Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

Posbaru – Salah satu ciri mahkluk hidup adalah melakukan penyesuaian atau adaptasi terhdap lingkungannya. Hal ini akan dilakukan oleh manusia, hewan dan tumbuhan untuk bertahan hidup dalam kondisi apapun.

Kali ini Posbaru akan memaparkan bagaimana cara tumbuhan melakukan penyesuaian terhadap lingkungannya.

Nah perlu kalian ketahui bahwa tumbuhan memiliki 3 cara untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, yakni adaptasi morfologi, fisiologi, dan tingkah laku.

Adaptasi Morfologi

Pada adaptasi ini, tumbuhan akan menyesuaikan diri dengan cara mengubah bentuk luar tubuhnya.

Hal tersebut dilakukan agar tubuhnya sesuai dengan kondisi lingkungannya, beberapa contoh tumbuhan yang melakukan adaptasi dengan cara ini adalah tanaman bakau, teratai, kangkun, dan masih banyak lainnya.

Contoh adaptasi ini dapat kalian lihat juga pada tanaman kaktus, dimana kaktus memperkecil ukuran daunnya hingga berbentuk seperti duri, hal ini dilakukan agar proses transpirasi penguapan dapat turun, sebab kaktus tumbuh di daerah yang memiliki udara panas sehingga banyak air yang menguap dari tanaman tersebut.

Adaptasi Fisiologi

Pada adaptasi ini tumbuhan akan menyesuaikan diri dengan cara mengubah fungsi dalam tubuhnya yang disesuaikan dengan kondisi lingkungannya.

Contohnya pohon pisang akan mengeluarkan zat lilin di permukaan daunnya pada saat musim kemarau tiba, hal ini dilakukan agar meminimalisir terjadinya transpirasi.

Adaptasi Tingkah Laku

Pada adaptasi ini tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara melakukan tingkah laku sesuai dengan lingkungannya.

Beberapa tumbuhan yang melakukan adaptasi dengan cara ini adalah Pohon Jati, Kedondong, Tumbuhan Xerofit, Bunga Wijaya dan lain sebagainya.

Contohnya dapat kalian lihat pada tumbuhan xerofit dimana daunnya akan mengeluarkan air untuk mengurangi kelebihan air pada tubuhnya.

Itu dia 3 cara tumbuhan melakukan penyesuaian ini, semoga bermanfaat serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan  kalian.