Cara Membasmi Ulat Pada Tanaman Tanpa Bahan Kimia

Posbaru – Ketika bercocok tanam (membudidayakan tanaman) pastinya ada berbagai jenis hama yang menyerang tanaman, salah satu hama yang sering muncul adalah ulat, yang mana hama ini sangat merugikan sebab sering menyerang daun muda yang diandai dengan daun yang berkerut, bentuk daun yang keriting (bergulung), dan mempunyai bekas gigitan.

Dan jika hal ini dibiarkan maka, tanaman perlahan-lahan akan mati, dan biasanya hal ini diatasi dengan pestisida atau insektisida berbahan kimia yang tentu sudah terjamin membasmi hama seperti ulat.

Namun hal ini juga memiliki dampak negatif, sebab jika penggunannya yang berlebihan maka dapat menyebabkan efek samping terhadap tanaman itu sendiri, untuk itu Posbaru akan memberikan cara membasmi ulat tanpa menggunakan bahan kimia, berikut caranya.

1.Menanam Tanaman Pengusir Ulat

Menanam tanaman yang dibenci ulat adalah salah satu cara untuk mengusirnya, tanaman yang efektif dalam hal ini adalah Kemangi, Lavender, dan Mint.

Kalian dapat menanamnya di beberapa sisi tempat yang sering menjadi tempat kemunculan ulat atau bahkan sarang ulat.

2.Air Garam

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu melarutkan garam dengan air bersih kemudian semprotkan ke tanaman yang terkena hama ulat, garam sendiri sangat merupakan bahan alami pembasmi ulat dan hama serangga lainnya.

3.Ekstrak Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah bahan alami pembasmi hama ulat, wereng dan lainnya.

Cara membuat ekstrak bawang putih juga terbilang cukup mudah yakni siapkan bawang putih yang sudah dihaluskan lalu campur dengan air dan sabun cuci piring kemudian tuang dalam botol semprot lalu semportkan ke tanaman yang terkena hama ulat.

4.Pelihara Unggas

Memelihara unggas dapat membantu kalian mengusir hama ulat yang sering menggangu tanaman, contoh unggas yang bisa dipelihara adalah Ayam dan Bebek.

Sebab seperti diketahui, hewan unggas pada umunya sering memakan ulat, untuk itu jika kalian mempunyai hewan unggas kalian dapat melepaskannya dipekarangan kebun atau dekat tanaman agar dapat mengusir hama ulat.

5.Air Jeruk

Air jeruk juga dapat dengan ampuh membasmi hama ulat, kalian juga dapat membuat dan menggunakannya dengan mudah.

Pertama rebus 1 liter air bersih dan masukan 300 gr kulit jeruk tunggu hingga mendidir dan air rebusan tersebut dapat kalian gunakan sebagai bahan pembasmi hama ulat, namun perlu didiamkan dulu beberapa saat hingga airnya dingin.

Itulah 5 cara membasmi hama ulat alami yang tidak menggunakan bahan kimia, dan terbukti ampuh serta mudah untuk didapatkan.