Cara Berkembang Biak Kadal

Posbaru – Beberapa jenis kadal berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar) namun ada sebagian lagi yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan (ovovivipar), hal ini terjadi sebab perkembang biakan kadal sering juga tergantung pada habitat dan jenis spesiesnya.

Namun kebanyakan kadal berkembang biak secara ovovivipar, perkembangbiakan kadal secara ovovivipar terjadi dengan cara yang unik, dimana telur kadalakan menetas terlebih dahulu dalam tubuh induknya kemudian setelah itu induknya akan mengeluarkan anak tersebut dengan cara melahirkan.

Kadal juga, memiliki dua cara untuk bereproduksi yaitu secara seksual dan aseksual. Yang artinya kadal bisa bereproduksi dengan atau tanpa kawin. Namun dalam hal ini kebanyakan kadal membutuhkan pasangan untuk bereproduksi sebab hanya sedikit saja yang bisa bereproduksi tanpa pasangan.

Kemudian untuk jenis (spesies) kadal yang berkembang biak dengan cara bertelur, biasanya si betina akan mencari tempat yang aman untuk menyimpan telurnya. Telur-telur tersebut juga akan menetas sekitar 3 bulan.

Kesimpulannya adalah kadal bisa berkembang biak dengan cara ovipar maupun ovovivipar tergantung dari jenis (spesies) dari kadal itu sendiri.

Anda Mungkin Suka