Cara Mengatasi Penebangan Liar Hutan

Posbaru – Hutan adalah kawasan yang ditumbuhi oleh pepohonan dan tumbuhan dengan lebat, hutan juga mempunyai fungsi sebagai tempat habitat hewan liar dan juga salah satu aspek biosfer bumi yang sangat penting.

Indonesia sendiri mempunyai hutan yang kaya dengan beragam jenis populasi, namun sayangnya sering berjalannya waktu, hutan-hutan di Indonesia terancam akibat penebangan liar.

Selain itu penebangan liar juga dapat mengakibatkan berkurangnya resapan air yang dapat berdampak pada bencana banjir maupun tanah longsor, serta dapat merusak habitat liar yang ada di dalamnya.

Untuk itu sebagai manusia kita perlu menjaga dan melestarikan hutan yang dimana terdapat banyak mahkluk hidup di dalamnya. penebangan liar dapat diatasi dengan cara sebagai berikut.

1. Mendirikan Kawasan Lindung

Harus dibuat suatu lokasi khusus yang terdapat patroli penjaga hutan yang bertujuan mencegah masuknya penebang liar dan aktivitas lainnya yang merusak hutan.

Lokasi khusus ini dapat berupa cagar alam, suaka margasatwa, dan taman nasional, Indonesia juga sudah memiliki beberapa lokasi khusus tersebut, diantaranya Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Way Kambas, dan lain sebagainya.

2. Mendidik Masyarakat Tentang Perlindungan Hutan

Cukup banyak masyarakat Indonesia yang menjadi penebang liar, hal tersebut dikarenakan kebutuhan ekonomi mereka serta kurangnya pemahaman tentang pentingnya hutan.

Oleh sebab itu maka harus ada sosialisasi pada masyarakat terkait dengan dampak negatif penebangan liar.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Alam Majalengka Terpopuler

3. Tindak Keras Penebang Liar

Meski penebangan liar sudah dilarang oleh pemerintah, namun faktanya hal tersebut masih terjadi, oleh karena itu harus diberlakukannya tindakan yang lebih tegas kepada para penebang liar agar mereka jera dan tidak akan melakukannya lagi.