Dengan Kemitraan UMKM Diharapkan Naik Kelas

UMKM

Bogor, Posbaru – Kemitraan perusahaan besar baik PMA (Penanaman Modal Asing) ataupun PMDN (Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri) dengan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) harus bisa memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak serta kemitraan tersebut diharapkan dapat tingkatkan kelas UMKM Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) usai menyaksikan penandatanganan Kerja Sama dalam rangka Kemitraan PMA dan PMDN dengan UMKM yang dilakukan secara virtual pada hari Senin (18/01/21) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok

Menurutnya Usaha besar jangan hanya memetingkan perusahaannya sendiri dan diri sendiri “Tolong dilihat lingkungannya, ada usaha menengah, ada usaha kecil, ada usaha mikro, libatkan dalam kegiatan-kegiatan perusahaan sehingga akan mengangkat usaha-usaha itu menjadi naik levelnya,” ujar Jokowi.

Dirinya Juga menegaskan bahwa bisnis kemitraan harus dilembagakan dengan pola relasi yang saling menguntungkan, dan pemerintah juga akan berupaya dan membangun ekosistem kondusif untuk menciptakan kolaborasi UMKM dan pelaku usaha besar.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Film Horor Hollywood 2018

 “Kita harapkan terus berkembang. Kalau tadi yang terlibat 196 UMKM dan 56 usaha besar saya minta ini bisa diperluas, karena ini saya tahu ini baru tahap awal, bisa diperluas, bisa diperbanyak di masa-masa yang akan datang,” katanya.

Anda Mungkin Suka