Contoh Alat Musik Aerofon dan Penjelasannya

Posbaru – Singkatnya, Alat musik Aerofon adalah alat musik yang menghasilkan bunyi dari getaran udara (hembusan angin) yang ada dalam alat musik tersebut. Adapun contoh alat musik aerofon beserta penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Suling

Contoh Alat Musik Aerofon dan Penjelasannya
Suling

Contoh alat musik aerofon yang pertama yang mudah kalian temukan adalah suling. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup.

Suling termasuk keluarga alat musik tiup kayu yang umumnya terbuat dari bambu serta dapat dipadukan dengan alat musik lainnya. Selain itu, terdapat juga suling modern yang terbuat dari bahan logam seperti perak, emas, dan lain sebagainya.

2. Saxophone

Contoh Alat Musik Aerofon dan Penjelasannya
Saxophone

Saxophone atau saksofon atau dikenal juga dengan nama seksofon, merupakan alat musik tiup yang umumnya terbuat dari bahan logam kuningan.

Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup ini memiliki keunikan karena ternyata masuk ke dalam kategori alat musik tiup kayu sebab suara yang dihasilkannya berasal dari kayu bukan logam.

3. Pianika

Contoh Alat Musik Aerofon dan Penjelasannya
Pianika

Pianika atau dikenal juga dengan nama melodika merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup secara langsung atau menggunakan sebuah pipa lentur yang dihubungkan ke mulut pemainnya.

Alat musik ini mirip seperti piano namun terdapat perbedaan yang terletak di cara memainkannya. Karena piano bisa mengeluarkan bunyi ketika ditekan sedangkan pianika harus ditiup dan ditekan barulah menghasilkan bunyi.

4. Harmonika

Harmonika
Harmonika

Alat musik aerofon yang keempat ini dimainkan dengan cara ditiup dan dihisap menggunakan mulut pemainnya melalui sebuah lubang di dalam harmonika untuk menghasilkan bunyi.

Harmonika sendiri, kebanyakan terbuat dari bahan baja namun ada juga yang terbuat dari kayu, bambu, hingga plastik.

Baca Juga: 10 Contoh Alat Musik Ritmis dan Penjelasannya

5. Terompet

Terompet
Terompet

Terompet merupakan alat musik tiup berbahan logam dan hanya mempunyai tiga tombol dimana pemainlah yang harus menyesuaikan tiupannya untuk menghasilkan nada yang berbeda.

Selain itu, terompet juga terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah terompet C, D, E, F, G, dan A.

Demikianlah 5 contoh alat musik yang termasuk ke dalam golongan aerofon beserta penjelasannya. Semoga beramanfaat!.