Cara Berkembang Biak Kucing

Posbaru – Kucing telah berbaur dengan manusia sejak 6000 tahun sebelum masehi, hal tersebut berdasarkan catatan mesir kuno yang tekah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus ataupun hewan pengerat lainnya.

Kucing adalah salah satu hewan karnivora (pemakan daging) namun dalam beberapa kasus kucing juga dapat memakan nasi ataupun roti.

Tubuh Kucing jika kita lihat sekilas memang mirip dengan harimau namun bedanya hanya pada ukurannya saja dimana kucing lebih kecil daripada harimau.

Dalam bertahan hidup kucing mencari makanan menggunakan cakar dan taringnya yang tajam. Yang unik dari kucing adalah kumisnya (misai) yang dapat membuat kucing mendeteksi adanya benda di sekitar mereka tanpa harus melihat.

Kucing juga berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar) karena hewan ini termasuk dalam jenis mamalia, selain itu induk kucing juga dapat menyusui anaknya.

Masa kehamilan pada kucing (gestasi) berlangsung selama 63 hari dan dapat sekaligus melahirkan 4 atau lebih ekor anak.

Saat baru lahir, biasanya kucing tidak bisa melihat dan mendengar, barulah pada usia 8-10 hari anak kucing dapat melihat dan mendengar.

Anak kucing sendiri mendapat susu dari induknya hingga usianya 6 atau 7 minggu dan setelahnya anak kucing akan hidup mandiri dengan mencari makanan sendiri.

Di usia 10-15 bulan biasanya kucing sudah siap untuk berkembang biak dengan lawan jenisnya. Kucing juga dapat berumur hingga 15 tahun.

Bagikan ?

Anda Mungkin Suka