi gastrula kemudian berkembang lagi menjadi larva dan terakhir larva akan berkembang menjadi bintang laut dewasa dan akan melakukan proses perkembangbiakan yang sama.