Cara Membuat Martabak Manis Mini Cuma Pakai 1 Telur

Cara Membuat Martabak Manis Mini Cuma Pakai 1 Telur

Posbaru – Martabak manis adalah salah satu cemilan yang digemari oleh keluarga di Indonesia dari anak-anak hingga orang tua, hal ini karena martabak manis mempunyai tekstur yang lembut dengan topping beragam yang merupakan ciri khas dari makanan ini, Apalagi harganya pun terbilang cukup murah.

Menurut Wikipedia, martabak adalah makanan asal timur tengah dan ada di negara lain seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Yaman, Arab Saudi, dan Brunei dengan nama serta komposisi yang berbeda di tiap negara.

Martabak juga, selain mempunyai rasa yang beragam ternyata memiliki varian ukuran lain yang lebih kecil atau mini, dimana martabak mini ini sangat banyak dicari resepnya karena mudah untuk dibuat. Oleh sebab itu Posbaru akan memberikan Resep Martabak Manis Mini dengan cara membuat yang sederhana.

Resep :

  • Terigu 250 gr (gram)
  • Gula Pasir 125 gr
  • Garam ½ sdt (sendok teh)
  • Ragi 1 sdt
  • Soda Kue ¾ sdt
  • Air Hangat 435 ml (milliliter)
  • Santan Instan 65 ml
  • Telur 1 butir

Cara Membuat :

  1. Masukan semua bahan kering kedalam satu wadah aduk hingga tercampur rata.
  2. Siapkan air hangat dalam wadah yang terpisah .
  3. Kemudian masukan santan instan kedalam air hangat lalu aduk hingga tercampur rata.
  4. Lalu campurkan dengan semua bahan kering secara perlahan sambil terus diaduk hingga rata.
  5. Setelah itu, masukan telur dan aduk kembali hingga tercampur rata.
  6. Tutup adonan dengan kain bersih atau plastik kemudian diamkan selama satu jam (hingga mengembang dan muncul gelembung udara).
  7. Langkah terakhir masak adonan hingga matang dan beri topping sesuai selera.

Itulah cara membuat martabak manis mini sederhana dengan bahan yang murah, resep diatas kami dapat dari kanal YouTube NyemilEnakk yang selalu membagikan resep makanan mudah dan murah setiap minggunya.

Nah Jika langkah cara pembuatan diatas kurang jelas, kalian dapat menonton video pembuatannya dibawah yang hanya hanya 6 menit saja.

Anda Mungkin Suka