Denda 150 Ribu Bagi Warga Jabar Yang Tak Pakai Masker

Kota Bandung, Posbaru – Masyarakat Jawa Barat (Jabar) yang melakukan aktivitas di ruang publik diwajibkan menggunakan masker oleh Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, dan bagi yang melanggar akan dikenai sanksi berupa denda Rp100-150 ribu atau kerja sosial.

Menurut Ketua Gugus Tugas Jabar, Ridwan Kamil (Kang Emil), keputusan hukuman denda dikeluarkan seiring dengan menurunnya kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan pedoman kesehatan saat berkegiatan diluar rumah.

Ia juga mengatakan, pihaknya sudah melakukan proses edukasi, proses teguran dan sekarang masuk tahap ketiga yakni mendisiplinkan dengan denda.

Kebijakan ini mulai berlaku pada Senin (27/07/20) dan saar ini sedang dilakukan pematangan Peraturan Gubernur (Pergub) yang akan menjadi payung hukum dan pengecualian dari aturan tersebut.

Pemberlakuan denda diberlakukan agar masyarakat meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan pedoman kesehatan di ruang publik, karena menurut Kang Emil, kedisiplinan masyarakat sangat penting dalam mencegah penularan.