Ciri Khas Suku Sunda

Posbaru – Suku Sunda memiliki ciri khas mulai dari logat berbicara, bentuk wajah, dan masih banyak lainnya, suku sunda yang umumnya terletak di Jawa Barat dan sekitarnya ini memiliki banyak figur publik terkenal di Indonesia, yang juga sering mengenalkan kebudayaan sunda.

Suku Sunda juga merupakan salah satu suku kedua terbesar di Indonesia, dan sebagian besar masyarakat Suku Sunda menganut agama Islam dan sebagian lainnya menganut agama lainnya seperti Kristen, Hindu, Budha, dan Sunda Wiwitan yang banyak dianut oleh masyarakat Baduy.

Berikut Ciri-Ciri Khas Suku Sunda:

1.Sistem Kekerabatan

Secara umum sistem kekerabatan di Suku Sunda bersifat parental yaitu garis keturunan dapat ditarik dari sisi Ibu dan Ayah serta kebanyak dari masyarakat Suku Sunda mengenal tujuh generasi kebawah dan keatas.

Selain itu ada istilah khusus yakni Pancakaki yaitu sebuah istilah adanya perwujudan kekerabatan yang dapat dilihat dari silsilah keluarga secara vertikal (ditandai dari hubungan keluarga sedarah) dan horizontal (hubungan keluarga tidak langsung).

2.7 Unsur Kebudayaan Khas

Suku Sunda memliki 7 unsur kebudayaan yang secara umum dikenal dalam sejarah yakni terdiri dari sistem peralatan dan teknologi, bahasa, mata pencaharian, sistem kemasyarakatan, kesenian, agama, dan pengetahuan.

Dimana setiap unsur tersebut sangat berbedar, dan oleh sebab itu perbedaan tersebut dijadikan identitas tiap-tiap suku termasuk Suku Sunda.

3.Filosofi Hidup

Suku Sunda juga terkenal dengan filosofi hidupnya yang masih dipegang kuat hingga sekarang dimana filosofi ini dapat dijadikan cirri khas Suku Sunda. Dimana ada lima filsafah yang terdiri dari kata-kata yang dianggap mampu membawa ke kesuksesan dan jalan yang benar.

Kelima kata tersebut yakni Cageur (Sehat), Bener (Benar), Bageur (Baik), Pinter (Pintar), Singer (Kreatif).

4.Legenda Suku Sunda

Yang paling terkenal adalah filosofi nama baik yang diawali dengan huruf “Ci” dan adanya sebuah legenda Prabu Siliwangi yang mana arti kata “Ci” berkaitan dengan legenda Suku Sunda dan kisah Prabu Siliwangi yang berasal dari gunung Sunda Purwa yang merupakan gunung api tertinggi di dunia.

Gunung ini juga dikenal dengan nama gunung Agung Batara Guru yang bermakna untuk menyebutkan dewa yang memiliki cahaya di gunung tersebut.

BACA JUGA : 5 Rumah Adat Jawa Barat

5.Upacara Pernikahan

Sebelum melakukan pernikahan biasanya pihak lelaki akan datang untuk menunjukan keseriusannya dalam meminang pihak perempuan, lalu pernikahan dilakukan dengan penukaran ikat pinggang atau pada sebagian masyarakat dilakukan dengan cara menggunakan cincin.

Dan saat akad nikah masih-masing pihak akan meminta restu sesepuh dan melakukan beberapa ritual kebudayaan.

6.Kesenian

Cirri selanjutnya datang dari karya seni seperti Tarian, lagu dan alat musik yang memiliki ciri khas sepertialat music angklung, calung, degung, karinding, dan lain sebagainya.

Selain alat musik ada juga beberapa lagu daerah yang sudah populer seperti Manuk Dadali, Bubuy Bulan, Tokecang, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Macam-Macam Senjata Tradisional Sunda

7.Rumah Adat

Rumah adat sunda berbentuk panggung dengan kaki sebagai pondasi rumah namun secara umum rumah adat Sunda memiliki ciri, bentuk, dan nama yang berbeda sesuai dengan fungsinya.

Selain itu, pembuatan rumah juga disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar, rumah adat Sunda diantaranya adalah Jolopong, Badak Heuay, Suhunan, Parahu Kumureb, dan lain sebagainya.

8.Pakaian Adat

Pakai adat Sunda sangat beragam tergantung dari jenis dan fungsi pakaian tersebut, dan juga terdapat kategori pakaian yang sesuai dengan ststus sosial masyarakat, diantaranya pakaian untuk masyarakat biasa, pakaian untuk sudagar, pakaian untuk keluarga kerajaan, dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA : JenisPakaian Adat Sunda

9.Senjata Tradisional

Senjata tradisional Sunda yang populer diantaranya adalah Kujang, Papatuk, Mata, Waruga, dan lainnya, dimana penamaan senjata disesuaikan dengan fungsi dan juga setiap senjata mempunyai makna dan filosofis yang berbeda.

Anda Mungkin Suka