Cara Berkembang Biak Pohon Pisang

Posbaru – Pohon Pisang atau tanaman pisang mempunyai banyak manfaat bagi makhluk hidup di bumi terutama manusia, pohon pisang berkembang biak dengan cara vegetatif alami.

Tanaman ini melakukan proses perkembangbiakan menggunakan tunas yang berada di sekitar indukan yang ada.

Dimana tunas tersebut merupakan individu baru yang berbeda dari indukannya, walaupun tanaman ini mempunyai biji namun proses perkembangbiakannya lebih sering menggunakan cara menanam tunas yang tumbuh di sekitar indukan.

Selain itu, pohon pisang juga bisa memunculkan lebih dari satu tunas meski tidak selamanya ada dan biasanya muncul pada waktu tertentu, namun beberapa pohon pisang bisa menghasilkan tunas dalam kondisi mati.

Tunas sendiri merupakan bagian baru yang muncul dari bagian tumbuhan induknya dan merupakan salah satu bagian yang terletak di atas permukaan tanah.

Nantinya tunas yang berbentuk kuncup tersebut akan tumbuh menjadi tanaman utuh yang mempunyai batang, daun, bunga dan buah.

Setelah tunas pisang tumbuh menjadi dewasa maka akan mengeluarkan jantung pisang dimana pada jantung tersebut terdapat sisir-sisir buah pisang yang kemudian akan terbentuk menjadi tandan.

Kemudian tandan tersebut akan bertambah besar bersamaan dengan setiap sisir buah pisang dan siap untuk dipanen.