Cara Mengawetkan Makanan Tanpa Kulkas

Posbaru – Kulkas adalah tempat penyimpanan makanan agar tahan lama, ada beberapa bahan makanan yang harus disimpan dalam kulkas agar awet, seperti daging, sayuran, susu cari, dan lain sebagainya.

Tapi bagaimana jika kalian tidak memiliki kulkas?, tentunya hal yang sangat memusingkan bukan?, lalu bagaimana cara menyimpan bahan makanan tertentu agar tak basi atau busuk tanpa menggunakan kulkas ?.

Nah ternyata terdapat beberapa cara untuk mengawetkan makanan tanpa kulkas. Meski tidak disimpan di lemari es, beberapa cara alami berikut ini dapat membuat bahan makanan tetap awet.

1. Mangkuk Isi Air

Cara yang satu ini baiknya digunakan untuk menyimpan bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan.

Untuk melakukannya cukup mudah, kalian hanya perlu menaruh sayuran atau buah-buahan dalam semangkuk air lalu tutup dengan plastik pelindung.

Nah, air dingin lebih disarankan dalam hal ini namun pastikan Anda mengkonsumsinya dalam beberapa hari ke depan karena bentuk penyimpanan ini tidak bisa membuat sayuran tetap segar terlalu lama.

2. Udara Dingin

Mungkin cara yang satu ini cocok bagi kalian yang tinggal di daerah pegunungan yang berudara dingin.

Karena udara dingin bisa membuat makanan tetap segar dalam waktu yang lama, tips-nya sangat mudah sebab kalian hanya menaruh makanan di dekat jendela yang terbuka pada malam hari dan jangan lupa lindungi makanan menggunakan plastik pelindung ya sobat.

3. Dikeringkan

Kalau cara yang satu ini memang hanya bisa diterapkan pada beberapa bahan makanan seperti daging dan ikan.

Caranya cukup mudah kalian cukup keringkan makanan yang sudah ditutup dengan plastik transparan di bawah sinar matahari, kemudian simpan makanan di tempat dengan suhu ruangan.

4. Pengasapan

Metode terakhir ini memang sudah diterapkan sejak lama bahkan sejak zaman nenek moyang kita.

Nah, cara ini biasanya digunakan oleh masyarakat pesisir zaman dahulu untuk mengawetkan bahan makanan seperti ikan dan hasil laut lainnya.

Baca Juga : Buah Kurma Bisa Sembuhkan Patah Hati ?

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama pastikan makanan yang akan di asap sudah bersih dan telah mendapatkan proses penggaraman sehingga nantinya makanan akan lebih tahan lama.
  • Lalu taruh makanan baik dengan cara digantung, disandarkan, atau dijemur di atas tungku pembakaran.
  • Sebelum menyalakan api pembakaran, pastikan bahan bakar yang digunakan menggunakan kayu-kayu yang keras. karena hal ini akan menjadikan makanan memiliki cita rasa yang lebih enak.
  • Selain itu, pastikan api yang digunakan tidak terlalu besar.
  • Biarkan makanan hingga mengalami perubahan warna dan tekstur, apabila sudah berubah berarti makanan telah di awetkan dengan proses pengasapan.

Jadi itulah beberapa cara mengawetkan makanan tanpa kulkas, semoga membantu kalian ya sob.