Daftar Candi Purbakala yang Ada di Jawa Barat

Posbaru – Jawa Barat mempunyai sejumlah peninggalan purbakala berbentuk candi yang masih bertahan hingga saat ini meskipun beberapa diantaranya tidak utuh. Berikut sejumlah situs peninggalan kuno yang ada di Jawa Barat.

1.Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang digadang sebagai situs tertua di dunia dimana situs ini berusia 10 ribu tahun dan diperkirakan pertama kali dibangun sekitar 8.000 Sebelum Masehi (SM).

Situs ini merupakan situs prasejarah peninggalan Megallitikum di Jawa Barat yang terletak di di Perbatasan Dusun Gunung Padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur.

Dengan luas 900 meter persegi dan terletak di 885 mdpl dengan area seluas 3 hektare, hal tersebut menjadikan Situs Gunung Padang sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

Menurut para peneliti, situs ini dahulunya merupakan tempat pemujaan masyarakat yang bermukim di sekitar Gunung Padang pada 2000 tahun SM.

2.Candi Cangkuang

Candi ini merupakan Candi Hindu yang berada di Kampung Pulo, Wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pertama kali ditemukan oleh Harsoyo dan Uka Tjandrasasmita pada tahun 1966 berdasarkan laporan Vorderman dalam buku “Notulen Bataviaasch Genotschap” yang terbit di tahun 1893.

Buku tersebut berisi adanya sebuah arca Siwa yang rusak dan makam kuno di daerah Kampung Pulo, Leles.

3.Kompleks Candi Batujaya

Kompleks Candi Batujaya terletak di dua desa yakni Desa Segaran dan Desa Talagjaya,Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Masyarakat sekitar menyebutnya dengan percandian Batujaya, karena kompleks candi ini terdiri dari sekumpulan candi yang tersebar di beberapa titik, candi yang berada dalam Kompleks Candi Batujaya ini yaitu:

  • Candi Serut, masyarakat sekitar menyebut candi ini dengan nama Unur Serut, Candi ini merupakan candi Budha.
  • Candi Jiwa, candi seluas 500 meter persegi ini dikenal masyarakat sekitar dengan nama Unur Jiwa, candi ini berentuk lonjong dengan tinggi 2 m diatas permukaan tanah dan sebagian terkubur 2 meter dibawah permukaan tanah sekitarnya.
  • Candi Blandongan, badan candi ini menjorok kedalam tanah dimana permukaan alasnya berada di 2-3 meter lebih rendah dari permukaan tanah sekitarnya.
  • Candi Sumur, berupa bangunan bata empat persegi dengan panjang 7,35 x 10,55 m dengan ketebalan sekitar 1,70 m di barat daya dan lebih dari 4 m di timur laut.
  • Candi Asem, Situs ini masih dalam tahap pemantauan bentuk aslinya. Namun berdasarkan penelitian candi ini memiliki denah berukuran 10 x 10 m dengan dua tangga yang berada di tenggara dan timur laut dimana bagian atasnya terdapat susunan bata yang berdenah lingkaran.

4. Candi Cibuaya

Percandian Cibuaya adalah kompleks yang berisi beberapa bangunan peninggalan purbakala yang berada di Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Menurut para peneliti Percandian Cibuaya merupakan lokasi percandian Hindu, hal tersebut didasarkan adanya penemuan arca wisnu di desa Cibuaya pada tahun 1951, 1957, 1977.

5.Situs Karangkamulyan

Situs ini merupakan situs purbakala yang berada di Desa Karangkamulyan, Cipeujing, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Menurut beberapa sumber, situs ini adalah peninggalan dari jaman Kerajaan Galuh bercorak Hindu-Budha dan juga terdapat legenda yang mengisahkan Ciung Wanara.

6.Candi Bojongmenje

Sumber: Disparbud

Berada di Dusun Bojongmenje, Kelurahan Cangkuang, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Situs ini diperkirakan peninggalan dari abad ke-7. Namun meski begitu, situs ini masih dalam proses penelitian dan pemugaran oleh para ahli.

7.Situs Batu Kalde

Sumber: Kemendikbud

Bangunan ini berada di Pananjung, Pangandaran, Jawa Barat dan merupakan bangunan peninggalan Kerajaan Hindu.

Di situs ini terdapat balok-balok batuyang terdapat figur arca hewan menggambarkan Nandi yang merupakan tunggangan Dewa Siwa.

8.Batu Candi Tanggulun

Situs Batu Candi Tanggulun diperkirakan oleh para peneliti merupakan peninggalan Hindu, hal tersebut didasarkan adanya sebuah batu lumpang (yoni).

Batu Candi Tanggulun terletak di Kampung Talun, Desa Tanggulun, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Batuan tersebut memiliki bentuk layaknya bujur sangkar dengan tinggi 50 cm dan lebar 40 cm, lalu dibagian pinggirannya terdapat sebuah sogatan teratur.

Itulah beberapa candi purbakala di yang ada di Jawa Barat, dan beberapa diantaranya masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

Anda Mungkin Suka

Leave a Comment