Cara Mengatasi Laptop Lemot atau Lag

Kab.Bandung, Posbaru – Beberapa kalian mungkin sudah kesal karena memiliki laptop yang baru dibeli atau laptop yang sudah lama kalian beli namun pada saat digunakan lemot.

Nah agar peforma laptop kalian tidak lemot Posbaru akan memberikan beberapa tips yang sering digunakan oleh para pengguna laptop.

1.Menggunaan Akesori Tambahan

Laptop yang kalian gunakan bisa saja mengalami Overheat, nah jika ini masalahnya kalian hanya perlu membeli pendingin tambahan agar suhu laptop terjaga.  Aksesori pendingin yang bisakalian gunakan contohnya seperti Kipas tambahan atau Vacuum Coller yang cara kerjanya menyedot udara panas keluar.

2. Uninstall Software yang Tidak Digunakan

Biasanya hal ini sering dialami oleh laptop yang baru dibeli, karena pengguna banyak menginstal aplikasi yang bahkan jarang atau mungkin tidak pernah digunakan.

Ya jika kalian mengalami hal seperti ini, tinggal uninstall saja aplikasi yang tidak pernah terpakai tersebut.

3.Lakukan Full Scan Antivirus

Lakukan Full Scan menggunakan antivirus, karena bisa saja laptop kalian terkena virus yang berdampak pada peforman laptop itu sendiri.

Namun jangan terlalu sering melakukan Full Scan menggunakan antivirus, ada baiknya jika Full Scan dilakukan setiap seminggu sekali.

4. Install Ulang Windows

Lemot pada laptop bisa diakibatkan oleh windows yang tidak sengaja terupdate, nah untuk mengatasinya kalian hanya perlu lakukan instalasi ulang windows dengan versi yang kompatibel dengan laptop yang kalian gunakan.

5.Perawatan Hardware

Terakhir merupakan hal yang mungkin banyak orang jarang lakukan namun hal ini sangat penting, karena sangat mempengaruhi peforma laptop kalian. Perawatan Hardware seperti pembersihan motherboard, kipas , dan penggantian thermal paste. baiknya dilakukan setahun sekali.