Cara Menggunakan Google Classroom di HP

Posbaru –  Proses belajar mengajar di Indonesia dilakukan secara daring akibat dari pandemi COVID-19. Salah satu platform yang populer digunakan untuk kegiatan pembelajaran daring adalah Google Classroom.

Menurut pihak Google yang merupakan pengembang Google Classroom, pihaknya melalui platform tersebut bisa membantu siswa dan pengajar untuk mengorganisir tugas, kolaborasi, serta menumbuhkan komunikasi dengan baik.

Karena dalam platform ini, pengajar bisa membuat kelas, mendistribusikan tugas, member nilai, mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat. Selain itu platform ini tersedia bukan hanya di situs web saja namun juga bisa digunakan di ponsel pintar, tablet, iphone, dan ipad.

Nah cara menggunakan platform ini di ponsel pintar, tablet, iphone, dan ipad sangatlah mudah serta tidak rumit.

  1. Download Aplikasinya di Google Playstore atau Apps Store
  2. Lalu sign dengan akun Google atau Gmail kalian
  3. Setelah masuk, klik ikon tanda plus (+) pada pojok kanan atas
  4. Setelah di klik akan ada dua pilihan yakni Create Class untuk dosen ataupun guru dan Join Class dengan cara memasukan kode kelas yang di bagikan oleh pengajar untuk para pelajar dan mahasiswa.
  5. Untuk pengajar, Setelah klik Create Class kalian akan diminta mengisi diantaranya Class Name, Section, Subject, dan Room
  6. Kemudian setelah diisi, maka kelas akan tersedia dan ada kode yang bisa dibagikan ke pelajar atau mahasiswa yang akan bergabung.
  7. Lalu untuk pengajar, jika ingin membuat tugas kalian bisa ke Classwork dan klik Create dan kalian-pun sudah bisa memberikan tugas dalam bentuk foto, dokumen, pdf, ataupun tulisan langsung.

Dan itu dia cara menggunakan Google Classroom menggunakan ponsel, semoga dapat membantu para pengajar dan pelajar dalam kegiatan

Anda Mungkin Suka