Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Posbaru – Di Hari Raya Idul Adha biasanya sajian makanan dari daging sapi maupun kambing tersedia dan hampir dimasak di semua rumah.

Namun seringkali kedua daging ini sulit untuk dibedakan karena hampir terlihat sama, untuk itu kali ini Posbaru akan memberikan tips membedakan daging sapi dan kambing agar kalian tidak kebingungan.

Berikut cara memdekan daging sapi dan daging kambing :

Aroma, Cara pertama untuk memdekannya adalah dengan baunya, sebab daging kambing memiliki aroma prengus yang cukup kuat sedangkan daging sapi memiliki bau yang amis dan anyir.

Namun dalam hal ini, bau dari daging kambing lebih kuat dibandingkan dengan daging sapi sehingga kamu dapat membedakannya walaupun daging sudah dicuci.

Warna, membedakan daging sapi dan kambing menurut beberapa orang adalah hal yang mudah, karena daging kambing biasanya memiliki warna yang lebih cerah namun jika sudah terlalu lama didiamkan warna dapat berubah menjadi agak pucat.

Sementara untuk daging sapi biasanya berwarna pucat dan jika didiamkan lama warnanya berubah menjadi agak cokelat gelap. Dan kedua perbedaan warna daging kambing dan sapi sangat mencolok sehingga mungkin kalian dapat dengan mudah membedakannya.

Serat, biasanya daging sapi memiliki serat yang kecil dan hampir tak terlihat namun dengan jumlah yang banyak, sementara untuk daging kambing biasanya memiliki serat yang tebal dan rapat.

Untuk melihat dengan jelas kedua serat dari daging ini dapat kalian lakukan dengan cara melebarkan/meregangkan daging.

Tekstur, cara ini memang terbilang cukup sulit, sebab kalian harus membedakannya dengan menyentuh daging untuk merasakan teksturnya.

Nah daging sapi biasanya memiliki tekstur yang lebih halus dan lembut sedangkan untuk daging kambing memiliki tekstur yang lebih kasar.

Selain itu, lemak pada daging sapi juga terlihat padat namun pada daging kambing lemak biasanya terdapat dalam beberapa bagian saja.

Anda Mungkin Suka

Leave a Comment