Cara Kelelawar Berkembang Biak

Posbaru – Kelelawar adalah jenis hewan yang hidup secara berkoloni, akibatnya sulit bagi hewan ini untuk melakukan perkawinan. Dan biasanya sebelum siap untuk melakukan perkawinan, kelelawar jantan dan betina tinggal terpisah.

Lalu ketika si betina hamil, kelelawar akan membentuk koloni yang merupakan sub koloni dari yang lebih besar untuk melahirkan.

Hewan ini merupakan salah satu jenis mamalia, artinya kelelawar berkembangbiak dengan cara melahirkan (Vivipar).

Musim perkawinan kelelawar biasanya terjadi ketika suhu menjadi hangat atau bisa dikatakan musim semi, di musim tersebut juga, menjadi waktu tahunan kelelawar untuk menemukan persediaan makanan.

Saat hamil, induk kelelawar akan terbang untuk mencari makanan yang nantinya anak kelelawar akan meminum  susu dari dalam tubuh induk kelelawar.

Ketika anak kelelawar lahir, mereka tidak memiliki sayap yang cukup untuk terbang, sehingga merekaakan dirawat terus hingga berkembang dan dapat mencari makanan sendiri.

Namun hal tersebut juga tergantung pada spesies kelelawar itu sendiri, sebab beberapa jenis kelelawar dapat mencari makan sendiri sejak usia 6 minggu ataupun 4 bulan, untuk itu beberapa jenis kelelawar berhasil bereproduksi berkali-kali pada musim tertentu.

Bagikan ?

Anda Mungkin Suka